28

465 25 2
                                    

Setelah keluar dari mobil, gue kemudian balik ke rumah gue dengan dalih mau nyiapin makanan buat mereka semua. Cuma alasan itu yang bisa bikin gue menghindar dari Aaliyah untuk beberapa waktu kedepan, syukur-syukur kalo gue bawa makanan pas Aaliyah mau pulang.

Gue gak ada masalah sama dia, juga gak ada dendam yang bikin gue males ketemu dia. Cuma tadi tiba-tiba aja gue keinget tempo hari dia dan Adam ketawa-ketawa di balkon sekolah. Rasanya gue bete aja keinget hal itu dan kalo perlu gak usah ketemu Aaliyah dulu. Tapi mustahil, mau marah gimanapun gue, toh mereka bukan ketawa yang menjurus ke flirting. Gue cuma gak suka aja sama kejadian itu, liat Aaliyah sama dengan ngingetin gue sama kejadian lama.

Mama akhirnya nyiapin camilan buat temen-temen di rumah Adam setelah beliau puas interogasi gue. Sedangkan guenya, kabur ke kamar lalu baringan. Rasanya hari ini capek banget. Emosi gue bener-bener diuji.

"Jas.. Mama 15 menit lagi selesai, lho." Teriak Mama dari bawah.

"Iya.." jawab gue lantas memaksakan diri untuk bangun lalu berganti baju dari seragam sekolah.

Kira-kira enaknya gue ngomongin apa ya nanti? Gue gak mau jadi kaku, pun gue juga gak mau terlalu welcome karena takutnya anak-anak mikir gue udah kembali oke sama mereka. Gue masih pengen berjarak dulu sementara ini dari siapapun.

Setelah lama mikir namun gak dapet jawaban apapun, gue pasrah lalu turun ke dapur buat bantuin Mama yang ternyata tinggal nunggu sosis goreng yang lagi ditiriskan. Mama cuma goreng frozen food ternyata, pantes aja cepet banget. Mama langsung masukin sosis itu ke bucket stainless yang udah dilapisin pake tissue makanan. Total ada dua bucket yang isinya sosis, kentang, nugget dan fish ball.

Gak pake lama, gue langsung bawa bucket itu ke rumah Adam. formasi masih lengkap seperti pertama gue tinggalin masuk rumah tadi.

"Cuma goreng-gorengan gak apa-apa, ya? Atau lo pada pengen makan nasi?" kata gue lalu nimbrung duduk di sofa.

"Gak usah. Ini ok kok." Timpal Aaliyah.

"Udah diobatin lagi kakinya, Dam?" tanya gue ketika liat Adam udah ganti baju.

"Udah barusan aja. Thank you makanannya."

"Nope." Kata gue lagi sebelum akhirnya tenggelam atau lebih tepatnya menenggelamkan diri pada topik obrolan.

Sebelum matahari benar-benar terbenam, semua orang memutuskan untuk pamit pulang. Begitupun Adri, Bintang dan Mario karena mereka harus mengambil kendaraan mereka yang ditinggal di parkiran sekolah.

"Jadi besok lo mau tetep ke sekolah?"

"Iya. Gue gak tega kalo gak bantuin."

"Kaki lo kan masih sakit? Lo juga gak harus bantu-bantu beneran kan? Tugas lo cuma ajarin masak."

"Iya, ngajarin masaknya juga mulai besok. Percobaan dulu."

Gue menghela napas karena bener-bener gak setuju sama idenya Adam. "Gimana lo deh." Gue melirik jam pura-pura khawatir kalo kelamaan dirumah orang. "Gue mau pulang nih, lo mau gue bantuin ke kamar apa gimana?"

"Sebentar lagi dong. Nunggu Mama atau Papa pulang."

Aneh banget kalo nolak, toh biasanya gue gak tau malu buat pulang tengah malem dari rumah ini. Akhirnya, gue okein aja. Sambil ngisi waktu biar gak kosong banget, gue memutuskan untuk nyalain tv. Nyari-nyari channel yang paling aman untuk situasi begini, maka gue pilih cartoon aja. Kami berdua sama-sama lihat ke tv di depan kami. Namun gue yakin, Adam sama kayak gue yang gak merhatiin cartoonnya dan malah sibuk dengan pikiran sendiri.

"Sebenernya gue ngerasa agak lega karena kaki gue ketiban tiang sampe begini. Gue tahu gak ada hal yang sebanding atas perbuatan gue ke lo, tapi setidaknya Tuhan kasih sedikit hukuman buat gue. Rasanya emang gue pantes dapetin ini, makanya gue lega."

Gue melirik tipis kearah Adam. gue gak seneng denger dia ngomong begitu. Gue yakin kejadian tadi emang kecelakaan, emang ujian dari Tuhan. Bukannya hukuman buat Adam. gue pengen ngomong itu ke dia, tapi bibir gue ngerasa kelu buat ngomong begitu. Jadinya gue diem aja.

"Akhir-akhir ini gue udah sering mikir dan berandai-andai. Andai gue gak usil, andai gue gak ngelakuin itu, andai gue gak percayain ego gue waktu itu, dan masih banyak andai lainnya. Pernah ada hari dimana pikiran gue menyalahkan Bintang, Adri, Mario. Dan parahnya gue kepikiran nyalahin Kalina. Kalo diinget-inget lagi hari dimana pikiran gue menyalahkan mereka, rasanya gue sangat amat hina. Gue yang salah, tapi gue malah nunjuk orang buat disalahkan. Terlebih lagi sama lo. Gue banyak ngelakuin hal gak pantes ke lo. Gue ngomong gini bukan mau dikasianin sama lo apalagi ngarep maaf dari lo. Kewajiban gue emang minta maaf ke lo, tapi gue gak mau maksa lo lagi buat maafin gue. Mulai sekarang gue akan terima semua konsekuensi dari kelakuan gue. Gue gak bakal lagi menyalahkan siapapun. Makasih lo masih mau baik sama gue, masih khawatirin gue, masih mau nemenin gue sekarang. Gue ngerasa keterlaluan karena gue ngarepin kita bisa sahabatan lagi. Kalo lo gak mau kenal gue lagi, gue akan coba menerima itu."

Jujur gue gak ada pikiran kalo Adam bakal ngomongin ini lagi.

Gue lantas berdiri. "Gue mau ke to—" namun ucapan maupun pergerakan gue seketika berhenti waktu Adam cegat gue dengan megang tangan. Seketika gue fokus ke tangan Adam yang genggam tangan gue lalu berpindah ke Adam. meneliti apa maksud dia dengan cegat gue sebegininya. Sampe gue akhirnya tenggelam di iris mata Adam.

Gak Jas.. udah stop. Jangan lo terhanyut ke dalam mata itu lagi. Lo udah tau akhirnya bakal kayak apa. Sampe kapanpun cowok ini gak bakal pernah jadi cowok lo. Dia cuma ingin lo jadi sahabatnya, jadi adiknya, jadi keluarganya. Dan lo gak usah ngemis-ngemis kayak orang putus asa.

"Gue mau ke toilet." Ucap gue namun masih terpaku sama mata Adam.

"Ada satu lagi, Jas." Ucap Adam penuh makna. Mata kami saling terpaku. "Saking merasa bersalahnya, satu jam pertama setelah lo mau gue ajak jadian, gue sempet mikir. Apa gue jalanin ini sama Jassy? Apa gue sebaiknya ngalah sama ego gue dan mulai sukain Jassy beneran?" Adam mengambil jeda sebentar. "Gue gak tahan sampe akhirnya gue mencoba melakukan apa yang gue pikirkan itu. Beberapa kali gue coba, Jas."

Kami sama-sama terdiam. Gue tau apa jawabannya. Tapi nyatanya gue tetep ingin dengerin kalimat itu dari mulut Adam.

"Tapi gue gak bisa." Lirih Adam.

Gue menarik tangan gue pelan. "Gak apa-apa. Gue gak minta lo begitu."

Dan bersamaan gue mendeklarasikan statement, gue denger pintu kebuka dan bikin gue buru-buru nyambut Mama Adam disana.

BAKED HEARTTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang