Setelah segala perjuangan yang telah gue lakulan demi setumpukan kertas serta berkas penelitian bernama skripsi, beberapa hari lalu gue resmi di sidang.
Di sidang di depan para dosen penguji.
Tegang.
Sakit perut.
Kebelet.
Semuanya jadi satu, gue rasain dalam satu waktu yang bersamaan.
Jantung gue kayak mau meledak hari itu dalam satu hari penuh.
Tapi, itu semua udah berlalu
Karena...
GUE AKHIRNYA LULUS!!!!!!!!!!!!!
GUE UDAH SARJANA!!!!!!!!!!!!!!!
Telat banget emang gue ngasih tau info ini tapi gapapa yang penting sekarang gue udah lulus dan mau berbagi kebahagiaan aja kepada kalian!!!!!!!
By the way, bnyak banget hal yang mau gue ceritain soal sidang skripsi gue yang penuh dengan ketegangan di tambah rasa mules seharian dan baru ilang selepas sidang kelar. Anjir sumpah pokoknya gue lega parah. Beban gue yang tadinya seberat tumpukan batu kali ini udah gak ada rasanya sama sekali. My body, mind and soul feel a thousand times lighter. Semuanya kayak di bawa terbang sama angin tanpa sisa sama sekali.
Singkat aja, malam sebelum sidang gue bener-bener gak bisa diem. Gelisah, takut, dan nervous semuanya jadi satu. Materi buat sidang padahal udah siap semua baik yang di luar otak ataupun di dalam otak semuanya udah siap. Pokoknya semua udah siap!!!!
Tapi rasa gelisah gue gak ilang-ilang.
"Aduh sumpah ini aku takut banget!!!!"
Erga yang lagi meriksa PPT materi sidang gue saat itu cuma menghela nafas.
"Ga, parah sih ini aku deg-degan banget."
Segala ocehan malam itu keluar berkali-kali dari mulut gue, jika biasanya Erga bakal ngomelin gue dan bilang gue bawel. Malam itu dia beda banget.
"Bismillah, kamu bisa." katanya lembut.
"Takut banget tapi ini asli ga bohong. Aku persentasi kelompok aja masih suka nervous lah ini besok aku sendirian!! sidang skripsi!! huhu ya Allah!!"
"Kamu kan sempro kemarin juga sendiri?"
"Aduh iya sih.. tapi tetep aja takut!!!"
Gue masih inget persis gimana gue ngotot ke Erga bilang gue takut, nervous dan segala macemnya dan Erga dengan sabar semangatin dan ngeyakinin gue kalau gue bisa. Berkat malam itu dan doa dari berbagai pihak, keesokan hari nya gue pun sidang skripsi dengan lancar meski nervous dan rasa mules seharian gak ilang-ilang sampai gue keluar ruangan sidang dan dinyatakan lulus.
Selepas sidang gue kelar, gue langsung nelfon orang tua gue dan bilang bahwa anaknya yang males ini lulus dan udah punya title sebagai sarjana. Nyokap gue nangis detik itu juga dan Bokap yang lagi di kantor sampe nge-videocall gue saking senengnya. Terharu gue kalo inget itu.
Erga belom gue kabarin saat itu, karena selepas ngasih tau orang tua, gue nangis di tempat dan lagi-lagi bikin Dipa yang saat itu ada di sebelah gue kewalahan. Kasian juga gue sama ini anak ngurusin gue nangis mulu.
"Udah dong nangisnya nanti ngira nya gue nangisin lo nih," begitu lah kata-kata Dipa pas nenangin gue pas nangis yang langsung gue balas dengan pukulan di bahu nya.
Malam nya pas hari H sidang, selepas acara sama anak-anak angkatan yaitu, makan-makan di restoran deket kampus. Gue baru ngehubungin Erga, tapi gak nelfon. Cuma chat. Gak enak juga gue ada Dipa di sebelah lagi nyetir waktu itu, masa dia capek nyetir membelah kemacetan Jakarta sedangkan gue duduk sambil pacaran di telfon sama Erga. Gue gak setega itu sebagai teman, cuy.
KAMU SEDANG MEMBACA
him | wonwoo
General FictionHe speaks action, not words. Because that's what a real man does.