The End

2.8K 229 142
                                    

Mood Can sedang baik. Beberapa hari hanya mengobrol melalui telepon dan video call, besok Tin kembali ke Jakarta.

"Senyum mulu lo," goda Jane yang tiba-tiba ikut berjalan disebelah Can, "Tin udah balik, ya?"

"Belum kok. Besok baru balik."

"Baru mau balik aja lo udah segini senengnya ya?" sindir Jane lagi.

Can cuma balas pakai cengengesan.

"Gue seneng kalo lo bahagia, Can. Yah walaupun gue harus bayarin Mark liburan."

Can tertawa. "Emang gue kelihatan bahagia ya?"

"Iya. Banget," ucap Jane tulus. "Jadi hati lo udah mantap di Tin?"

Can mengangguk. "Tapi gue pengen mulai semuanya pelan-pelan, Jane. Gue pengen kita kenal lebih jauh dulu, karna setelah gue ngobrol di telpon sama dia seminggu ini gue sadar kalo banyak sisi dia yang belum gue kenal. Kita terlalu sering bahas kerjaan sampai kita nggak kenal satu sama lain. Gue pengen mulai dari pdkt dulu, gw pengen semuanya santai nggak terburu-buru. Gw pengen kenal dia sebagai orang baru, nggak berasumsi soal watak dia berdasarkan masa lalu. Dengan gitu juga nanti gue bakal lebih yakin sama dia pas gue udah mutusin buat nerima dia, gue nggak perlu takut lagi."

Jane mengangguk paham. "Kalo itu mau lo, gue dukung kok. Lo udah omongin ini ke Tin?"

"Belum, gue pengen pas ketemu dia gue jelasin semuanya. Gue pengen jujur kalo gue sayang juga sama dia, tapi gue pengen punya hubungan yang kaya orang lain yang ada prosesnya. Selama ini gue mikirnya karna gue udah dewasa gue bisa skip detail detail kecil yang nggak penting, kalo saling suka dan cocok ya udah lo jalan, tapi ternyata nggak gitu cara mainnya. Gue baru sadar kalo hubungan orang dewasa juga butuh pendekatan, butuh proses yang panjang, setelah sama Tin gue baru sadar kalo itu penting dan gue menikmati proses itu sama dia. Gue nggak masalah telponan sampai malam, chatingan terus-terus kaya remaja, asalkan sama dia. Hal-hal yang gue anggap cringe dan ngga penting ternyata kalo sama orang yang tepat jadi indah ya.

"gue pikir gue udah nggak butuh romance lagi, ternyata gue salah. Jo bener, kalo sama orang yang tepat semuanya ngalir aja, dan rasanya fun. Pacaran itu bukan soal gue butuh pasangan karna gue udah mapan, tapi urusan hati."

Jane tiba-tiba menubruk Can dan memeluknya erat, membuat mereka berhenti berjalan. "Gue seneng banget," ucap Jane lembut, "gue seneng lo jadi berubah gini sama dia. Lo kelihatan jauh lebih bahagia."

Can balas memeluk Jane, "ya ampun, Jane, lo ko jadi mellow begini?"

"Ya abis selama ini gue pikir lo berubah jadi robot karna kebanyakan kerja, tapi ternyata hati lo masih bisa dilembutin."

Can tertawa, "apasih lo."

"Duh tapi gue kalah taruhan sama Mark nih, gimana caranya supaya gue bisa ngeles bayarin dia ke Bali ya?"

Ide jahil Can langsung muncul, "Kan perjanjiannya kalo gue jadian sama Tin, tapi gue masih belum niat jadian sama Tin kok, nggak sekarang. Kan udah gue bilang, gue masih pengen pdkt dulu, gue pengen kenal dia dan dia kenal gue, lo amanlah."

Jane langsung bersorak senang, "Can! Gue cinta sama lo sumpah! Kalo kaga ada yang punya udah gue cipok lo."

"Udah, kaga usah cipok-cipok, gue geli. Eh, gue meeting dulu, biar bisa clear-in schedule besok pagi, besok mau jemput ayang soalnya."

"Dasar cabe, jadian belum tapi udah ayang-ayang."

Can ngacir sambil tertawa.

...

"Kamu jam berapa take off nya?" tanya Can saat menelpon Tin keesokannya.

"Sebentar lagi, ini aku lagi boarding."

The Legal AngleTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang