Biasanya gue bakal terjaga sampe larut lalu bangun siang dengan sukarela setiap weekend, tapi teruntuk hari ini, gue malah dengan sukarela buat susah tidur dan mudah bangun. Kepelikan hidup gue sampe susah tidur begini sebatas karena apakah gue harus bantuin Adam di Sekolah atau diem dirumah.
Gue udah ngerti skenarionya. Adam pasti bakal nekat mau ke Sekolah gak peduli seberapa besar orang tuanya bujuk dia buat tetep dirumah aja sampe kakinya pulih. Gak bakal ada yang bisa lunturin tekadnya kalo dia udah merasa bertanggung jawab atas sesuatu.
Gak mau bikin sia-sia waktu tidur gue yang jadi berkurang, gue memantapkan diri dan gak mau plin-plan lagi buat memutuskan kedilemaan ini. Akhirnya gue gak mau banyak mikir lagi dan segera bersiap buat nyamperin Adam di rumah.
Bawa backpack kecil buat ngimbangin pakaian gue yang cuma pake tshirt dan celana sebetis, gue lalu sarapan sebelum akhirnya nyamperin ke rumahnya Adam. saat gue ketuk pintunya, Mama Adam lalu menyapa gue kemudian nyuruh gue buat ikut ke meja makan. Gue bisa liat Adam lagi ambil air mineral dingin di kulkas lalu kembali ke tempat dia duduk. Kakinya udah lumayan membaik dan gak sebengkak kemarin. Namun warna kakinya jadi keunguan.
Adam keliahatan sangat serius sama telur oreknya. Dia bahkan gak nyapa gue atau bahkan lihat gue. Gue juga gak tau kenapa.
"Jassy jadi panitia juga? Kok Adam gak bilang sih? Kalo tau gitu kan Mama jadi tenang, Jas." Ucap Mama Adam sambil ngasih jus jeruk karena tadi gue bilang kalo udah sarapan.
"Bukan, Ma. Aku gak ikut kepanitiaan. Aku mau bantu aja."
"Ohh.. gitu. Coba kamu bilang dari kemarin itu, Jas. Mama jadi gak was-was sama Adam."
Gue hanya tertawa meringis.
Gue dan Adam diantar Mamanya Adam karena Mama gue gak ada persiapan buat pergi. Mama gue bahkan masih piyamaan juga.
Sesampainya di Sekolah, gue jalan beriringan sama Adam karena walaupun jalan dia udah gak sesakit waktu pulang sekolah kemarin, tapi kaki Adam masih ngerasa linu. Setelah kami sampe di lokasi kegiatan, kami langsung ikutan briefing. Adam kebagian ngemandor tentunya. Tapi yang udah gue bilang, Adam gak bakal tinggal diam kalo menyangkut passionnya dia.
Bareng Arini dan Grisel, gue kebagian bikin nama boothnya juga list menu dan harga yang bakal dipasang. Kita setuju buat bikin foto makanan di list menunya dengan gambaran animasi yang kita bikin dengan pensil warna.
Dari ekor mata, gue bisa lihat Adam lihatin kami. Untuk lebih yakin, gue akhirnya memberanikan diri untuk lihat balik Adam yang ternyata cuma natap gue. Reaksi gue biasa aja. Atau lebih tepatnya berusaha untuk menunjukkan reaksi yang biasa aja. Setelah itu, gue kembali serius sama tugas gue. Biar cepet pulang juga.
Sebagai referensi, kami lihat di google gimana tampilan makanannya. Terus bakal kami gambar semenarik mungkin tapi tetep konsepnya ala-ala gambar anak kecil. Dari 10 kertas list makanan, gue dan Grisel kebagian masing-masing 3 sementara Arini 4.
Gak lama kemudian, gue dikagetkan dengan Adam yang bawain botol air mineral buat kami bertiga. Setelah nerima, gue bilang makasih sekenanya lalu serius dengan urusan gue lagi. Syukurnya semua orang disini pada serius kerja dan gak ada yang natap gue minta penjelasan mengingat gue abis dimainin sahabat sendiri bareng gengnya.
Sikap temen-temen OSIS yang sangat amat bersahabat bikin gue nyaman dan gak nyesel buat maksain diri bantuin Adam ke sekolah di weekend begini. Aktivitas gue terus berlanjut hingga matahari tergelincir. Karena nanggung dan juga pengen cepet beres, maka semua orang termasuk gue memutuskan untuk ambil waktu extra maksimal sampe jam 8 malem. Syukur-syukur beres, kalo nggak pun, seenggaknya kami bisa memperingan pekerjaan buat besok.
***
Hari kedua pekan kuliner, gue cuma berdiri di balkon liatin animo siswa-siswa yang lagi antri di setiap booth. Side effectnya, kantin jadi gak serame hari-hari biasa. Gue pikir sih karena menu-menu di booth pekan kuliner emang gak ada yang nyamain menu di kantin. Juga karena pekan kuliner ini gak setiap hari ada.
Gue pribadi lebih milih ke kantin. Pertama, karena gue udah tau menu apa aja di booth pekan kuliner, kedua gue udah tau semua rasanya karena semua makanan itu dari resep Adam, ketiga, ya gue males antri aja.
"Lo gak jajan, Jas?"
Gue menilik siapa yang teriakin gue dari bawah dan ternyata itu Saskia. "Nanti." Jawab gue biar cepet beres.
***
Gak ada angin gak ada hujan, gue diundang untuk penutupan acara pekan kuliner. OSIS yang undang gue, katanya semua orang yang turut berpartisipasi bantuin persiapan pekan kuliner harus sedia datang.
Acaranya tentu pulang sekolah, makanya dengan terpaksa gue menghapus bayangan gua yang akan tidur enak setelah ini. sehabis beresin buku, gue langsung ke ruang OSIS. Pas gue datang, udah ada sebagian anak-anak OSIS yang kemarin jadi panitia. Mereka emang gercep banget apa gimana sih udah stand by aja disini.
Setelah setengah jam, lalu lengkaplah semua orang yang berpartisipasi melakukan kegiatan pekan kuliner kemarin. Pertama-tama tentu sambutan ketua OSIS, dan yang gak gue sangka, ternyata Adam juga diminta untuk memberikan ucapannya sebagai wakil penanggung jawab pekan kuliner. Iya juga sih, orang acara kemarin dia yang gerakin. Gue bisa lihat dari ujung ruangan Adam berjalan ke depan, kakinya udah membaik. Dia udah jalan normal meskipun kadang-kadang masih kerasa linu katanya.
"Gue makasih banget untuk diikut sertakan di acara ini. kesempatan ini bener-bener bikin gue lebih tau banyak hal yang sebelumnya gak gue tahu. Terus terimakasih juga untuk semua anggota OSIS yang udah mau kompromi sama gue, temen-temen yang berpartisipasi buat masak dan siapin makanan, makasih banget atas kerja samanya. Terutama untuk sahabat gue, Jassy, yang udah mau bantuin gue tanpa diminta. Pengalaman ini gak bakal gue lupain seumur hidup. Semuanya have fun tapi tetap berjalan pada track. Sekali lagi terimakasih, kita sukses diacara kemarin. Dan itu karena kerja keras semua pihak. Dari kalian."
Adam lalu undur diri dan berjalan kearah gue. Senyumnya merekah lalu bilang. "Thanks, ya?"
Gue mengangguk lalu kemudian mendengarkan koordinator operasional yang juga anak OSIS memberikan sambutan. Setelah itu, tentunya acara foto. Foto bersama lalu teman-temen perdivisi yang foto sendiri-sendiri. Gue merasa gak harus untuk ikutan foto sama beberapa orang setelah foto bersama tadi. Toh gue hanya bantu sedikit banget.
Mengambil tas, lalu gue keluar ruangan untuk balik.
"Jas?"
Gue berhenti ketika denger nama gue dipanggil. Adam nyusulin gue ke tempat gue berdiri.
"Mau balik? Sama siapa?"
"Sendiri. Gue pake ojek aja." Gue lihat dia juga udah bawa tas. "Lo mau balik juga? Kan belum beres."
"Gak deh, gue juga pengen balik. Mau bareng gue?"
"Ok deh."
Kemudian kita jalan barengan menuju parkiran dengan diam.
KAMU SEDANG MEMBACA
BAKED HEART
Teen FictionGimana kalo sahabat lo tiba-tiba minta lo jadi pacarnya? Tapi seseorang tiba-tiba spill ke gue bahwa gue dipacari karena satu misi yang bikin gue rasanya jatuh ke jurang tak berdasar. Gue Jasmine, panggil aja Jassy. Dan ini cerita gue.