Gue ngambil beberapa bungkus cemilan dan langsung aja masukin ke trolley belanjaannya Adam. Hari ini Adam minta anter beli persediaan untuk dua minggu kedepan. Gue paling suka nih kalo udah nganterin Adam belanja. Soalnya gue bisa milih-milihin cemilan persediaannya Adam. Jadi kalo gue main dirumahnya, cemilannya udah sesuai sama apa yang gue mau semua.
"Daftarnya apalagi, Dam?"
"Tinggal makanan beku."
Gue menyeringai puas. Ini sih hal lain yang gue kuasai selain milih cemilan. Adam bisa tenang dan gak perlu kerepotan buat milih makanan beku. Tangan gue merebut kertas daftar belanja yang Adam pegang. "Serahin sama gue. Lo tunggu aja dimana kek sambil main hp."
Tanpa buang waktu, gue langsung ke area freezer yang isinya makanan beku semua. Di daftar ini cuma ditulis nugget, fish ball, bakso, sosis dan ayam siap goreng. Gak ditulis merknya apaan, jadi gue pilih aja merk-merk yang menurut gue enak.
Di lengan gue udah ada nugget, bakso dan sosis. Gue masih bingung mau milih fish ball yang mana antara ngambil merk favorit gue atau ngambil merk fish ball optional yang biasanya bakal gue pilih kalo merk fish ball favorit gue itu abis. Soalnya merk optional itu ada diskon. Tambah lagi deh gue mikir keras antara milih yang enak banget atau yang lebih murah.
Badan gue terkejut dan hamper aja gue jatuhin semua barang-barang di lengan gue saat gue ngerasa ada badan orang yang mepet gue. Sebelum gue memutuskan untuk teriak, untunglah gue melihat dulu siapa orang kurang ajar yang berani mepetin gue. Dan siapa lagi kalo bukan Adam.
Gue menggerakkan diri gue ke samping supaya bagian kanan badan Adam gak nempel punggung gue lagi. "Ngapain lo? Gak jelas banget sih."
Adam mengedikkan dagunya ke arah kiri di belakang kami, "Cowok-cowok itu ngeliatin lo mulu."
Gue mengikuti maksud arah Adam dan mendapati ada tiga orang cowok lagi debat mau milih soda yang mana. Gak ada tanda-tanda mereka abis ngeliatin gue karena gue tau gimana reaksi orang kalo abis ngeliatin orang lain yang mereka pikir menarik. Aduh, si Adam gak punya otak apa ya? Sebagai manusia normal, tentulah gue juga sering curi-curi pandang ke cowok ganteng yang gak sengaja gue temui atau malah ke cewek yang gue pikir punya style baju yang bagus. Dan sebagai manusia normal juga gue gak mau ego gue tersentil karena ketahuan nengok kearah mereka berulang kali. Ya tentu gue taulah tanda-tanda orang yang abis ngeliatin gue, karena gue juga tau caranya supaya gak ketahuan lagi ngeliatin orang lain meskipun mereka menaruh curiga ke gue.
"Oh ya?" akhirnya cuma ini yang bisa gue keluarkan dari mulut gue.
"Iya."
"Yaudah biarin aja mereka liatin gue. Mereka juga kan punya mata. Yang masalah itu elo. Ngapain lo mepet-mepet gue. Kalo gak inget lagi di tempat rame begini udah gue banting badan lo."
"Jadi lo gak masalah mereka liatin lo?"
"Selama gak mengancam keselamatan gue dan gue merasa gak terganggu ya fine aja."
Dengan saksama, Adam natap mata gue. Efeknya jadi bikin gerogi seluruh diri gue dan gue dengan gobloknya malah buang pandangan. Ngapain juga gue harus buang pandangan? Gue kan gak salah.
"Gue yang gak fine, jangan biarin cowok lain liatin lo." Ucap Adam kemudian. "Buruan milihnya, udah sore."
Otak dan badan gue terdiam seketika. Rasanya mau gerak juga sulit. Antara kesel sama Adam dan kaget karena barusan dia bilang begitu bener-bener menguasai pikiran gue. Bisa-bisanya dia ngomong kayak gitu. Kalo gue salah paham sama ucapan dia gimana? Dan kalaupun memang Adam berusaha mengarahkan pemahaman gue kalo dia lagi deketin gue, gue gak mau sampe ngerubah pemahaman gue kesana. Gue maunya kita sahabatan aja.
Udah, Jas. Adam cuma mau lindungin elo. Dia gak ada maksud macem-macem. Ucapan dia yang ngaco kemarin-kemarin itu mending lo lupain aja karena lo pasti tau sendiri kalo Adam juga gak maksud begitu. Dia cuma keliru sama perasaannya.
Batin gue bersuara. Kalimat itu membuat gue tersadar dan bisa mendapatkan kembali pikiran rasional gue. Akhirnya gue bisa menggerakkan badan gue lagi dan segera pergi menyusul Adam. Ya Tuhan...
Sehabis gue mendapatkan bubble milk tea di booth favorit gue, kami langsung menuju parkiran. Mau sekeras apapun gue bertingkah senormal mungkin dan pura-pura menganggap kejadian tadi bukanlah hal besar, tetep aja diri gue merasa canggung juga.
Karena saking gak pengennya Adam tau kalo gue ngerasa gak nyaman, gue nonton youtube di hp gue alih-alih dengerin lagu dari radio seperti biasanya.
Meski gue inget sebenernya cowok-cowok tadi gak liatin gue, dan kenyataan bahwa tadi Adam mepet-mepet gue seharusnya bikin gue marah sekarang. Tapi kemarahan itu semua luntur dan berganti menjadi rasa bimbang gara-gara satu kalimat. Gue yang gak fine, jangan biarin cowok lain liatin lo. Satu kalimat yang gue benci saat ini karena berhasil bikin gue kalang kabut gak jelas begini.
"Jas!"
Badan gue tersentak karena kaget. "Iya, Dam?"
"Serius banget lo nontonnya. Gue tadi nanya, ada tempat yang mau lo datengin ga?"
Gue menggeleng seketika. "oh, sorry. Gak ada, Dam. Kita langsung pulang aja."
Karena gue udah buntu sama semua ini. Gue cuma butuh pulang sehingga bisa cerita sama Mama. Gue harus mengambil keputusan secepat mungkin sebelum Adam jatuhin bom atomnya yang kedua.
"Bagi milk tea lo." Tangan kiri Adam mengambang di depan gue menunggu gue mengangsurkan milk tea. Setelah milk teanya di tangan dia, Adam langsung meminumnya. "Lip balm jeruk, ya?" katanya sambil kembali ngasih milk teanya ke gue.
Gue melongo. Bisa-bisanya dia tau? Padahal gue pakenya pun hampir tiga jam yang lalu dan gue sendiri udah gak ngerasain aroma apa-apa dari lip balm gue. Kesadaran jiwa gue udah gak tau dimana. Seharusnya gue marah karena Adam udah melewati batas. Tapi dimanapun gue nyari rasa marah itu, gue tetep gak nemu. Yang gue temuin malah rasa—Oh Jassy! Cukup. Jangan lo lanjutin khayalan lo. Stop disini atau lo bakal menyesal nanti.
Otot-otot gue seketika mengendur dengan nyaman karena gue udah bisa liat halaman rumah gue. "Udah sampe nih. Gue langsung balik deh."
"Jas!"
Tubuh gue menegang lagi entah untuk keberapa kalinya di hari ini. kenyataan gue selalu mudah bereaksi atas tindakan Adam bener-bener bikin gue gak suka. Ya Tuhan.. jangan sampe sekarang adalah bom atom keduanya.
"Tumben banget lo balik. Tadi kita belum beli apa-apa lho. Biasanya lo gak bakal pulang sebelum minta jatah karena udah anter gue belanja."
Aduhhh, lagi kondisinya begini aja dia tiba-tiba peka. Biasanya harus gue misuh-misuh dulu baru Adam ngasih imbalan. Bener-bener sialan lo, Dam.
"Gue mau kerumah lo kok nanti sore. Jangan harap lo bisa hidup tenang sebelum lo ngasih gue upah, ya! Udah ah gue balik, kebelet poop nih gue!"
Tanpa tedeng aling-aling, langsung aja gue loncat keluar mobil karena saat ini gue gak mengharapkan respon apapun dari Adam. Gue cuma mau pulang. Gue cuma mau cerita sama Mama.
KAMU SEDANG MEMBACA
BAKED HEART
Teen FictionGimana kalo sahabat lo tiba-tiba minta lo jadi pacarnya? Tapi seseorang tiba-tiba spill ke gue bahwa gue dipacari karena satu misi yang bikin gue rasanya jatuh ke jurang tak berdasar. Gue Jasmine, panggil aja Jassy. Dan ini cerita gue.