Hari ini setengah dari jadwal kegiatan belajar mengajar ditiadakan karena ada rapat. Sayangnya, Adri gak masuk. Kalo ada Adri pasti lebih rame. Setelah lusa kemarin jengukin Adri lagi bareng perwakilan temen-temen di kelasnya, progress Adri belum signifikan juga. Adri dijadwalin untuk tes darah besok. Semoga aja hasilnya membaik. Mungkin Adri ngerasa jenuh karena harus bed rest, dan pikirannya itu malah bikin keadaan Adri gak membaik juga.
Gue udah wanti-wanti Mario buat ngasih Adri semangat supaya cepet sembuh. Semoga aja bikin Adri lebih punya semangat buat sembuh tanpa mikirin harus jaga kondisi badannya dengan ketat selama seminggu ini.
Gue mengeluarkan ponsel gue dan membuka salah satu aplikasi disana. Gue mau ngesnap video untuk mengenang momen jarang-jarang begini. Kapan lagi bisa dapet setengah hari bebas tanpa pelajaran di Sekolah. Pertama gue ngesnap situasi di Kantin, gerakin sedikit kemudian gue ngarahin kamera ponsel gue ke mie goreng yang udah setengahnya abis sambil gerakin ponsel gue lagi sehingga nangkep wajah Adam yang duduk di sebrang gue. Sambil menyuapkan pisang gorengnya, Adam kemudian mengedipkan salah satu matanya kearah kamera ponsel gue.
"Sok ganteng lo." Ucap gue ke Adam sambil ngetik additional caption di videonya.
"Emang ganteng." Timbal Adam.
Sombong banget. Tapi emang ganteng sih.
Dari topik A-Z udah kita bahas berulang kali dan udah gatau berapa kali kita beli jajanan di Kantin. Tapi walaupun udah empat jam berlalu, rasanya kaya baru empat menit aja kita duduk-duduk sambil bercanda gini di jam pelaran. Saat bel jam masuk istirahat pertama berbunyi, kami memutuskan untuk duduk dulu nunggu kerumunan agak kosong. Dan saat kantin bener-bener kosong, gue belum juga mau buat masuk kelas. Adam yang ngerti mood gue itu kemudian narik pergelangan tangan gue.
"Ayo ah masuk kelas."
"Males gue." Jawab gue tapi masih tetep ngikutin langkah Adam.
Adam berdecak. "Kayak lo belajar aja di kelas pake kata males segala. Lo di dalem masih ada acara ngegosip juga."
Gue terkekeh. Udah ngerti banget emang Adam sama kebiasaan gue.
Dan lagi, Adam nganter gue sampe depan kelas disaat Mario dan Bintang masuk kelas mereka duluan.
"Lo kenapa deh nganterin gue ke kelas mulu? Udah lo tinggal bilang mau deketin siapa tinggal gue deketin ke elo. Gak usah pake nganter-nganter gue segala. Ilfeel gue." Serius, semenjak tempo hari Adam nganterin gue sampe depan kelas, dia jadi selalu nganterin gue sampe saat ini. Mau disaat baru dateng di sekolah, jam masuk istirahat pertama, jam masuk istirahat kedua, pokoknya kalo kita abis dari mana barengan dan mau masuk kelas, Adam pasti anter gue sampe kelas. Di satu sisi gue ngerasa aneh sendiri karena ini. Dan disisi lain, gue ngerasa gereget sama Adam karena bertele-tele padahal dia bisa ngomong ke gue minta deketin siapa.
Adam menyentil kening gue. "Pemikiran lo jauhnya udah gak kekontrol ya? Udah sana masuk!" kemudian Adam balik ke kelasnya.
Belum satu menit gue duduk, berita gak mengenakkan udah tertulis di papan tulis. Aturan dan kewajiban saat UTS yang akan dilaksanakan minggu depan. Ya ampun, baru aja gue merasa gak enak hati karena harus kembali ke kelas setelah jam kosong barusan, nah sekarang harus denger berita yang tambah bikin hati gue gak enak. Ini sekolah bisa banget bikin gue merana.
***
Beneran deh, gue sama sekali gak ada persiapan buat UTS. Belajar aja hasil dari system kebut semalem. Dan kayak sekarang, di jalan menuju sekolah. Kalo gak karena UTS, kapan lagi coba gue bakal baca buku di perjalanan ke Sekolah.
"Lo dari kemarin santai-santai mulu sih. Sekarang kan lo jadi repot kudu belajar banyak dalam sehari." Kata Adam.
Gue sih diemin aja. Lagi serius belajar soalnya. Bagi gue matematika lebih penting sekarang. Persamaan demi persamaan gue hafalin dan mencoba menalarnya begitu rumusnya agak gue hafal. Saat gue mau membuka lembar buku yang udah gue tandain, gue ngerasa ada yang nyelipin rambut gue ke belakang kuping. Siapa lagi kalo bukan Adam. Tapi gue tetep noleh kearah Adam sambil terheran. Yang gue heranin cuma satu, si Adam ngapain pake nyelipin rambut gue segala? Pandangan kami bertubrukan untuk beberapa saat. Rasanya aneh banget pagi ini. memaksakan diri untuk sadar, gue segera memilih kata untuk memecahkan keanehan pagi ini. Di mobil ini.
"Ngapain lo?"
"Udah sampe."
Pandangan gue seketika melihat ke depan, udah di parkiran sekolah aja. Gue menutup buku dan langsung meloncat keluar dari mobil.
"Eh, tunggu! Lo main tinggal-tinggal aja." Kalimat Adam berhasil mencegat gue sehingga gue berhenti melangkah.
"Gue kan mau belajar, Dam. Gak bisa ke kantin dulu. Mau langsung ke kelas aja."
"Iya tau... tapi kan bisa tetep jalan barengan ke kelasnya? Gue anter dulu elo ke kelas."
"Eh gak usah." Gue menggeleng gak enak karena Adam mau nganterin gue dulu padahal kalaupun dia mau langsung ke kantin juga gue gak masalah.
Adam akhirnya menyusul gue. "Udah ayo ke kelas lo dulu."
Supaya cepet, gue akhirnya menurut karena kalo tetep bersikeras untuk nyuruh Adam ke kantin, itu bakal buang-buang waktu gue untuk belajar.
"Makanya elo belajar dari minggu kemarin minimal. Jadi hari H nya lo tenang."
"Iya Dam."
"Lo iya-iya doang kalo gue omongin. Dikerjain kagak."
"Iya itu lo tau."
"Gue ajakin belajar bareng gak pernah mau."
"Nah itu lo tau juga."
"Lo kira otak lo itu punya IQ tinggi? Gak perlu belajar keras buat ngertiin pelajaran?"
"Ah udah ah, Dam. Udah sana lo ke kantin aja daripada ceramahin gue. Udah ya? Gue duluan. Byeee..." gue langsung berlari secepat yang gue bisa supaya Adam kekecoh dan gak bisa ngejar gue.
Dengan masih menggendong tas, gue langsung duduk di bangku yang ada di luar kelas. Kalo masuk kelas, bakal berisik karena banyak juga siswa yang system belajarnya kayak gue dan memutuskan untuk melanjutkan belajarnya di sekolah.
Saat gue lagi mencoba menalar rumus yang baru aja nempel di otak, gak sengaja gue melihat Adri lagi berjalan di koridor menuju kantin. Hmm... seenggaknya ada satu hal yang bikin gue seneng ditengah terpaan UTS-UTS yang jujur aja gak siap gue hadapi. Adri udah boleh sekolah semenjak dua hari yang lalu. Gue bener-bener seneng liat Adri kembali sehat dan kembali ceriwis kayak biasanya. Andai gue bisa ikutan gabung juga ke kantin.
Dari 12 rumus yang ada, gue cuma bisa ngafalin 11 nya karena udah keburu bel masuk. Tapi untung yang gak keburu gue hafalin adalah rumus turunan yang mudah-mudahan gak bakal keluar di ulangan nanti.
Gue berdiri dan menepuk-nepuk bagian belakang rok gue yang kemudian gue sesali karena buat apa juga toh tempat yang gue duduki gak kotor. Dan dari sisi koridor lain, gue lihat Adam, Mario, Bintang juga udah di depan kelas mereka lagi ngobrol-ngobrol. Gila, gue yang terlalu fokus sama koridor yang bakal dilewatin guru gue atau karena gue terlalu fokus belajar nih sampe gak nyadar kalo anak-anak udah nangkring di depan kelas mereka?
Lagi asik-asik ngobrol, Adam ngeliat gue lalu menahan pandangannya sebentar di mata gue. Dalem hati niat mau ngegas sambil nanya ada apaan, senyum Adam duluan muncul dan gagalin niat tersebut.
Kalo gue baru kenal Adam tahun kemarin, gue kayaknya udah dag-dig-dug gak jelas deh dikasih senyum si Adam. Gue tahu baik buruknya Adam gimana. Bukannya gue mau banggain temen dari orok gue itu, tapi Adam itu orang yang personalitynya paling bagus setelah keluarga gue. Ibadahnya rajin, kelakuannya seimbang untuk ukuran remaja, otaknya boleh juga, kesabarannya nomor wahid diantara semua temen-temen dihidup gue, belum lagi wajahnya cakep, dada bidang, punggung tegap dan tingginya diatas rata-rata cowok Indonesia. Gue lupa berapa persis tingginya. Pokoknya gue yang punya tinggi 158 CM ini cuma sampe di bawah pundaknya dia. Dan gue berani ngomong, gak ada cewek yang bisa nolak keberadaan Adam. Dan juga gue yakin, mereka bakal pertaruhin banyak hal biar dapet apa yang barusan gue dapet. Sayangnya ya gitu sih, gue udah kenal Adam dari orok. Gue tahu baik buruknya Adam. Dikasih senyum doang sih gue gak terpengaruh.
KAMU SEDANG MEMBACA
BAKED HEART
Teen FictionGimana kalo sahabat lo tiba-tiba minta lo jadi pacarnya? Tapi seseorang tiba-tiba spill ke gue bahwa gue dipacari karena satu misi yang bikin gue rasanya jatuh ke jurang tak berdasar. Gue Jasmine, panggil aja Jassy. Dan ini cerita gue.