Merencanakan Stay at Home Ramadhan (Free download printable Ramadhan Planner 2020/1441H)
Vika Budi Riandini
Apr 14
Masyaa Allah, Ramadhan tinggal hitungan beberapa hari lagi. Dan mungkin, bulan suci tahun ini akan berbeda dari sebelumnya. Dulu kita masih bisa tarawih bersama, i’tikaf di masjid, berbagi hidangan buka puasa, tapi bagaimana dengan ramadhan kali ini? Sepertinya ramadhan akan berbeda karena kita masih harus berjibaku melawan wabah covid19 yang tak berkesudahan. Sedih tentunya, tapi memang ini lah yang terbaik yang bisa kita jalani sekarang.
Mungkin Allah ingin kita lebih banyak taubat, fokus pada diri sendiri terlebih dahulu. Maka beberapa hari lalu kuputuskan untuk membuat planner sendiri. Satu planner yang membuatku selalu ingin membukanya untuk merencanakan dan mengevaluasi hari yang akan maupun telah dilalui.
Awalnya aku hanya ingin gunakan planner ini untuk diriku sendiri. Tapi dalam perjalanannya, aku berpikir bagaimana jika ternyata planner ini juga bisa membantu orang lain? Mengapa tidak dibagikan saja bagi mereka yang mungkin juga menyukainya? Maka kuputuskan untuk membagikannya juga kepada kalian.To all of my readers, I hope this planner will benefit you, give a little joy in the middle of this crisis and help you to be a better muslim during the stay at home ramadhan journey.
Planner Guide / Petunjuk Mengisi Planner
Planner ini terdiri dari beberapa bagian.
Evaluasi Ramadhan Tahun Lalu
Yang pertama adalah evaluasi ramadhan tahun lalu. Sejatinya, baik atau tidaknya kualitas ramadhan yang kita lalui itu tergantung pada diri kita sendiri. Walau masjid-masjid nanti kembali buka, walau kita nanti diperbolehkan shalat berjamaah lagi, tapi kalau kita males-malesan gimana? Maka, di situasi dan kondisi apapun, agar ramadhan kita tetap lebih baik kita harus berkomitmen menjadi pribadi yang lebih baik.
Caranya: Evaluasi kesalahan. Kita perlu sedikit membuka luka lama. Ngga perlu lebar-lebar bukanya, karena kita hanya ingin mengintip kesalahan masa lalu tanpa hidup lagi di dalamnya. Cukup tulis 5 kesalahan singkat yang kalian ingat.
Setelah itu, kita buka juga kotak kebaikan di masa lalu yang pernah kita lakukan agar kebaikan-kebaikan itu bisa kita lakukan kembali di ramadhan tahun ini.( Tulis 5 kebaikan
Kekuatan Diri
Setelah kita menengok kesalahan dan kebaikan, saatnya kita melihat kekuatan diri kita sendiri yang bisa mendorong kita istiqamah menjadi lebih baik di ramadhan mendatang. Kadang, saking negatifnya seseorang dalam melihat dirinya, ia tidak mampu mengisi kolom ini. Jika demikian yang kalian alami, silakan tanyakan kepada orang-orang terdekat kalian tentang sifat-sifat baik yang kalian miliki. Isi di sini ya:
KAMU SEDANG MEMBACA
My Note😉 My Learn 😊
SonstigesCatatan Sehari-hari yang menurut author penting dan berharga untuk dijadikan pelajaran dan pengalaman hidup Diambil dari beberapa sumber dan share beberapa link