Hari ini gue bangun dengan semangat karena nanti siang kami semua bakal pulang. Tepat saat pukul tujuh pagi, kami diintruksikan untuk keluar dari barak dan berbaris di lapangan. Dipimpin oleh Pak Hendi, senam pagi kami dimulai. Karena senam adalah hal yang paling gak gue kuasai, maka inilah gue, gerak-gerak gak jelas berusaha mengikuti pergerakan Pak Hendi. Untung gue baris di belakang sehingga kecil kemungkinan bagi gue dikoreksi oleh siapapun.
Satu jam kemudian, kami diizinkan untuk istirahat selama 15 menit sebelum waktunya sarapan. Saat gue selesai benerin tali sepatu, gak sengaja mata gue papasan sama Adam. Karena itu, lantas gue senyumin dia dan ngalihin pandangan gue. Tapi satu hal yang gue pikirin saat ini, semenjak kami disini, Adam berubah jadi orang yang sangat perhatian. Dia hampir selalu ada di deket gue untuk mastiin kalo gue happy dan gak kenapa-kenapa. Gue sampe kasian, kayaknya dia terbebani banget sama gue. Entah apa yang Papa atau Mama katakan ke Adam sampe-sampe Adam bisa bertindak segitunya. Pokoknya pas nanti gue sampe rumah, gue bakal nanya ke Mama dan Papa.
Sisa hari di tempat ini berjalan baik. Gue kenal beberapa murid di kelas lain yang sebelumnya enggak gue kenal. Setelah kami di data ulang untuk memastikan semua murid lengkap, kami diarah menuju bus untuk kembali ke sekolah. Gue udah ngirim pesan ke Papa untuk jemput gue di sekolah nanti.
Selesai bales pesannya Papa, gue lantas menyimpan ponsel gue ke dalam ransel kecil dan kembali lihat pemandangan di luar jendela bus.
"SMS Papa?"
Gue terkejut bukan main denger suara Adam. Dan karena Adam lihat betapa terkejutnya gue, dia ketawa-ketawa. Tapi gimana gue gak kaget, tadi yang duduk di sebelah gue itu Sarah. Cewek paling pendiem yang gue kenal disini.
"Iya." Tapi gue tetep jawab alih-alih ngomelin dia dulu karena udah bikin gue kaget. "Lo ngapain disini?"
"Ya terserah gue dong. Nanti malem gue masakin sapo tahu, ya?"
"Boleh banget."
"Ok deh, gue ngantuk. Mau tidur bentar. Ntar bangunin." Adam agak memundurkan sandaran bangkunya lalu menyandar dengan nyaman disana sambil menggenggam tangan kiri gue.
"Apaan nih?" gue menggerakkan tangan kiri gue dengan risih.
"Biar gue tetep jagain lo walaupun gue tidur. Udah ah, gue ngantuk."
Dengan terpaksa, gue menuruti Adam. Masalahnya hanya satu, gue gak pengen anak-anak lihat Adam seprotektif ini dan membuat spekulasi sendiri bahwa gue dan Adam ada apa-apa. Gue risih kalo sampe begitu. Dan disisi lain juga gue gak enak sama Adam karena dia mau repot untuk gue meski seminggu di camp udah sangat merepotkan. Makanya, gue sebisa mungkin menahan diri gue untuk gak ngomel tiap Adam berusaha jagain gue.
Setelah dua jam, kami tiba di sekolah dan gue langsung bisa melihat Papa saat gue turun dari bus.
"Paaaaa." Kata gue saat udah di depan Papa. Setelah menyerahkan carrier gue ke Papa, gue langsung mendahului Papa maupun Adam untuk masuk ke mobil. Gue juga capek meski pagi ini gak ada kegiatan menantang apapun di camp tadi.
Setelah Adam nyusul ke dalem mobil, Papa akhirnya membawa kami pulang.
"Gimana campnya?"
"Biasa aja, Pa."
"Masa?" tanya Papa gak percaya sambil lirik gue yang duduk di sampingnya. "Ada yang kamu keceng ga?"
"Ah Papa! Tau ah." Jawab gue sebel. Lagi capek gini malah ditanyain yang enggak-enggak.
Papa tertawa. "Kalo ada juga gak apa-apa kali. Tapi kenalin dulu ke Adam."
"Lho kok gitu? Apa tuh urusannya sama dia? Ayah aku kan Papa, bukannya Adam."
"Ya kalo kata Adam oke, Papa juga oke."
"Dih, gak punya pendirian deh."
Papa tertawa lagi.
Ketika kami di depan rumah Adam, Papa keluar mobil untuk memastikan Adam bisa mengambil carriernya dari bagasi. Setelah itu, Papa kembali masuk mobil dan memarkirkannya di car port kami. Gue langsung masuk rumah karena Papa bilang kalo dia bakal bawa carriernya ke kamar gue.
Di rumah gak ada siapa-siapa. Kayaknya Mama ada arisan hari ini. Tanpa berlama-lama, gue memutuskan untuk langsung mandi sehingga gue bisa langsung tidur. Badan gue juga udah penat banget rasanya.
Dua puluh menit kemudian gue selesai dengan urusan gue. Sambil ngecharge ponsel, gue ngestreaming musik untuk nemenin gue ngeringin rambut. Tapi sebelum rambut kering sepenuhnya, gue udah ngantuk duluan.
"Sayang... bangun. Kamu katanya mau sapo tahu? Itu Adam udah bawain."
Kesadaran gue nyaris kembali. Tapi rasanya susah banget buat buka mata saat denger Papa berusaha bangunin gue.
"Jas..." kata Papa sambil goyang-goyangin badan gue.
Gue menggumam untuk ngasih tau Papa kalo gue udah mulai sadar.
"Cepetan bangun. Nanti sapo tahunya keburu dingin. Gak enak sama Adam kalo gak segera dimakan." Kata Papa lagi sebelum akhirnya memutuskan untuk keluar dari kamar gue.
Denger kalimat Papa ada betulnya, gue memaksakan diri gue untuk membuka mata dan mendudukkan diri gue. Adam bener-bener bikinin gue sapo tahu, padahal gue gak bener-bener mau juga. Maksud gue, kita baru aja pulang dari acara kemah dimana tidur dimulai pukul 11 dan bangun pukul 4. Dalam seminggu. Padahal Adam mending tidur aja daripada masakin gue sesuatu.
Setelah cuci muka, gue menuruni anak tangga dan melihat udah ada Mama, Papa, Daisy juga Adam di meja makan. Rasanya gue baru tidur setengah jam kok sekarang udah waktunya makan malam lagi. Parah banget gue kebonya.
Kami semua mulai makan malam. Masakan Adam seperti biasa enaknya. Begitu juga dengan masakan Mama. Kembali ngerasaian masakan rumahan setelah seminggu kemarin di perkemahan itu rasanya seneng banget. Gue bener-bener menikmati tiap suapan yang masuk ke dalam mulut gue.
"Duuuuh... lebaynya elo, Jas. Udah gak makan berapa hari sih?" ini Daisy.
Sialan, dia sadar kalo gue emang rada berlebihan tadi.
"Bodo amat kata elo deh. Gue habis dari hutan rimba selama seminggu dan elo gak bakal tau rasanya kembali makan makanan layak kayak gini."
"Emang disana makanannya gak layak?" tanya Mama.
"Layak kok, Ma. Kan yang masak juga aku." Adam gak terima pendapat gue.
Mama menjitak kepala sendiri. "Mama lupa kalo anak Mama emang kadang lebaynya kumat."
Coba mengacuhkan para haters, gue memilih untuk menaruh semua perhatian gue ke piring makan malam. Gue gak mau jadi orang yang kufur nikmat, makanya gue benar-benar bersyukur kepada Tuhan saat sendokan pertama dessert bikinan Mama masuk ke mulut gue. Rasanya kayak seabad lalu gue terakhir makan dessert Mama.
"Elo doyan?"
"Banget."
KAMU SEDANG MEMBACA
BAKED HEART
Teen FictionGimana kalo sahabat lo tiba-tiba minta lo jadi pacarnya? Tapi seseorang tiba-tiba spill ke gue bahwa gue dipacari karena satu misi yang bikin gue rasanya jatuh ke jurang tak berdasar. Gue Jasmine, panggil aja Jassy. Dan ini cerita gue.