8

427 31 0
                                    

Adri hari ini sakit. Barusan aja Mario laporan kalo Mamanya Adri yang minta izin langsung ke wali kelas untuk gak masuk dalam beberapa hari. Laporannya fresh banget karena Mario yang denger sendiri kalo Bu Dela, wali kelasnya kelas Adam, Bintang, Adri dan Mario bilang ke ketua kelas kalo Adri gak masuk karena sakit untuk segera ditulis S di buku agenda sekolah.

Mario udah kayak kehilangan arah waktu Adri gak masuk kelas juga setelah pukul 9. Pukul 9 itu batas waktu hukuman bagi siswa yang telat di sekolah kami. Udah gitu, Adri susah dihubungi. Disatu sisi gue pengen ngakak aja liat Mario kebingungan begitu, tapi gue juga kasian sama Mario.

Setelah pulang sekolah nanti, kami bakal berangkat bareng-bareng buat jenguk Adri di rumahnya, tanpa ngajak temen-temen yang lain dulu karena takutnya Adri terganggu istirahatnya. Ide Mario itu langsung kami setujui. Selepas bel masuk kedua berbunyi, kami langsung menuju kelas masing-masing.

"Gue udah bilang ke Mama kalo pulang sekolah kita bakal ke rumah Adri dulu."

Seperti biasa, masalah izin, Adam selalu yang berinisiatif duluan buat ngomong ke Mama. Gue menggumam mengiyakan sebagai respon dari Adam tadi.

"Bye.." kata gue ke Adam saat lihat Adri sama Bintang yang jalan duluan di depan kami udah belok kanan masuk ke kelas mereka.

"Gue anter dulu elo ke kelas deh."

Seketika gue memundurkan leher karena kaget atas apa yang Adam ucapkan barusan. "Lo kesambet apaan deh?"

"Lah elo... gue biasa aja salah. Gue perhatian salah."

"Iya tapi elo kenapa tumben banget mau anterin gue?" sedetik kemudian keheranan gue menghilang ketika satu pikiran melintas di otak gue. "Ah elo mau godain Gasya yaa? Iya kan? Ngaku aja deh lo!"

Adam menggelang. "Nggak."

"Terus kenapa dong?"

"Mau make sure aja kalo elo nyampe kelas dengan selamat."

Gue bergidik geli denger ucapan Adam dan menimpuk kepalanya. "Ngomong sekali lagi lo gue gaplok lo."

"Udah sampe nih. Gue ke kelas duluan ya?" tangan Adam meraih kepala gue dan mengusap puncak kepala gue beberapa kali. Gue kira dia mau bales nimpuk gue, tapi ternyata enggak. Dia langsung pergi aja ke kelasnya.

Salah makan nih pasti si Adam.

Tanpa mampir-mampir dulu ke bangku orang untuk ngobrol, gue memutuskan untuk langsung duduk dan menyiapkan buku-buku yang akan gue gunakan di pelajaran Agama. Bu Nike, guru agama gue itu kemasuk guru yang baik, suaranya lembut, gak pernah banget gue denger dia marah-marah. Tapi kalo misalkan ada murid yang ngelakuin kesalahan, beliau tetep nasehatin. Dan gue gak mau dapet nasehat dia di kelas, di depan temen-temen. Gengsi tujuh turunan gue bisa-bisa.

Setelah Bu Nike datang, ketua kelas mengomandokan kami untuk membaca surat pendek pilihan Bu Nike. Kebiasaan yang selalu Bu Nike lakukan supaya kami membaca ayat al-qur'an bersama-sama. Bagi yang bukan muslim, mereka akan dibimbing oleh guru agama di perpustakaan.

Dan gak kerasa aja ternyata lima menit lagi pelajaran usai dan bel pulang akan berbunyi. Kami di komando ketua kelas untuk membaca doa sebelum pulang. Ketika kami selesai berdoa, kami layaknya anak SD rebutan untuk keluar kelas.

Ketika keluar kelas, gue langsung melihat Adam, Bintang dan Mario duduk di depan kelas gue. Ternyata mereka udah keluar kelas duluan.

"Lama banget dah lo di kelas."

"Iya, pelajaran Bu Nike." Hafal betul deh gue dengan apa yang mereka maksud dari lama banget. Bagi mereka, keluar kelas tepat bel pulang itu kemasuk sebagai lama banget.

Kami bareng-bareng ke parkiran dan misah setelah Mario dan Bintang menuju tempat motor mereka parkir. Tadinya kami mau barengan ke rumah Adri pake mobil Adam aja. Tapi setelah dipikir-pikir lagi, Bintang sama Mario bakal males buat ambil motor mereka lagi di Sekolah.

"Bawa apa nih buat Adri?" pertanyaan itu muncul begitu inget kami gak nyiapin buah tangan apapun untuk jengukin Adri.

"Gak usah bawa apa-apa deh. Yang penting dateng aja dulu." Nah ini bedanya antara ketika cowok jenguk temennya yang lagi sakit dan ketika cewek jenguk temennya yang lagi sakit.

Saat kami baru sampai di rumah Adri, Mama Adri langsung mempersilakan kami untuk masuk. Kata Mama nya, Adri sakit hepatitis a. untungnya ketahuan cepet, kalo enggak, mungkin Adri bisa aja harus di opname. Adri cuma butuh bed rest dan kami cuma diizinkan untuk nengok Adri gak lebih dari satu jam.

Adri yang kami temui beda banget. Di bercandain Mario aja malah senyum-senyum doang. Gue jadi sedih liatnya.

"Eh! Bengong mulu." Lamunan gue terhenti saat Mario nyenggol siku gue. Duh gara-gara prihatin liat keadaan Adri yang begini, gue sampe ngelamun. Jadi malu gue.

"Yaudah balik yuk? Adri biar istirahat lagi." Kilah gue untuk mengalihkan suasana.

"Ngapa pulang? Baru sebentar juga." Adri yang dari tadi cuma ngomong satu kata doang kini protes sama kalimat gue.

"Kan lo harus istirahat, Dri."

"Dari tadi udah." Timpal Adri lagi.

"Lusa kalo lo udah lebih sehat kita bakal kesini lagi deh ya?"

"Iya, kita balik aja deh. Lo masih harus istirahat ini. Jangan capek-capek. Bed rest yang bener biar cepet sehat." Kali ini Adam yang bicara.

Merasa pendapat Adam banyak benarnya, Mario dan Bintang langsung aja setuju dan berdiri dari duduk mereka.

"Balik dulu deh cuy. Ntar kesini lagi. Lo cepet sehat." Mario menepuk lengan lemas Adri.

Kelihatannya Adri gak nyaman banget diem di kasur begitu. Biasa liat Adri yang hiperaktif dan sekarang terbujur lemas di kasur ngebuat gue pangling sama Adri. Bener-bener gak tega liatnya. Gue tahu Adri maunya ditemenin sama Adam, Bintang dan Mario biar gak sepi-sepi amat. Tapi ya gitu, sayangnya Adri bener-bener harus bedrest supaya cepet sembuh.

Setelah kami pamitan sama Mamanya Adri, gue dan Adam juga Bintang dan Mario memutuskan langsung pulang. Mario yang juga biasanya petakilan, saat keluar dari kamar Adri langsung diam seribu bahasa. Mungkin dia sama kayak gue. Gak tega liat Adri sakit sampe lemes gitu.

"Jaga kesehatan. Awas lho kalo lo sampe sakit lagi."

Seketika gue noleh ke Adam. Hawa-hawa gak enak nih. Pasti Adam bakal ceramahin gue.

"Makan yang teratur. Jangan begadang mulu. Jangan segala jajanan lo beli."

"Iyaaaa..." gue nanggepin dengan ogah-ogahan.

"Lo jangan iya-iya tapi masuk kuping kanan keluar kuping kiri. Gue bilangin lo ngeyel, orang tua lo yang bilangin lo tetep ngeyel juga. Giliran pacar-pacar lo dulu bilangin lo masuk lubang buaya juga lo jabanin." Mata Adam tetep fokus sama jalanan, tapi gue yakin pikirannya sibuk nyusun sumpah serapah buat gue.

"Dih sentimental banget lo. Ya namanya cinta pasti diturutin lah." Balas gue. Habisnya dia ngomong sekata-kata banget. Yaudah deh, gue ladenin.

"Oh... jadi harus nih gue bikin lo cinta gue dulu baru lo dengerin gue?"

Sumpah ini bercandaangak lucu banget. Gue mengeplak jidat Adam dan kembali liatin pemandangan disamping kiri gue.    

BAKED HEARTTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang