Sambil mendengarkan playlist yang sudah gue atur sebagai penghantar tidur, gue memusatkan setengah perhatian gue untuk mengamati keadaan kamar. Rasanya capek banget meskipun saat gue ingat-ingat lagi kejadian selama seminggu ini tuh gak ada satu kegiatanpun yang bener-bener bikin gue ngerasa capek.
Fokus gue terhadap satu titik di tengah-tengah jam dinding di hadapan gue terpecah saat gue ngelihat Mama ngintip dari balik pintu. "Mama?" ucap gue sambil terduduk dan melepas kedua headset gue dari kuping.
"Kebiasaan deh."
Gue cuma nyengir ngerti maksud Mama. Salah satu kebiasaan buruk gue yang paling bikin Mama sebel yaitu dengerin lagu dengan volume terlalu keras sehingga gue ngacuhin keadaan sekitar. Bagi gue sih volumenya gak terlalu kenceng, cuma ya gitu, gue jadi budeg sama keadaan sekitar.
"Gimana seminggu ini? Kerasan tinggal di hutan?"
Gue pengen ketawa. Bahasa Mama itu lho, kedengerannya kayak gue abis tinggal di hutan belantara aja. Karena gue terlalu capek untuk bisa bereaksi dengan humor Mama, gue lantas jawab, "Ya gitu aja deh, Ma. Aktivitasnya sih biasa aja, tapi rasanya kayak capekkk.. banget."
Mama menggumam mengerti. "Gak heran sih, kebiasaan kamu kan gitu. Suka mikirin yang gak penting. Jadi capek sendiri deh."
"Iya kali, ya? Lagian buat apa juga sih ada camp segala? Aku ngerasa gak ada bedanya. Dapet capek doang pulang-pulang."
"Lagian kamu juga sih repot gak jelas. Guru-guru juga pada mikir kali ngadain camp gitu pasti ada manfaatnya. Tapi seenggaknya kamu jadi kenal banyak temen baru kan?"
"Lumayan, Ma."
"Terus gimana? Ceritain Mama dong."
Seperti biasa, Mama agak kepo mengenai kegiatan gue. Terlebih gue gak ketemu Mama udah seminggu. Sebenrnya gue pengen sendirian saat ini. Dengerin lagu sambil ngelamun. Tapi gue gak enak sendiri untuk ngusir Mama. Mama juga pasti mengesampingkan rasa capeknya seharian ini ngurus rumah demi nanyain kabar gue. Mengalirlah semua cerita gue dari gue baru tiba di camp sampe gue akhirnya di jemput Papa tadi.
"Oooh... bisa gitu ya? Beda banget kamu kalo udah merasa tertekan ya? Padahal Mama selama ini ngeri sendiri tiap liat kamu terlalu akrab sama Adam, lah ini tumben-tumbennya kamu mikirin kata orang."
Gue terkekeh. Selama ini emang Mama mewanti-wanti gue untuk tahu batas ketika lagi sama Adam. Disamping fakta bahwa gue dan Adam adalah lawan jenis, Mama selalu bilang kalo gue musti tahu batas karena umur kami makin dewasa.
"Iya, Ma. Soalnya aku gak mau nambah-nambah pikiran karena aku lagi males mikir disana. Aku maunya langsung pulang aja."
"Kalo kamu gak ngerasa bahwa ucapan temen-temenmu itu bener, ngapain repot sih? Kasihan Adam. Dia mungkin bawa lebih banyak lagi peralatan yang mungkin kamu butuhin disana tapi kok malah kamu usir gitu?"
"Iya, ya, Ma? Biarin deh, Adam pasti maklum."
"Jangan gitu lagi, ya? Mama gak bakal nyuruh kamu minta maaf sama Adam. Kamu pasti ngerti mana yang harus dilakukan tanpa disuruh-suruh."
Itu maksudnya gue harus minta maaf sama Adam.
"Iya, Ma."
Entah Mama sama sekali gak merasakan lelah atau malah terlanjur menganggap kalau ngobrol sama gue adalah salah satu upayanya untuk me-recharge diri sehingga Mama jadi gak merasa lelah lagi, tapi intinya Mama benar-benar ingin tahu keadaan gue selama seminggu di camp. Pertanyaan-pertanyaan lain silih berganti memborbardir gue. Dari mulai apa kendala gue di camp sampe pertanyaan adakah cowok yang gue taksir di camp udah Mama tanyakan ke gue. Dan syukurnya Mama langsung pamit begitu lihat gue menguap. Tahu gitu mending gue pura-pura nguap aja dari tadi.
KAMU SEDANG MEMBACA
BAKED HEART
Teen FictionGimana kalo sahabat lo tiba-tiba minta lo jadi pacarnya? Tapi seseorang tiba-tiba spill ke gue bahwa gue dipacari karena satu misi yang bikin gue rasanya jatuh ke jurang tak berdasar. Gue Jasmine, panggil aja Jassy. Dan ini cerita gue.