Bulan Ramadhan kembali menyapa. Bulan yang terasa sangat spesial bagi kamu, tapi juga terkadang menyimpan dukanya sendiri. Semua akan terasa serba salah ketika hari sudah mendekati bulan suci tersebut. Mengenai kebiasaan, adat yang sudah turun-temurun dilakukan oleh keluarga kamu di Bandung. Yang mana setiap bulan puasa datang, keluarga besar kamu pasti menyempatkan diri menyambangi kediaman kakek kamu dan melakukan solat tarawih pertama disana.
Dan hal tersebut udah kamu tinggalkan sejak kamu lebih memilih untuk menikah dan menetap bersama Suga di Korea. Bukan sengaja meninggalkan kebiasaan itu, tapi memang waktunya yang salah, kamu gak bisa pulang ke Bandung karena selalu berbenturan dengan jadwal kerja Suga.
Dua hari menjelang Ramadhan, kamu kembali mendapatkan sebuah panggilan dari mamah kamu, yang udah pasti bisa kamu tebak apa tujuan panggilannya kali ini.
"Teteh, bulan puasa ini bisa pulang kan?"
Kamu tersenyum tipis, gak bisa langsung jawab pertanyaan sederhana itu, mengingat bahwa sebelumnya kamu pun, sudah membicarakan hal itu dengan Suga. Dan lagi, tahun ini kamu belum bisa pulang ke Bandung untuk berkumpul bersama keluarga di bulan puasa.
"Hmm.. kayaknya teteh absen lagi buat tarawih di tempatnya kakek." Kamu dengan suara yang ragu.
"Mamah sih gak terlalu masalah teh, tapi kakek. Dia sampe nyindir mamah kemarin karena kamu gak pernah pulang ke Bandung kalo puasa. Lebaran pun teteh jarang pulang ke Bandung."
"Nyindir gimana, mah? Maafin teteh ya, kalo sampe sekarang teteh belum bisa kumpul di Bandung."
"Ya gitu lah teh, kakek sering kan bilang kalo aja kamu nikah sama sesama muslim, dan tinggal di Indonesia pasti kalo bulan puasa semuanya bisa kumpul. Mamah teh gak nyalahin kamu sama Yoongi, tapi pernikahan kamu masih sering jadi gunjingan kalo lagi ada kumpul keluarga. Karena teteh yang paling sering absen."
Iya kamu udah gak heran dengan sikap kakek kamu, udah gak kaget kalo ucapan kakek kamu lebih tajam dari apapun benda tajam di dunia ini. Karena memang kamu sudah tau tabiatnya dari dulu begitu. Dan dia juga yang paling menentang pernikahan kamu, pada saat itu. Bahkan mungkin sampe sekarang pun, tidak ada yang namanya benar-benar ikhlas untuk pernikahan kamu dengan Suga.
Hanya yang kamu gak bisa bayangkan, gimana perasaan mamah kamu, kalo terang-terangan anaknya dijadikan bahan gunjingan didepan keluarga yang lain.
"Biarin aja lah mah, lagian teteh juga gak pernah merugikan mereka kan? Teteh disini gak pernah ninggalin kewajiban kok. Bilangin juga sama kakek, maaf kalo teteh lebih milih pernikahan yang salah, maaf tapi teteh juga punya tanggung jawab di pernikahan ini. Salam buat kakek, semoga sehat terus."
"Teh gak ada yang salah dengan pernikahan kamu, yang penting kamu bahagia sama Yoongi. Yang salah itu persepsi orang terhadap kamu.
"Dan aku juga gak bisa mengubah cara pandang orang, biar mereka berprasangka sesuka hati mereka. Aku cuma akan menjalani kehidupan sesuai dengan apa yang aku anggap benar."
"Apa yang mereka anggap salah, belum tentu sepenuhnya salah. Mamah paham kok teh, kan kamu yang jalanin semuanya, sampe sekarang gak ada keluhan apapun dari kamu, mamah udah bisa memastikan kalo Yoongi bisa jagain kamu. Jadi gak salah mamah restuin hubungan kalian. Semangat ya teh puasanya, kalo gak kuat jangan di paksain. Kan lagi hamil muda."
"Teteh udah konsultasi sama dokter kok mah, dan di bolehin buat puasa. Aamiin semoga semuanya lancar. Mamah sama semuanya juga sehat-sehat ya disana."
Gak menampik kenyataan bahwa segimanapun kamu berusaha buat biasa aja dengan keadaan saat ini, tetep kamu jadi kepikiran karena beberapa omongan yang harusnya gak perlu kamu pikirin.
KAMU SEDANG MEMBACA
Min's Family
Fanfictionanother book from dating with suga. Kisah rumah tangga Suga yang gak terlalu menarik akan tetap berlanjut dengan sekelumit kisah nyelenehnya.