4. the player

6.2K 1K 147
                                    

"Ini minyak gorengnya yang merek apa?"

"Liat di shopping list, Ga."

"Disini ditulisnya cuma minyak goreng doang."

"Pokoknya yang ada gambar ikan gorengnya."

"Ikan gorengnya bentuk apa dulu? Ada banyak soalnya."

Gue yang lagi ngambil indomie di rak mie instan yang mana ada dibalik rak minyak goreng menghela nafas ngedenger Erga yang daritadi ga berenti-berenti nanya.

"Udah deh ambil yang paling murah aja tapi yang isinya dua liter." titah gue dari balik rak minyak.

Ga ada sahutan, gue yakin Erga udah naro minyak goreng yang gue suruh dan bener ga lama dia nyamperin gue dengan shopping cart yang nyaris penuh.

"Tuh, aku ambil yang itu." katanya sambil nunjuk minyak goreng yang ada di paling atas shopping cart.

Gue lirik bentar dan ngangguk. Dalem hati mah bodo amat yang penting minyak goreng dua liter udah kebeli.

"Nah, sekarang kita belanja bahan buat nyuci."

Tangan gue narik shopping cart, diikuti Erga yang jalan di samping gue. Jadi hari ini gue disuruh nyokap buat gantiin kerjaan dia selama dua hari, hari ini sama besok, karena nyokap dan bokap harus ke Bogor nemenin sahabat nyokap yang sakit dan harus dioperasi. Dan gue sebagai anak perawan yang baik hati dan patuh kepada orang tua pun mengiyakan walau dalem hati rada jengkel juga karena ribet banget, ditambah ngajak Erga yang ga ngebantu-bantu amat. Toh, sekarang yang dorong shopping cart dengan isi yang menggunung ini tuh gue, bukan si Erga. Hhhhhh.

"Kamu cari detergen sama sabun cuci, aku ke rak sabun mandi sama odol." perintah gue.

"Bareng aja sih."

"Enggak, justru biar cepet."

"Aku gatau tempatnya dimana."

Gue menghela nafas berat sambil nahan kesel. Ini anak kalo diajak belanja lebih manja daripada sepupu gue yang smp. Heran.

"Cari lah kalo enggak tanya sama penjaganya,"

Kemudian dengan sengaja gue membenarkan suara dan gaya bicara gue untuk dibuat semirip mungkin dengan gaya bicaranya Erga. 

"Jangan manja."

Lalu jalan ninggalin Erga yang jengkel. Emang enak.


Sampai di rumah, gue langsung beresin belanjaan di dapur ditemenin Erga yang ngeluarin barang-barang dari plastik dan gue yang nyusun. Sebenernya sih Erga udah nolak karena dia trauma sama dapur dan gamau kejadian-kejadian buruk selama dia di dapur dulu bakal terulang lagi. Iya, dulu Erga pernah hampir bikin oven di rumahnya meledak, rusakin kompor bahkan sampe bikin wastafel rumahnya banjir. Serem ga tuh?

Tapi gue bilang kali ini dia ga akan nyentuh peralatan dapur dan cuma bantuin gue mindahin belanjaan yang akhirnya dia iyakan.

Tapi ternyata emang bener hal-hal yang bersangkut-pautan sama dapur itu bagaikan kutukan buat Erga karena sekarang Erga baru aja mecahin hampir setengah dari selusin telur yang gue beli tadi. Gue natep telor yang sekarang udah berantakan dimana-mana dengan tatapan naas, sedangkan Erga keliatan sedikit panik.

Gue mau marah, tapi gabisa karena gue yang nyuruh Erga buat bantuin gue didapur. Mata gue ngelirik Erga yang masih liatin telor yang udah meleber kemana-mana tanpa berkutik sedikitpun. Seenggaknya ambil lap kek ya ini mah enggak.

Gue ngebanting pelan sayuran yang gue pegang dan jalan ngambil lap. Tangan gue ngedorong Erga pelan buat nyuruh dia minggir.

"Udah Ga kamu mending duduk aja sana." kata gue datar nahan kesel.

him | wonwooTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang