여덟

14.5K 2K 327
                                    

Gue dan Mark duduk di pinggir lapangan basket. Tadinya, dia mau ngajak gue ke kantin aja, tapi Shuhua langsung menolak keras. Alasannya sih karena ini udah makin sore dan kantin bentar lagi juga tutup. Akhirnya Mark ngalah, lalu memutuskan untuk ngobrol empat mata di kursi panjang pinggir lapangan basket.

Shuhua setuju. Dalam hati gue tahu—dan kayaknya, Mark juga begitu—kalau Shuhua sebenernya cuma ingin ngawasin gue aja. Cewek itu tahu kalo di kantin dia gak akan bisa mengamati percakapan gue dan Mark, mengingat si Lee itu menekankan kalo dia cuma mau ngobrol sama gue. Sementara kalo di tempat gue saat ini, dia bisa dengan leluasa ngeliatin gue dari parkiran motor.

"Temen lo masih aja protektif," kata Mark memecah hening. Gue awalnya mau nyindir, karena kalimat Mark tadi terlalu hiperbolis. Kayak kita udah gak ketemu lama banget padahal gue sama dia aja baru satu bulan putus. Tapi gue gak mau memperpanjang perkara, jadi gue cuma ngangkat bahu dan gak menimpali apa-apa.

Diam-diam, tangan gue bertautan di bawah meja. Terus terang, gue gak menyangka kalo ngobrol sama Mas Mantan bakalan terasa segugup ini. Apalagi dengan kenyataan bahwa sebanyak apapun usaha yang gue lakukan untuk meyakinkan diri kalo gue dan dia selesai secara baik, gue tetap gak bisa memungkiri bahwa untuk gue pribadi, putusnya hubungan gue dan Mark Lee enggak berlangsung secara mulus. Akan jadi kebohongan besar kalo gue bilang gue gak apa-apa bahkan setelah satu bulan kita putus.

Ya apanya yang gak apa-apa kalo tiap ngeliat mukanya, hati gue langsung cekit-cekit.

Mark kayaknya sadar sama gelagat gue yang dari tadi keliatan gak nyaman. Cowok itu kemudian negakin punggungnya—gestur bahwa dia mau bicara serius.

"Maaf, gara-gara gue lo terlibat masalah gini," ucap dia. Gue ngangguk pelan, "Resiko, kok. Lo kan bintang sekolah," balas gue cepat. "Tetep aja, kalo sampe bikin lo terlibat keributan kayak tadi tuh berlebihan, Ran," Mark ngerutin dahinya, keliatan gak setuju. Gue menghela napas. "Yaudah sih, yang ngerasain kan gue. Guenya gak apa-apa," kukuh gue.


"Elo gak apa-apa, tapi gue yang kenapa-kenapa, Rana,".


Gue tercekat, terus mengedipkan mata beberapa kali. Mark juga tiba-tiba senyap. Dia berdeham pelan, seolah jadi tanda buat gue untuk ngeredain detak jantung yang tiba-tiba menggila.

Jangan, Ran, jangan. Udah berapa kali dibilang, baper sama mantan itu gak elit. Jangan, ya.

"M-maksud gue, gue gak mau nama gue terus-terusan dibawa-bawa kayak gini. Apalagi gue sama lo udah putus dan gak ada hubungan apa-apa, kan? Kita juga pisah baik-baik, jadi gue gak mau ada persiteruan. Lebih-lebih kalo harus nyeret nama gue," dia berkata kikuk, sukses bikin gue pengen ketawa keras. Ngetawain ekspektasi gue yang tingginya ngada-ngada.

Makanya, Rana. Udah dibilang jangan gampang baper sama mantan, jangan lupa diri. See? Dia bukannya peduli sama lo, tapi sama reputasinya sendiri. Gak usah ngarepin apa-apa lagi. Denger, kan, dari mulutnya kalo kalian udah gak ada apa-apa?

"Lo gak perlu khawatir, ini pertama dan terakhir kalinya gue ribut tentang lo. Nama lo juga bisa gue pastiin tetep harum mewangi kayak parfum Uchi. Gak usah ngerasa bertanggung jawab cuma karena nama lo selalu kebawa," gue berujar panjang-lebar sembari berusaha untuk nahan getaran di suara gue. Mark diam sebentar, terus langsung gelagapan, "Maksud gue gak gitu—".

"Lo cuma mau ngomongin ini kan?" gue memotong, dia nelan ludah. Tangan gue mengepal di atas paha, menekan gejolak emosi yang bercokol di dalam hati. Mark membisu, dia keliatan mikirin sesuatu.

Tapi gue udah gak mau tau. Gue udah nyerah untuk cari tau apa yang ada di kepala cowok itu. Pikirannya udah kayak labirin, dan gue dengan segala kesongongan diri, berusaha ngejelajahin isinya tanpa peta, tanpa izin dari yang punya. Ya jelas aja segala usaha gue bakal berakhir jadi sia-sia.

"Kalo gitu gue duluan. Kesha pasti udah nungguin lo, dan angkot gak mungkin mau nungguin gue," pamit gue, bergegas bangkit berdiri.

Tapi gerakan gue berhenti, waktu Mark nahan tangan gue, terus naruh susu UHT cokelat favorit gue di telapak tangan. "Sebagai permohonan maaf gue," kata dia. Gue nahan napas buat beberapa detik, lalu gue taruh karton susu itu di atas kursi yang tadinya gue duduki. "Gak usah," tegas gue, buru-buru melangkah meninggalkan Mark Lee.

Tapi kayaknya, cowok itu emang gak bisa—atau mungkin gak mau—untuk ngebiarin gue hidup tenang. Karena saat gue lagi sibuk dengan derap kaki gue, suara bisikan dia samar-samar sampai di telinga.






"Lo udah gak kangen kita, ya, Ran?".







—————
A/N (2021):
hari ini kayaknya gue bakal double up, tapi gue post lagi nanti, agak maleman. kemaren ada yang minta gue double update cuma guenya lagi kurang fit wkwkwk hari ini juga kalo gue jarang balesin komen maap yakk🙏🙏

BREAK UP - mark lee :: ( ✓ )Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang