Park Jisung as Aziel Buana Harist
Shin Yuna as Hadriana Sekar Ayu
—Si bungsu dari keluarga Harist udah legal lebih setahun di usia KTP, tapi masih belum legal buat ukuran usia orang dewasa. Namanya Aziel Buana Harist. Si cowok jangkung berwajah manis yang terkadang tanpa dia sadari tingkahnya masih kekanakan itu punya panggilan kesayangan dari pacarnya yang lebih muda setahun.
Acil, dia dipanggil Acil cuma karena nama depannya susah banget dieja. Seenggaknya nama Acil masih mending daripada orang rumah cuma manggil si bungsu justru dengan dedek doang. Imut banget kan? Maklum, usia Acil dengan dua kakaknya cukup jauh. Sama Ajra, kakaknya yang pertama terpaut 10 tahun. Sama Acha, si tengah dan satu-satunya cewek diantara tiga bersaudara beda 8 tahun.
Emang cocok banget kok Acil dipanggil dedek yang masih suka manja, suka gelendotan di lengan ibu. Masih suka ngadu dan ngerengek kalau digangguin Ajra sama Acha. Masih suka takut ditinggal sendirian sama orang rumah, dan sampai sekarang masih nggak berani ngadepin kecoa apalagi kalau kecoanya terbang. Yakin deh, teriakan Acil bakal bikin satu rumah jadi heboh banget. Padahal musuh cuma sama satu kecoa yang tinggal disemprot pake pestisida yang selalu ibu sediain di belakang pintu tiap kamar anaknya juga udah langsung sakaratul maut.
Beda cerita kalau di depan Yaya, pacar Acil dari kelas 2 SMP sampai dia mau lulus SMA masih tetap awet. Gimana nggak awet kalau jarak rumah mereka aja cuma beda dua blok?
Acil sok-sokan berlagak berani. Katanya biar kelihatan lakik alias gentle gitu. Sekalian niatnya mau bikin Yaya makin kesemsem sama dia.
Iya, itu benar. Sikap gentle Acil kalau dilihat-lihat udah sama kayak oppa-oppa di drama korea yang bikin Yaya jadi tersipu malu. Kayak dua bulan lalu sebelum wabah covid-19 menyapa ibu pertiwi. Acil ngajak Yaya ngedate di hari Sabtu sore. Cuma sekedar nonton film di CGV GI habis itu nurutin bmnya Yaya yang kapan hari pengen makan kari di Coco Ichibanya.
Acil yang niatnya mau jemput Yaya malah ketimpa sial. Apes banget vespa sprint putih kesayangannya dibawa kabur gitu aja sama Ajra alias dipakai tanpa seizin. Di rumah cuma ada HRV milik Acha yang mau dipakai sama si empunya buat hang out bareng teman-temannya. Seandainya motor gede milik Ajra ada di garasi, mungkin Acil bakal bawa motor itu. Nggak ada pilihan selain naik transportasi umum ngedate kali ini.
Acil memutuskan nyamperin Yaya ke rumahnya dengan jalan kaki. Sesampainya di sana, Yaya udah sedari tadi nunggu di teras rumah. Ditemani sama Atuy, kakak laki-laki Yaya dengan kecintaannya pada motor butut sedang mengotak-atik mesin.
Atuy menoleh kemudian mendecak melihat sepasang remaja lagi pelukan. Tepatnya Yaya yang meluk pinggang Acil sambil duduk, sedang Acil berdiri di depannya. Yaya lagi mode manja.
"Jauh-jauh dah lu bocah dua dari gua. Istri gua lagi sakit ini," tunjuk cowok berambut gondrong itu ke motornya. Bilang aja kakak ganteng ini syirik karena status masih sendiri.
"Makanya adek suruh beli motor baru enggak mau. Motor udah butut gitu," sambar Yaya menatap kesal motor kesayangan Atuy.
"Elu mah, kagak tau aje sejarahnya ini motor begimane."
"Ngapain gue harus tau? Penting juga kagak. Lagian, motor butut kayak gitu mana ada cewek cantik yang mau nyamperin. Nenek-nenek iya."
Pengen banget rasanya Atuy acak-acak muka Yaya mumpung tangan lagi kotor karena noda hitam dari bekas oli.
"Gua doain lu cepet putus!"
"Doanya balik ke aa biar jomblo sampe tua!" Yaya menjulurkan lidahnya. Sementara Atuy membalas dengan mengangkat jari tengah buat Yaya. Acil yang berada di tengah-tengah mereka cuma bisa geleng-geleng kepala.
"Oh iya!" Yaya mengalihkan atensinya ke Acil. Mendongakkan kepala menatapnya. "Si putih kok nggak kak Acil bawa?" tanya Yaya keheranan melihat Acil jalan kaki menjemputnya.
"Biasa. Dipake bang Ajra."
"Pantes," Yana mengangguk. Udah paham banget sama kelakuan kakak Acil yang nggak modal. Padahal punya kendaraan sendiri tapi malah sering dipinjami. "Terus kita naik apa? Kereta apa MRT?"
"Mana yang deket sih emang?"
Selama ini Acil jarang banget naik transportasi umum. Kemana-mana selalu sama si Putih kesayangannya. Dia juga nggak pernah hapal rute stasiun KRL maupun MRT tiap kali Yaya kangen kepengen pergi naik dua akomodasi tersebut. Apalagi Transjakarta, sebegitu banyak koridornya. Kalau Acil disuruh pergi sendiri, yakin deh dia kayak anak ayam yang kehilangan induknya.
"Dua-duanya deket. Kalau entar naik kereta turunnya di Tanah Abang, terus tinggal naik Grabcar aja. Kalau MRT turun di Bundaran HI. Entar tinggal jalan kaki."
"Oh, gitu. Kamu maunya naik apa?"
"MRT aja kali ya? Kereta pasti penuh banget tuh sama ibu-ibu yang mau belanja di Tanah Abang."
"Aku ngikut aja."
"Yaudah, ayok."
Yaya segera mengajak Acil ke stasiun MRT Lebak Bulus. Jarak dari rumah ke stasiun bisa ditempuh dalam 15-20 menit. Menuju ke sana berdrama dulu Yaya sama Atuy. Mumpung mobil bapak ada di rumah, Yaya minta anterin biar hemat ongkos tapi Atuy tolak mentah-mentah karena masih ngurus motor butut kesayangannya. Mana kakak-adik ini sempat berantem bikin Acil pusing dengar perdebatan yang nggak ada ujungnya.
Dan pada akhirnya dua sejoli ini naik Grabcar sampai ke Lebak Bulus. Dipotong dari saldo Acil yang untungnya masih ada.
Sampai di stasiun, Yaya nggak nyangka yang mau naik MRT cukup ramai dari biasanya. Pas kereta berhenti, semua pada rebutan masuk biar bisa dapat tempat duduk. Udah sama kayak naik kereta di pagi hari. Bertarung sesama anak sekolahan dan orang-orang yang akan berangkat kerja.
Acil dan Yaya masuk terakhir. Berdiri sebelahan di dekat pintu. Acil menengok ke belakang. Cowok semua di sekitar mereka. Ia langsung inisiatif menarik tubuh Yaya sehingga berdiri memunggungi di hadapannya. Kemudian menaruh kedua tangannya di pundak Yaya dan merapatkan tubuhnya.
Sedang Yaya udah senyum mesem-mesem. Kesenengan banget doi.
Orang-orang yang melihat pasti pada mikir kalau Acil cuma nyari kesempatan atau nunjukin romantisme di khalayak umum. Tapi sebenarnya tindakan yang dia lakukan demi melindungi Yaya dari aksi pelecehan yang nggak Acil harapin sama sekali.
Acil aja nggak berani megang-megang. Nyium Yaya di bibir walau cuma sekali udah panas dingin. Kenapa cowok hidung belang malah berani dan kurang ajar?
Aziel Buana Harist. Tampangnya doang yang masih kelihatan bocah. Kalau urusan melindungi, cowok-cowok yang ngakunya petangguh sejati mah lewat.
END
KAMU SEDANG MEMBACA
You and Me; GOTVELVET X DREAMITZY
FanfictionOne shoot grup dua lusin dengan kearifan lokal