Bukan Update yaaa......
para reader-nim tersayang 😘____________________
____________________________
____________________
Berhubung cerita dipart selanjutnya bakal ada tentang pertandingan Taekwondo jadi disini aku mau jelasin sedikit biar nanti kalian para readers gak terlalu bingung.
Sebenernya pas sekolah aku ikutnya extra pencak silat sama karate, tapi punya temen deket yang kebetulan ikut taekwondo jadi dikit-dikit ngerti.
Tapi disini aku jelasin sesuai pengetahuan aku ya, maaf kalo ada yang salah. Mungkin ada rules yang berubah atau apa, aku gak begitu ngikutin perkembangan taekwondo soalnya.
Harap maklum yaaa.....
● ● ● ● ● ●
📌 Durasi pertandingan.Pertandingan terdiri dari 3 ronde, setiap ronde waktunya 2 menit dengan jeda istirahat 20-30 detik. Kalau hasil dari 3 ronde seimbang dilanjutkan ke ronde ke-4 setelah istirahat 1 menit, waktu pertandingannya juga 2 menit.
📌 Teknik yang diperbolehkan.
1. Teknik Tangan, memukul dengan kepalan tangan (bagian depan kepalan).
Dilarang : mencengkram, menarik, mendorong, menampar, menyikut dll.2. Teknik Kaki, menendang dengan bagian bawah mata kaki.
Dilarang : menendang dengan lutut, menendang dengan tulang kering, menahan serangan dengan mengangkat kaki, gerakan sapuan, gerakan menggunting dll
📌 Area serangan yang diijinkan.
1. Badan : Semua area badan yang dilindungi pelindung badan / body protector (biasanya merah dan biru).
2. Kepala : Seluruh kepala yang ketutup pelindung kepala, termasuk kedua telinga dan belakang kepala. Hanya menendang. Tidak boleh mukul kar'na bukan tinju, apalagi mukul area muka (nonjok).
📌 Nilai/Poin yang sah.
Nilai/poin diberikan kalau dilakukan dengan teknik yang diijinkan, dan dilakukan dengan tepat dan kuat pada area serangan yang sah.
● Satu poin untuk serangan pada area badan.
● Dua poin untuk serangan pada area badan dan dilakukan dengan teknik tendangan berputar.
● Tiga poin untuk tendangan diarea kepala.
● Empat poin untuk tendangan diarea kepala dan dilakukan dengan teknik tendangan berputar.
Nilai pertandingan adalah jumlah total poin dari 3 ronde yang dipertandingkan.
📌 Pelanggaran dan hukuman.
Ada dua hukuman yang biasa diberikan, yang pertama Peringatan (Kyong-go) dan yang kedua Pemotongan Poin (Gam-joem).
Beberapa penyebab wasit memberi Peringatan, antara lain: Keluar batas area pertandingan, menghindar dan menunda pertandingan. Pura-pura jatuh dan cidera. Memegang, menahan atau mendorong lawan. Menyerang area bawah pinggang, menyerang dengan lutut, menyerang muka/kepala lawan dengan tangan. Mengangkat lutut, untuk menghindari maupun menghambat serangan yang sah.
Beberapa penyebab wasit memberikan hukuman Pemotongan Poin, antara lain: Menyerang lawan setelah aba-aba Break (Kal-yeo) dari wasit, menyerang lawan yang telah jatuh. Menjatuhkan lawan dengan memegang atau menahan kakinya saat sedang menyerang, mendorong lawan dengan tangan. Menyerang muka/kepala lawan dengan tangan. Mengacau dan bersikap tidak terpuji oleh peserta maupun pelatihnya.
2x Peringatan = Pengurangan 1 Poin
Kalau peserta dapat Pemotongan nilai sampai 4 poin (8x Peringatan), maka peserta dianggap kalah.
📌 Keputusan Menang.
1. Knock Out (KO), biasanya diputuskan wasit kalau melihat salah satu peserta tidak bisa melanjutkan pertandingan kar'na serangan sah yang bersifat telak. Atau saat peserta dinilai akan membahayakan keselamatannya kalau meneruskan pertandingan.
2. Referee Stop Contest, atau Wasit menghentikan pertandingan Sementara. Biasanya dilakukan untuk memberi kesempatan pada peserta yang mendapat serangan sah untuk mendapat perawatan medis, waktu yang diberikan hanya 1 menit. Kalau setelah 1 menit peserta itu tidak bisa meneruskan pertandingan maka dianggap kalah.
Kesempatan ini biasanya diberikan kalau bagian tubuh peserta kecuali telapak kaki menyentuh lantai/matras, peserta terlihat terhuyung atau bahkan jatuh setelah mendapat serangan sah yang bersifat telak.3. Menang selisih skor akhir.
4. Poin gap (unggul 7 poin atas lawan).
5. Poin ceiling (lebih dulu dapat 12 poin).
6. Menang karena lawan mengundurkan diri, lawan terkena diskulalifikasi, dan karena lawan terkena hukuman.
📌 Perlengkapan wajib.
1. Body protector.
2. Head protector.
3. Mouth protector/Gum shield.
4. Groin protector/pelindung alat vital.
5. Sarung tangan.
6. Arms guard.
7. Legs guard.
8. Shin guard.
● ● ● ● ● ●
Kayaknya ini aja yang mau aku jelasin, semoga gak bingung ya.....
Mungkin ada yang mau ngoreksi atau mau nambahin boleh komentar ya😉!
Sampai ketemu dipart selanjutnya, semoga gak pada bosen dan makasih buat semua dukungan yang selalu kalian kasih.
🙏🏻🙏🏻🙏🏻
...Thank You...
KAMU SEDANG MEMBACA
Fâmily Prinçëss
Fanfiction[SUDAH TAMAT // Dalam tahap Revisi] Lisa Kim, satu-satunya cucu perempuan keluarga besar Kim. Tumbuh menjadi sosok "Tuan Puteri" yang sangat dimanja dan disayangi seluruh keluarganya, meski nyatanya Lisa tidaklah sama seperti sosok tuan puteri pada...