Sekarang gue ngerti kenapa waktu itu Adri, Bintang, Mario samperin gue ke kelas cuma buat ngasih tau motif Kalina. Mereka bukan mau main aman. Mereka cuma mau ngalihin pikiran gue ke Kalina supaya hari ini bisa terjadi. Supaya gue mau nemuin Adam secara 'sukarela'.
Belom sampe gue nyebrangin setengah halaman, Adam berhasil cekal tangan gue sehingga gue berhenti jalan. Gue gak nyoba buat lepasin diri pake tenaga karena percuma juga. Jadi yang gue lakukan adalah berbalik sehingga kini kami berhadapan.
"Kita harus obrolin semuanya sekarang." Kata Adam tanpa tedeng aling-aling.
Dia batu, gue bisa lebih batu. "Gue belum mau obrolin semuanya sekarang."
"Oh, berarti lo seneng kalo keadaan kita kayak gini? Kayak orang gak pernah kenal, kayak baru aja ketemu musuh? Lo seneng kita kayak gini, Jas? Demi Tuhan, kita sahabatan jas!"
Gue masih nyimak Adam kalo-kalo dia masih mau ngomong. Sengaja gue nunggu setelah yakin dia stop bicara supaya gue yakin kalo Adam dengerin gue dengan baik.
Tapi kemudian gue gak bisa nahan buat gak ketawa. "Sahabat? Lo bilang kita sahabat?"
Adam melepas cekalan tangannya dan meremas gemas rambutnya sendiri. "Gue tau gue salah. Fatal. Tapi tolong seenggaknya lo pertimbangin lagi buat berhenti bersikap kayak kita musuhan. Kita udah kenal dari lahir, Jas!"
Bener-bener gak habis pikir sih gue. Masih punya nyali juga dia ngingetin gue kalo kita udah kenal dari lahir. Apa dia gak pernah ada pikiran kesini sebelum bercandain gue dan jadiin gue bahan taruhan doang? Atakah selama ini gue yang terlalu percaya sama Adam bahwa gue bakal aman sama dia?
"Harusnya lo yang inget ini sebelum mulai mainin gue, Dam!" gue udah gak bisa nahan kesabaran gue dan berbalik badan buat kembali ke rumah.
Belum juga langkah gue maju, tangan gue ditahan. Lagi.
"Jas... lo bisa balas gue dengan cara apapun. Gue ikhlas. Itu yang gue tunggu. Tapi jangan begini, jangan bertingkah seolah kita baru kenal yang ada masalah satu terus jadi musuhan begini. Gue gak tolerir bales dendam macam ini. Lo bisa nyakitin gue dengan cara lain. Apapun. Asal jangan jauhin gue."
Bentar deh, kan gue jadi bingung sendiri. Sebenernya siapa yang disakitin siapa sih sampe Adam bereaksi sejauh ini? selama ini gue yang playing victim apa sekarang dia lagi playing victim nih?
Tangan gue menyentak sehingga tangan Adam lepas dari sana. "Bisa-bisanya lo ngomong gitu ya, Dam. Lo pengin gue balas dendam biar apa? Yang ada dipikiran lo cuma cara untuk ngilangin rasa bersalah? Lo mau gue nyakitin lo balik supaya seenggaknya kita impas?" mata gue natap Adam lekat-lekat. Sahabat gue dari lahir. Orang yang selalu ada disamping gue setelah keluarga gue. Mana bisa gue musuhin dia? "Elo yang buat gue diposisi ini, Dam. Apa dengan nyakitin lo balik, gue bakal seneng? Justru karena kita udah kenal dari kecil makanya gue gak bisa marah sama lo! Justru karena kita sahabatan makanya gue gak mampu buat bahkan caci maki lo! Gue udah gak punya muka depan lo, Dam. Bener-bener nol gak bersisa. Bahkan gue gak sanggup buat cuma denger suara lo. Gue gak pernah ada niatan buat jahatin lo balik. Jadi Adam, gue mohon sama lo buat jauhin gue sementara waktu. Kasih gue space sebanyak yang lo bisa."
Dan langsung kaki gue buru-buru masuk ke dalam rumah. Gue gak mau ditahan Adam lagi saat ini. pergi ke kamar, gue langsung kunci pintu dan masuk kamar mandi buat nyalain keran. Air mata gue berjatuhan. Satu.. dua.. lima.. sampe akhirnya gak terhitung. Gue nahan sesenggukan tangisan gue dibalik suara kucuran air. Pertama kalinya gue nangis setelah selama ini gue pendem.
***
Gue ngaca buat benerin rambut gue dan pake ulang lip gloss yang gue bawa. Tadi malem saat gue udah bisa nenangin diri, buru-buru gue ke bawah buat ambil es batu buat ngompres mata. Gak bakal gue biarin seorangpun tau kalo gue abis nangis. Gengsi besar.
Syukurnya tadi pagi waktu liat rupa gue baru bangun tidur, gak ada setitikpun indikasi bahwa gue habis nangis kejer tadi malem. Kuncinya cuma gak usah kucek mata saat nangis dan ketika udah tenang, gue bakal senyum selebar mungkin, sambil kompresin mata pake es batu. Tiga cara itu beneran ampuh di gue.
Hari ini bener-bener tenang. Saskia sama pacarnya seperti biasa. Adri, Bintang juga Mario gak samperin gue kelas seperti kemarin-kemarin. Dan Adam, dia nurutin gue buat ngasih space. Gue makan bekel makan siang gue sambil dengerin lagu.
Anehnya, gue ngerasa janggal sama ketenangan ini. Gue gak tau apa ini pantes disebut ketenangan. Tapi gue pikir ini lebih cocok disebut calmness before the storm. Semua hal kaya berhenti tiba-tiba buat mengkonfrontasi kesabaran gue. Persis laut yang bakal surut sebelum diterjang badai tsunami.
Gue bukannya mengharapkan keburukan. Tapi kalo situasi tiba-tiba adem ayem, apa gue gak mungkin buat mikir macem-macem? Gue tunggu sampe bel istirahat bunyi. Dan gak kerasa sampe bel pulangpun, yang gue tunggu-tunggu ternyata gak kejadian juga. Sekali lagi, gue gak mengharapkan keburukan. Gue juga gak tau apa yang gue tunggu. Yang jelas hal-hal yang menyangkut pengganggu kesabaran gue selama ini. siapapun dan apapun itu.
Seharusnya memang gue seneng. Tapi rasa kalut lebih dominan di pikiran gue. Dasar emang gue bukannya bersyukur. Diganggu ngeluh, dikasih ketenangan malah masih ngeluh juga.
Rasa-rasanya gue bisa lebih positive thinking keesokan harinya karena kekalutan gue udah berkurang hampir 50% dari total persentase rasa kalut yang memenuhi diri ini. Gue udah gak nunggu-nunggu surprise yang bakal uji kesabaran gue walaupun diri gue masih siaga dengan segala kemungkinan yang bisa aja terjadi.
Angin rasanya berhembus lembut. Matahari gak terlalu menyengat juga langit tetep cerah. Gue yang lebay atau cuaca hari ini memang begitu, gue gak ngerti deh. Hari kedua merasakan ketenangan, gue jadi gak napsu makan. Yang ingin gue lakukan hanya diam dan meresapi kedamaian ini.
Hari ketiga, gue kembali mau makan seperti biasanya. Makan makanan yang gue bekel dari rumah. Tapi kalo biasanya gue bakal dengerin lagu sampe jam istirahat habis, hari ini ada kemajuan, gue mau pergi ke perpus walau akhirnya disana gue dengerin lagu juga. Kalo kemaren-kemaren gue banyak negative thinkingnya, hari ini gue bahkan gak berani memikirkan semua ketakutan gue. Takutnya malah jadi kejadian.
Gue gak tau kapan waktu yang tepat buat mulai memperbaiki keadaan yang nyatanya memang gak baik-baik aja saat ini. Tapi untuk beberapa saat, gue mau menikmati rasa damai yang ada di depan mata.
Tapi ya memang feeling orang kadang-kadang bisa lebih kuat dari energi sutet, kedamaian ini gak bertahan lama. Cuma tiga hari. Bener-bener calmness before the storm seperti yang gue khawatirkan.
Hari ini, tepat setelah tiga hari kemarin gue merasakan ketenangan dan kedamaian hidup, perang bener-bener dimulai. Kesabaran gue bakal diuji lagi mulai hari ini. Hari dimana bahkan gue udah gak ada napsu buat mikir macem-macem karena gue udah lelah fisik juga batin.
Saat gue bahkan belum duduk di bangku, gue menemukan Post It yang tertempel di meja. Dari tulisannya, gue tau siapa yang nempel Post It ini disini.
I've give you the space. I already give you as much as I can.
Have a nice day.
A.
Nah kan, gue kata juga apa. Tapi anehnya gue gak ngerasa segitu terbebaninya. Entah karena gue udah memprediksi kalo hal ini bakal terjadi atau emang karena gue udah mulai berdamai dengan keadaan.
Sambil meremas kertas Post It dan menimpannya asal di kolong meja, gue lantas duduk lalu menyiapkan buku dan alat tulis untuk pelajaran pertama. Bukan mau sok rajin datang-datang langsung nyiapin buku, tapi karena memang udah bel masuk aja makanya gue langsung siap-siap.
Pas banget waktu Bu Zanya masuk, Deno ngekor di belakang beliau. Deno ini duduknya di belakang bangku gue, jadi mau gak mau dia pasti bakal lewatin bangku gue dulu sebelum dia duduk di tempatnya. Tapi begitu Deno ngelewatin gue, dia tiba-tiba naruh sesuatu diatas meja gue.
Tadinya gue gak nyadar kalo itu buat gue dan bahkan gue gak tau apa yang Deno simpen di atas meja karena gue gak ngerasa nitip apapun ke dia. Tapi begitu gue perhatiin lagi, ternyata Deno nyimpen susu kotak disana. Gue sempet bingung karena susu kotak itu udah di cover sama spidol item. Dan karena ada tulisan disana, makanya gue ngerti kalo itu buat gue. Tulisannya, pagi-pagi enaknya minum susu coklat. –tetangga sebelah. Ditulis pake tinta silver.
KAMU SEDANG MEMBACA
BAKED HEART
Teen FictionGimana kalo sahabat lo tiba-tiba minta lo jadi pacarnya? Tapi seseorang tiba-tiba spill ke gue bahwa gue dipacari karena satu misi yang bikin gue rasanya jatuh ke jurang tak berdasar. Gue Jasmine, panggil aja Jassy. Dan ini cerita gue.