18 (a)

317 27 0
                                    

Gue curi-curi pandang kearah Adam yang duduk disamping gue. Saat gue kegep lagi liatin dia, Adam lalu tersenyum dan membuat gue ikutan senyum juga. Hari ini Adam gak bawa mobil, pertama kalinya setelah Adam dapet SIM beberapa bulan yang lalu. Gue masih inget banget dari dulu Adam minta dibolehin buat nyetir sendiri ke Sekolah karena emang teman-teman kita udah banyak yang bawa kendaraan meski belum punya SIM. Tapi emang orang tua kami satu pikiran buat gak ngizinin anak-anaknya untuk melakukan sesuatu yang belum di umurnya, Adam mau gak mau nurut buat gak bawa kendaraan sebelum dapet SIM. Karena ya begitu, kalo dia bisa lolos dari aturan orang tuanya, pasti kebentur sama aturan orang tua gue.

Adam gak bilang apapun kenapa dia gak bawa kendaraan seperti biasa, satu hal yang bikin gue penasaran banget. Tapi gue berusaha buat gak ngeliatin kekepoan gue dan milih sabar buat gak nanya alasannya kenapa. Gue tahu banget kalo Adam gak mau kasih tau alasan dia melakukan sesuatu, itu artinya dia gak mau kasih tau alasannya atau dia bakal kasih tau nanti. Karena alasan pertama jarang dia lakukan, maka gue yakin dia bakal kasih tahu alasannya di kesempatan lain.

Mama yang nganterin kita ke Sekolah sih happy-happy aja karena Mama bilang kalo dia kangen banget buat liatin kita masuk gerbang sekolah. Padahal kalo dipikir-pikir lagi, cuma beberapa bulan ini Mama gak anterin kita setelah dari play group selalu gak pernah ngelewatin satu haripun buat nganter.

"Nanti pulangnya mau Mama jemput lagi gak?" Tanya Mama saat gue mau buka sabuk pengaman.

"Aku pulang sendiri aja, Ma. Mau ke rumah temen dulu nanti." Jawab Adam.

"Jassy juga?"

"Aku pulang kok, Ma. Tapi kayaknya pulang sendiri aja deh."

"Yakin?" Mama memastikan.

"Iya." Kata gue.

Setelah kami berpamitan, kami gak ke kantin seperti biasa karena kami nyampe mepet waktu masuk jadi kami langsung ke kelas sesampainya sampe Sekolah.

"Lo mau ke mana dulu deh ntar?" Tanya gue penasaran. Gue pikir Adam gak mau nyetir karena dia lagi mikirin sesuatu sampe dia sulit konsentrasi, tapi kayaknya dia ada urusan sampe memutuskan buat minta dianter Mama.

"Ke rumah Bintang mau maen."

"Oohh."

"Sorry ya, gue tadinya mau bawa mobil buat anterin lo pulang dulu. Tapi daripada jadi lama pulang, mending gue langsung cabut aja. Lo gak marah kan?"

Ya ampun, gue jadi speechless. Waktu lalu memang Adam suka nanya ke gue, apa gue marah sama dia. Tapi di saat ini, kalo Adam nanya begitu ke gue, kok konotasinya kayak yang beda ya? Gue kayak merasa dispesialin. Dan memang gue gak marah kalo dia mau main sama anak-anak. Cuma kesel dikit doang karena gak bisa pulang bareng Adam.

"Enggak kok." Jawab gue pendek karena gue udah gak tau lagi jantung gue udah berdetak secepet apa.

"Yaahh.. ngambek nih lo pasti. Gue cuma bentar, ok? Jam lima teng gue pasti udah sampe rumah. Ntar gue samper lo. Gue punya red velvet dirumah."

Yang gue lakukan hanya mengangguk menurut dengan gampangnya karena gue udah gak bisa mikir apapun lagi. Bener-bener melting gue sama apa kata Adam. Itu udah jadi kalimat yang sering gue denger dan pasti gue merespon dengan tawar-menawar yang dilakukan sealot mungkin supaya gue menang banyak. But then again, konotasinya beda. Gue kayak merasa dispesialin.

"Ya udah, baik-baik lo di kelas. Jangan bikin ribut. Gue langsung ke kelas, oke?" Adam mengusap puncak kepala gue kemudian langsung ngeloyor pergi.

Ternyata gue udah suka sama Adam di level yang lebih dalam dari apa yang gue pikirin selama ini. Kapan gue mulai sukanya coba? Perasaan orang emang sulit dimengerti, bahkan buat orang itu sendiri ternyata.

From: Adam Tetangga Sebelah

Gue bakal ada rapat sama OSIS pas istirahat pertama. Lo jajan bareng anak-anak dulu ya?

To: Adam Tetangga Sebelah

Sama Aaliyah?

Tapi kemudian gue menghapus ketikan gue karena gue pikir gue terlalu berlebihan setelah baru beberapa hari ini mulai 'akur' sama Adam.

To: Adam Tetangga Sebelah

Ok, sampe ketemu pas istirahat kedua.

Bete banget deh gue. Mungkin disana belum tentu ada Aaliyah. Tapi gue dibuat kalut sama berbagai macam ketakutan-ketakutan yang ada di kepala gue. Ditambah lagi gue gak suka karena istirahat nanti gue malah sama gak sama Adam disaat gue udah berekspektasi kalo gue dan Adam mulai bisa jadi 'normal' kayak orang.

Dan dikarenakan Saskia punya cowok yang tiap istirahat maupun kemana-mana barengan, maka gue gak ada pilihan lagi selain buat gabung sama Bintang, Adri, dan Mario. Gue bernapas lega, untunglah masih ada mereka. Saat mendengar bel istirahat berbunyi, gue lantas merapikan buku-buku yang telah selesai gue pake dan memasukkannya ke tas lalu mengeluarkan buku-buku yang akan gue pake setelah jam istirahat nanti.

Langsung aja gue nyamperin ke kelas mereka karena pasti mereka lagi nungguin gue disana. Seperti biasa, kelas mereka selalu selesai duluan. Dengan semangat '45, gue manggil Bintang, Adri dan Mario walau gue baru berdiri di daun pintu. Kontan aja mereka langsung berdiri dan nyamperin gue.

"Lama bener." Ini Adri.

"Sorry." Kata gue sambil nyengir.

"kelas lo udah kayak mau latihan UN aja, serius bener."

"Kelas lo yang kayak taman bermain, santai bener." Timpal gue.

"Itulah namanya kelas teladan, Bung!"

"Udah debat kusirnya buruan gue lapar." Bintang dari belakang mendorong kami semua buat jalan agak cepetan menuju kantin.

Dan ya ampun, pemandangan yang pertama gue lihat bukanlah nasi goreng menggoda, nasi soto nikmat apalagi gorengan favorit gue. Melainkan Aaliyah, lagi duduk sama Adam. Berdua doang. Seketika nafsu makan gue menghilang dalam hitungan sepersekian detik.

Gue cemburu? Gak! Gue gedeg doang sama mereka. Sama Aaliyah apalagi. Gue sebel karena Adam gak ngasih tau kenapa dia gak bawa mobil hari ini. Gue kesel gue gak bisa istirahat bareng sama Adam. Dan sekarang ditambah lagi gara-gara Adam rapat OSIS berdua doang sama Aaliyah.

"Eh, gue lupa gue belum ngerjain PR agama." Gue nyengir canggung. "Kalian istirahat duluan aja deh. Gue ntar aja." Kata gue lalu ngeluyur gitu aja.

"Mau nitip beliin apa gak?" Mario bertanya membuat gue menghentikan kaki gue.

"Kagak!" Saut gue sambil agak berteriak takut Mario gak denger.

Males banget kalo gueudah ekspektasi bakal bareng istirahat sama Adam tapi dianya malah istirahatsama cewek lain. Duduk dalam radius gak lebih dari lima meter dari gue pula. Mood gue bener-bener ancur dah.

BAKED HEARTTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang