Skizofrenia merupakan sebuah gangguan psikologis/kejiwaan yang disebabkan oleh kelainan secara kimiawi pada otak, yang pada akhirnya akan mengganggu fungsi sistematik dan impuls syaraf otak.
kondisi akan mengakibatkan kegagalan fungsi otak dalam mengolah informasi dari panca indera, sehingga timbul proyeksi yang tidak seharusnya seperti berinteraksi dengan halusinasi.
Ada beberapa Ciri-ciri umum penderita skizofrenia yang di antaranya
One ,Munculnya halusinasi baik secara visual, pendengaran atau proyeksi ingatan masa lalu, dll
Two , Tingkah laku abnormal & berdasarkan insting.
Three , Delusi adalah keyakinan bahwa seseorang seolah-olah mengalami sesuatu ( alam khayal)
Four , Komunikasi kacau, suka menyendiri dan tidak dapat dikontrol.
Apa di antara kalian ada yang memasuki ciri ciri diatas jika ada , bisa jadi kalian positif terjangkit ganguan jiwa Skizofrenia.
Ada beberapa Data dan Fakta mengenai Skizofrenia berdasarkan riset medis hampir 10 % penderita skizofrenia melakukan bunuh diri atau penderita melakukan tindakan kekerasan kepada orang lain disekitarnya yang membahayakan , dan terkadang akan menyakiti diri nya sendiri.
banyak hal yang dapat menyebabkan pasien melakukan perbuatan yang merugikan diri sendiri untuk itu perlu dukungan penuh, kasih sayang, serta perhatian dari keluarga dan perlunya ada pendamping (caregiver) skizofrenia.
***
Strange and fear
Begitu kiranya opini seluruh penghuni RSJ dari kalangan perawat hingga penyembuh ketika melihat dokter aulia yang kini berlari dengan posisi dibelakang denis sang pasien terdiagnosa Skizofrenia , yang pada waktu itu menarik tangan aulia kencang .
Tepat tibanya di halaman depan RSJ Sejahtera yang always ramai , dimana arah tujuan pertama denis memberontak akan jatuhnya amir di halaman RSJ ,yang sudah sangat jelas aulia simpulkan jika itu hanyalah halusinasi denis .
Karena Tepat disana tak ada sesuatu yang membuat sorotan mata tertuju .
Denis mula mula melepas gengamanya dan berdiri ditengah halaman , sontak matanya melirik kesegala arah entah apa yang kini dipikirkan denis .
Aulia yang tak lagi mengikuti denis setelah tanganya tak bertautan lagi . Kini ia hanya menatap punggung dan memperhatikan denis yang terdiam sadis di keramain , beberapa perawat dan petugas keamanan sudah siap siaga akan menenangkanya secara paksa .
akan tetapi aulia dengan kode tangannya memberhentikan aksi penanganan paksa dan memilih membiarkan denis melakukan keinginannya sendiri dengan pengawasan ketat begitu kiranya makna dari kode tangan aulia yang membuka telapak tangan dan kemudian mengepal.
Perawakan denis , laki laki yang memilki badan tegap , tinggi , berkulit kuning , dan mata coklat hazel , disertai wajah tampan . Yang membuat orang lain ( bukan petugas RSJ ) akan mengira jika Denis ini seorang aktor atau foto model .
Denis berdiri di tengah banyak mata yang melihat nya , kagum karena fisiknya dan merasa aneh karena Denis seperti linglung .
Dilihat dari gerakan fisiknya denis yang mengeluarkan keringat sangat banyak akibat ia tak menemukan halusinasi
Yang dituju dan dimana halusinasi itu berada banyak dilewati, karena muka umum menuju konsultasi kejiwaan di RSJ Sejahtera.Aulia menghitung dengan jarinya dan mendekati denis secara perlahan sementara itu para perawat dan petugas RSJ siap siaga mengamankan denis dibelakang aulia yang menahan petugas untuk tidak gegabah bertindak karena pasien hanya diam dan tidak mengganggu kenyamanan orang orang di sekitar .
KAMU SEDANG MEMBACA
Halu
ChickLitSebagai psikiater yang handal menghadapi manusia dengan jiwa yang kosong , dia wanita yang berumur 28 tahun yang memang seharusnya sudah siap untuk menjalani hidup dengan seseorang . Akan tetapi berbeda dengan Aulia Rahma Ahmadi yang takut akan p...