26

412 26 0
                                    

Karena gak pengen terima susu coklatnya, gue langsung aja geser kotak susu itu ke samping buat Saskia. Awalnya Saskia natap bingung ke gue, tapi setelah gue mengangguk, dia langsung ngerti dan malah ngambil susu kotak itu dengan senang hati.

"Thanks." Katanya.

Gue terkekeh dan menggelengkan kepala liat kelakuan Saskia yang ada-ada aja. Sikapnya emang kadang ajaib begitu.

Dari belakang, punggung gue ditepuk. "Kenapa lo kasih ke Saskia?" ternyata Deno.

"Emangnya kenapa? Kan udah punya gue."

"Maksudnya, kalo lo gak mau ya mending lo kasih ke gue aja gitu lho."

"Kenapa gak lo langsung ambil aja tadi? Pake lo kasih gue segala dulu."

"Kan amanat harus dijalankan, Jas." Gue nahan ketawa. Dengan yakinnya Deno bilang begitu ke gue seolah dia seorang alim di kelas.

"Ya ntar lagi bakal gue kasih ke lo deh."

"Thank you, Jasmine."

"Gak masalah!" jawab gue akhirnya.

Waduh, gue kira Deno bakal ngaduin gue ke Adam gara-gara gak mau nerima pemberiannya. Ternyata Deno cuma protes gara-gara gak gue kasih susu kotaknya ke dia. Duh ngakak deh gue sama kelakuan orang-orang. Ajaibnya gak pernah habis. Apalagi si Adam. pake acara bercandain gue lah, kan jadinya gue begini. Mati segan hidup tak mau. Akur gak bisa, marah gak mungkin.

Seperti biasa, saat jam istirahat, gue ngambil kotak makan siang yang gue taruh di kolong meja. Hari ini Mama bekelin udang goreng tepung sama tumis sayur. Gak mau gue sebutin deh sayurnya apaan aja, pokoknya segala ada.

Hampir gak ada yang makan siang di kelas kecuali gue. Emang paling enak makan di kantin sih. Rame, banyak temen. Tiap ada orang lewat bisa dijadiin bahan pembicaraan. Tiap tingkah pedagang yang ngelawak pasti bikin semua ketawa. Belum lagi kalo ditanggap sama pedagang lain. Gak beres-beres deh itu guyonan sampe jam istirahat selesai.

Rasanya kangen banget buat makan di kantin. Gue gak tau sampe kapan gue bakal berani makan sama disana kayak dulu bareng Adam dan lainnya. Gue bahkan gak berani bayangin kalo gue bisa aja gak akan pernah makan disana lagi, gue takut kalo akhirnya beneran kejadian.

Sambil mainin hape, tangan kanan gue menyuapkan satu suapan pertama nasi plus udang goreng tepung dan itu berhasil mengalihkan perhatian di otak gue. Kapan gue bisa masak kayak Mama, ya?

Gue sadar ada orang yang masuk kelas, tapi gue abaikan karena males basa-basi dan gue pikir itu cuma temen gue yang mau ngambil uang di tasnya. Tapi gue sadar kalo gue ternyata salah sampe saatnya gue ngerasa ada orang duduk di depan gue sambil nyimpen kotak makan siang diatas meja gue.

Mengalihkan perhatian dari hape, gue mengangkat pandangan gue dari kotak makan siang ke orang yang duduk disana. Adam. Ya ampun. Gue gak habis pikir bahwa dia beneran stop memberikan ruang buat gue. Bener-bener di stop tanpa basa-basi.

"Selamat makan." Katanya kemudian membuka kotak makan siang itu lalu menyuapkan makanan tersebut untuk diri dia sendiri.

Gue gak mau memperlihatkan aktivitas apapun yang bikin Adam berpikir bahwa kenekatannya membuat gue terpengaruh dan ngerasa kesel atau gak nyaman. Gue tentu merasa kesel dan gak nyaman. Tapi kalo Adam sadar, dia pasti bakal lebih nekat besoknya.

Kembali menyimpan perhatian untuk apapun yang ada di hape dan kotak makan siang, gue bener-bener serius sendiri dengan aktifitas gue.

"Gue udah beres makan. Gue cabut duluan, ya? Pekan Makanan bakalan mulai dikerjain hari ini soalnya."

BAKED HEARTTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang