"Kalo bukan Ae yang ngasih tau kak Neena, mama nggak bakal tau kalo kamu bonyok gini. Kamu tuh kebiasaan kalo ada apa-apa nggak bilang-bilang!"
Can cuma diam, udah umur segitu masih dimarahin mama. Can ngangguk-ngangguk aja dengerin mama, sementara 2 adiknya, udah tiduran dempet-dempetan dengannya di kasur.
"Udah kaya gini masih bisa kamu rahasiain sama mama? Kamu lupa kamu dulu pernah sakit gitu? Kalo kepala kamu kenapa-napa lagi gimana?"
"Iya ma, besok-besok Can bilang. Can nggak bilang karna emang luka luar doang, di rontgen nggak apa-apa kok."
"Masih aja ngejawab!"
Salah mulu Can perasaan.
"Udah, mama mau masak, adek kamu belum makan. Ada minyak goreng nggak kamu? Mama lupa beli minyak goreng."
"Ada di lemari atas, mama buka aja."
Mama keluar kamar masih ngomel-ngomel. Setelah mama keluar, Ley langsung melesat berlari ke arah pintu dan menutupnya dengan cepat. Fiat, adik bungsunya, yang dari tadi asik ngescroll instagram, meletakkan handphone nya dan duduk tegak disebelah Can.
Ley bergabung dengan mereka. Dari tabiat mereka, Can tahu ada rahasia yang akan mereka bagi. Can beringsut mendekat ke Ley yang duduk di depannya.
"Kakak balikan sama Jo ya?" Ley langsung nembak.
Can menautkan alisnya. "Kok kamu tau?"
"Kak Neena yang bilang, bang Ae lapor."
"Ember bener mulut si Ae ya. kan belum gimana-gimana gitu aku sama Jo, baru juga ketemu lagi."
"Mama nggak setuju," Fiat yang ngomong, nggak pake pembukaan, langsung intinya.
"Lho kok?"
Ley ngangguk semangat, "Soalnya mama kepincut si Martin Martin itu. Yang jadi lawyer acara kakak itu lhoo, kata mama pengen menantu kaya dia."
"Tin? Serius?" Can bingung, bahkan mama pun ngeship dia sama Tin. Emang pesona Tin sampe segitunya ya? emang mereka kelihatan secocok itu ya?
"Terus kata mama, kalo emang si Jo itu sayang sama kakak, kenapa pas dia balik dari Inggris dia nggak nyariin kakak. Dia nggak serius sama kakak, cuma mau main-main aja kata mama."
Can mendadak sebal, gampang banget mama menilai serius tidaknya Jo bahkan sebelum bertemu kembali dengan Jo. "Sok tau banget mama, kan mama belum ketemu sama Jo. Lagian Jo nggak nyariin kakak kan karna handpone dia rusak dan dia nggak punya nomor kakak."
"Kata mama, jaman sekarang kan gampang, facebook ada, ig ada, alamat rumah juga dia tau, kenapa masih nggak nyamperin. Dia deketin kakak karna kakak lagi jomblo aja, kalo nggak ketemu pasti dia juga nggak akan nyari kakak."
Can diem. Mama benar sih, ya tapi nggak gitu juga kan. Namanya juga jodoh, mereka ketemu, mereka saling suka ya mereka bareng-bareng, nggak perlu disamperin juga Can nya. "Menurut kalian berdua gimana?"
"Menurut kami ini versi akut dari Jessie McCartney," ujar Fiat mantap. "Mama sukanya sama Tin udah kaga bisa ditakar. Makanya mama gituin Jo, kalo nggak ada si Tin Tin itu juga paling mama biasa aja sama Jo."
Can menepuk keningnya sendiri. Versi akut dari Jessie McCartney? Can nggak bisa ngebayangin. Dulu waktu Can masih sekolah, mama suka banget sama Jessie McCartney, sampai sampai mama minta Can cari pacar yang seperti Jessie. Setiap lihat atau dengar Jessie di tv atau radio, mama udah sibuk sendiri promosiin Jessie. Sampai-sampai Can bosan dan muak melihat sang penyanyi.
"Separah itu? Jaman Jessie aja aku udah tersiksa banget tau nggak."
"Parah banget kak, tiap kamis mama tuh nungguin Legal, sampai-sampai beli martabak segala buat nonton Legal, episode pertama Legal aja mama nggak segini-gini banget, malah tidur ditengah acara, ini matanya melek sampe abis tau nggak, malah marah-marah pas abis."
KAMU SEDANG MEMBACA
The Legal Angle
RomanceCan, seorang produser acara TV yang tengah kesulitan menaikkan rating acaranya, bertemu kembali dengan cinta pertama yang dibencinya. Can tidak mau dekat-dekat lagi dengan si brengsek itu, tapi mungkin hanya Tin yang mampu membantunya menaikkan rati...