14

311 19 2
                                    

"Gercep banget lo kalo udah urusan pulang ye." Kata Adam ketika dia udah berdiri di dekat gue sambil memasukkan coklat yang gue minta beliin itu ke saku celananya.

Gue cuma bisa nanggepin dengan kekehan doang. Teringat dengan tujuan utama, gue langsung aja narik lengan Adam dan bawa dia ke pintu kemudi dan setelahnya gue langsung muter ke pintu gue kemudian masuk ke dalam mobil.

"Mana coklat gue?" gue menagih.

"Ntarlah, gue minta dulu."

"Yaudah buruan potekin bagian lo. Cuma dua, gak boleh lebih."

"Pelit amat lo." Adam pura-pura sinis kemudian nyalain mesinnya tanpa mau ngasih gua coklat bar itu.

"Buruan mana coklat gue?" desak gue sambil menengadahkan telapak tangan gue di depan Adam. Gak mungkin bagi gue buat ngomong disini, di halaman sekolah. Sebenernya mau dimana pun ngomongnya, rasa gak tega gue lebih besar sih. Tapi karena gue udah bertekad dengan alasan yang amat sangat logis, maka gue harus memaksakan diri gue untuk tega sekali ini aja. Dan gue udah memberikan ultimatum terhadap diri sendiri bahwa gue bisa mengulur untuk ngomong, asalkan hal itu harus dilakukan hari ini. jangan sampe dibesokkin. Jadi, gue memutuskan untuk ngomong di depan halaman rumah gue nanti.

"Nanti lah, susah gue moteknya. Gue kan harus nyetir, nyet."

"Sini gue potekin, ribet amat hidup lo." Gue agak emosi jadinya karena gue udah mikir betapa brilliannya otak gue saat gue tadi minta beliin coklat bar. Lumayankan buat pengalih rasa cemas gue di perjalnan nanti.

"Ogah, lo pasti cuma ngasih satu doang." Dan kemudian Adam menjalankan mobil menuju keluar gerbang. Yaelah, bisa banget dia bikin gue emosi.

"Buruan dong. Gue mau coklatnya dimakan sambil jalan."

"Capek dong lo kalo jalan. Gue udah baik numpangin lo malah lo maunya jalan."

Salah gue sih.

Gue menghela napas. "Susah ngomong sama orang bego."

"Eh! Ngomongnya kok gak baik gitu? Awas ya lo tunggu aja pembalasan gue. Bersyukur lo sekarang Karena gue lagi serius nyetir."

Tau deh ah, gue udah gak bisa nanggepin omongan Adam. Yang ada gue malah jadi makin emosi. Nanti sebaiknya gue ngomong apaan ya biar ga kaku-kaku banget? Gue bukan orang yang apa-apa harus well-planned ­sih. Tapi yang satu ini adalah pengecualian. Gue gak mau bikin Adam sampe ngerasa gak enak ke gue.

"Gak mau turun lo?"

Suara Adam berhasil membuat konsentrasi gue terpecah. Dan saat sadar kalo ternyata kami udah di depan rumah gue, gue malah jadi malu sendiri karena ternyata tadi gue bukan cuma konstrasi mikirin rencana gue, tapi juga ngelamun. Kalo sampe si Adam nyadar gue barusan ngelamun, ah udah deh. Mati kutu gue diserbu banyak pertanyaan dari dia.

"Mana coklat gue?" satu hal paling cerdas yang bisa gue lakukan untuk menutupi kalo ternyata barusan gue ngelmun ya cuma ini.

Adam mengambil coklat bar dari sakunya dan mengulurkan coklatnya ke gue. Saat tangan gue mau ngambil coklat itu, Adam menarik lengannya.

"Barusan lo nyebut gue apa waktu di perjalanan?"

"Gue gak nyebut lo apa-ap—" seketika gue inget apa maksud Adam. "Lo bego, mau apa lo?"

Adam tersenyum miring, "Lo ini, ya! Gak bakal gue kasih coklatnya sebelum lo minta maaf."

Lah lebay banget dia. Untuk menunjukkan keseriusannya, Adam makin menyembunyikan coklat gue dibalik punggungnya. Karena insting, gue lantas mencari celah untuk bisa merebut coklat gue. Ya walaupun gue bisa pulang aja langsung karena toh itu coklat masih dibeli pake uang Adam. Tapi gue terlanjur udah menantang perompak. Bisa turun derajat kalo gue tiba-tiba mengalah tanpa alasan setelah barusan dengan sigap gue merebut. Lagian juga kenapa sih gue bisa gak kepikiran buat ikhlasin aja tuh coklat tadi? Duit bukan duit gue. Mau dia makan semua juga gak masalah.

Adam mengangsurkan coklat itu dari tangan kanan ke tangan kirinya saat gue nyaris bisa merebut. Nyaris banget, sedikit lagi doang. Saat gue mencoba lagi, Adam ngangsurin lagi coklatnya ke tangan kanan dia kemudian mengangkat tangannya sementara tangan kirinya menahan bahu gue supaya gue gak bisa nyari celah. Aduh perkara coklat kecil doang bisa jadi ribet begini.

Gue memaksakan diri untuk tetap mendekat ke coklat gue sekuat apapun tangan kiri Adam menahan bahu gue. Saat Adam makin mundur dan mepet pintu, disitulah gue tersenyum puas. Satu langkah lagi, gue kalahin nih perompak gadungan. Lima belas centi, sepuluh centi, dan lima centi lagi sebelum tangan gue bisa meraih coklat itu, gue keburu menyadari ada satu hal janggal disini. Saat gue mengalihkan mata gue dari coklat bar, gue tahu hal janggal itu dimana.

Persis di hadapan gue, selama 17 tahun gue hidup dan akur sama Adam, baru kali ini gue ada di jarak terdekat. Deket banget sampe gue gak berani buat menaksir jarak kami. Satu hal yang gue inget, hidung kami nyaris nempel kalo aja gue gak keburu menyadari hal janggal apa tadi. Dan parahnya, tubuh gue serasa mematung. Otak gue serasa beku sampe-sampe rasanya sulit banget buat mengontrol tubuh gue supaya gerak.

Mata itu, sejak kapan mata Adam jadi semenarik ini? warnanya coklat. Tapi agak terang kalo dibanding pupil coklat orang kebanyakan. Bulu matanya lentik banget. Alisnya tebel. Gue tahu semua itu, tapi anehnya gue menyelidiki Adam seolah gue baru liat Adam hari ini.

Gue mengerjapkan mata gue dan berusaha keras untuk memberi tahu otak cantik ini betapa pentingnya untuk dia gak menjadi beku disaat yang begitu riskan kayak sekarang. Dan setelah berhasil, rasanya gue ingin sujud syukur saking leganya gue gak sedeket tadi sama Adam. Gue langsung kikuk sendiri dan gak tau mau ngapain, tapi yang paling penting, gue harus keluar dulu dari mobil ini.

"Ambil tuh coklat, lagi pula juga itu masih duit lo." Kata gue karena saatnya udah tepat buat gue kabur dan gak lanjutin rebutan ini.

Gue berjalan senormal mungkin melewati halaman rumah. Kaki gue rasanya melemas. Tapi gue gak mungkin nunjukkin disini. Berusaha menguatkan diri, akhirnya gue berhasil masuk kamar. Setelah menutup pintu, gue gak bisa lagi menutupi semuanya. Gue lantas berbaring diatas kasur gue. Rasanya badan gue udah kayak jeli. Tulang gue udah kayak ngilang gatau kemana. Dan satu hal yang baru gue sadari sehingga gue lantas meraba tempat itu. Dada gue. Tapi ternyata gak ada yang salah sama dada gue. Yang salah adalah apa yang ada di baliknya. Jantung ini. Dia berdetak gak keruan.

Tapi kan tadi gue gak lari-lari dan berusaha menormalkan semuanya. Gue jalan pelan-pelan pula. Kenapa nih jantung gue. Jangan-jangan tanpa sadar gue udah... suka sama Adam?

BAKED HEARTTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang