"Sekian pelajaran kita hari ini. Jangan lupa untuk mengerjakan tugas fisika berpasangan ya. Ingat, tugasnya dipresentasikan setelah liburan akhir semester. Selamat pagi semuanya."
"Pagi, pak!"
"Pagi, pak...," jawab gue dengan nada lesu. PR lagi PR lagi. Kapan sih PR ditiadakan? Lama-lama meledak juga nih kepala gue gegara kebanyakan tugas.
Gak cuman gue doang yang ngeluh. Temen-temen gue sekelas yang notabene punya hobi ngeluhin tugas juga ngehembusin napas berat pas denger omongan Pak Guru tadi.
Ya buset aja, besok udah classmeeting bre. Gak ngerti apa murid-murid tuh udah pada puyeng gegara UAS seminggu penuh. Perlu banget gitu nambah tugas lagi biar nanti pas liburan otak tetap terpakai?
Mata gue melirik Bintang yang lagi sibuk sama buku-bukunya. Hhh, beda banget emang ya anak olim sama gue yang kentang ini. Semangat bener si Bintang sampai-sampai nyiapin buku buat pelajaran selanjutnya. Padahal habis ini kan ada jam istirahat.
"Bi," panggil gue yang dibalas deheman Bintang.
"Lo mau gak sama gue ngerjain praktikum fisika?" tanya gue dengan tatapan memohon.
Bintang mengalihkan perhatiannya dari buku. "Tapi gue bisanya dua minggu dari sekarang doang, Shan. Nyokap gue ngajak ke AS soalnya. Gue juga kangen banget sama kampung halaman."
"Widih! Lama juga ya lo gak ketemu nenek lo AS. Udah 3 tahunan kan ya?"
Bintang mengangguk. "Iya. Rencananya kami pengen ngabisin liburan disana. Tapi gara-gara ada tugas jadinya gue bakal mohon ke ortu gue biar dibolehin disini dulu bentar," jawab Bintang. "Lo gapapa emangnya kalo ngerjain praktikumnya ngebut? Drama lo gimana?"
Oh iya, kalau waktunya dua minggu dari sekarang, apa kabar drama musikal gue yang bakal ditampilin kamis ini ya? Mana latihannya diganti jadi tiap pulang sekolah lagi. Ah gapapa deh. Gue bisa bantu ngerjain habis latihan.
"Gapapa kok, Bi. Tapi gue minta maaf ya soalnya baru bisa ngerjain habis gue pulang latihan drama."
"Iya gak masalah kok, Shan. Pulang nanti gue cari bahan-bahannya dulu jadi biar habis lo latihan kita langsung ngerjain di rumah gue. Deal?" tanya Bintang sambil ngasihin kitkat dari saku bajunya.
Gue ambil aja tuh makanan, lumayan gratis hehe. "Deal!"
•••
"Mau makan apa, Shan?" tanya Bintang.
"Iya, pokoknya lo harus makan supaya gak pingsan lagi!" sahut Seth yang tau-tau udah nongol di antara gue sama Bintang. Lengannya terbentang di bahu kita berdua.
"Astaga! Ngagetin terus ih!" omel gue ke Seth yang lagi cengengesan. Gue bales aja dengan roll eyes.
Kita lagi jalan berjejer di koridor yang terhubung dengan kantin. Seth masih aja ngerangkul gue sama Bintang. Dengan tangan yang terlipat di depan dada, gue sesekali ngelirik mereka berdua. Ternyata Bintang lagi asik nyeritain rencana liburannya yang bikin Seth bilang "Wah! Wah!" terus. Gue udah gak tau dah selama kita sahabatan udah ke berapa kalinya dia terkagum sama cerita Bintang tentang Amerika.
Gak sengaja, gue lihat beberapa murid di aula. Kayaknya panitia classmeeting yang lagi ngumpul buat ngatur tempat lomba deh. Tapi kok banyak muka-muka familiar dan properti drama musikal sih? Jangan-jangan latihannya dimajuin lagi?!
"SHANA!" El dadah-dadah ke gue dari depan pintu samping aula. Tangannya mengisyaratkan kalau gue harus datengin dia. Lah bener dong yang gue bilang tadi.
KAMU SEDANG MEMBACA
Dirga ; [LDK] ✔️
أدب الهواة"bang dirga jadi beda kalo sama lo doang, shan." ↪️[non baku ; lokal] ▶️dec 2019 ©rfashua