"Yah, jangan lupa besok ulang tahun Jisung," celetuk Jisung tapi matanya masih sibuk liatin TV.
"Iya inget. Besok pagi ke Dufan kan buat ngerayain ulang tahun Jisung? Bawel banget sih anak Ayah dari seminggu lalu ngomong terus," Jae gemes sampe unyel-unyel Jisung yang cuma bisa pasrah aja digituin.
"Jisung bukan bawel, Ayah. Cuma mau ngingetin Ayahnya yang suka pelupa," sahut Wendy nyindir sambil ngupas buah apel yang dari tadi dimakan Jae sama Jisung. Yang ngupasin mah boro-boro makan.
"Iya iya. Kali ini nggak akan lupa dong,"
"Pokoknya Jisung nggak mau tau besok harus jadi ke Dufan. BER-TI-GA!" Jisung menekankan kata bertiga.
Udah dari lama dia pengen liburan bareng sama Ayah-Bunda nya yang kalau di hari biasa suka pada sibuk.
Makanya Jisung mau memanfaatkan hari kelahirannya buat jalan-jalan sama keluarganya. Mumpung pas hari Minggu juga jadi baik Jae maupun Wendy bener-bener bebas dari pekerjaan.
"Iya iya," sahut Jae gemes.
"Janji?"
"Janji sayang."
Iya, janji. Tapi pas besoknya,
"Bunda, Jisung. Maaf banget Ayah kayanya nggak bisa ikut ke Dufan," kata Jae panik. Bolak balik ngecek ponselnya.
Udah nggak usah ditanya gimana Wendy sama Jisung.
Langsung kecewa.
Apalagi Jisung yang langsung nggak terima. Mood bagus yang dia bangun sejak pagi langsung hancur seketika pas si Ayah ngebatalin janjinya.
"Ayah kok gitu sih! Ayah kan udah janji!" seru Jisung nggak terima.
Jae nunduk nyamain tingginya sama Jisung. "Maafin Ayah ya. Ayah beneran nggak bisa nemenin Jisung hari ini," kata Jae menyesal.
"Emang Ayah mau kemana sih?" tanya Wendy akhirnya buka suara.
Mau nyalahin Jae tapi kan Wendy masih belum tau alasannya. Takutnya memang ada hal mendadak yang nggak bisa Jae tinggalkan. Kalau kaya gitu Wendy bisa memaklumi dan kasih pengertian ke Jisung.
"Ayah harus ke rumah sakit. Jamie kecelakaan. Motor yang dipake dia kegelincir. Ck, tuh anak lagian ngapain sih pake motor pas jalanan licin gini!" dumel Jae keliatan banget khawatir.
Denger alasan Jae, Wendy mendengus. Kesel. Ini alasan yang nggak bisa diterima Wendy.
"Tapi Yah, keluarga Jamie kan ada. Mereka pasti yang bakal ngurusin dia," jawab Wendy udah pengen marah-marah tapi di tahan. Ada Jisung yang denger soalnya.
"Nggak bisa. Keluarga Jamie kan nggak ada disini, Bun. Dia sendiri disini."
"Temen-temennya kan bisa, atau anak enam ha -"
"Nggak bisa, Bunda! Ayah yang harus kesana. Jamie butuh Ayah sekarang!" kata Jae ninggiin suaranya. Efek panik jadi secara nggak sadar malah kedengeran ngebentak Wendy.
Wendy kaget tapi masih berusaha buat ngendaliin emosi dan mimik wajah dia. "Tapi Jisung juga butuh Ayah," lirih Wendy natap Jae sendu.
"Ayah minta maaf. Kali ini Bunda yang nemenin Jisung ya? Ayah harus cepet ke rumah sakit," jawab Jae sambil ngusap pipi Wendy. Nggak tega tapi kali ini Jae lebih memprioritaskan Jamie.
Setelah meluk Jisung sambil ngucapin kata maaf ke anaknya entah keberapa kalinya, Jae beneran pergi tanpa ragu. Ninggalin Jisung yang marah sama Ayahnya dan Wendy yang bener-bener kecewa sama Jae.
🌸🌸🌸
Udah jam 10 malem dan Jae masih belum pulang. Wendy juga masih duduk di ruang tengah nungguin suaminya.
Beneran ini hari terburuk yang pernah ada. Padahal ini hari ulang tahun Jisung. Wendy tuh cuma berharap di hari kelahiran anaknya, Jisung bisa seneng. Tapi ini mah boro-boro seneng.
Selama di Dufan aja Jisung cuma cemberut, nggak mau nyobain wahana permainan dan mereka berdua cuma muter-muter Dufan doang.
Dan akhirnya mereka berdua bertahan di Dufan cuma 1 jam sampe akhirnya milih buat pulang. Jisung betulan bad mood segimanapun Wendy ngehibur dia.
"Bunda?"
Wendy natap muka capek Jae yang baru dateng. Nggak ngomong apa-apa sampe Jae duduk di sebelahnya.
"Jisung udah tidur?" Tanya Jae.
"Udah." Jawab Wendy singkat.
Jawaban singkat Wendy itu bikin Jae menghela napas. Udah tau istrinya lagi marah banget dan Jae juga tau penyebabnya. "Maaf."
"Kata maaf dari Ayah nggak bisa ngembaliin semuanya. Ayah tau gimana kecewa dan sedihnya Jisung hari ini? Dia udah berharap banyak sama Ayah, sama Bunda juga, buat nemenin dia ke Dufan di hari ulang tahunnya. Ayah udah janji sama Jisung sebelumnya, tapi dengan gampangnya malah Ayah ingkarin," sahut Wendy tajam. Kesel banget sama Jae hari ini.
"Jamie butuh Ayah, Bunda. Ayah harus nolongin dia." Jawab Jae.
Wendy berdecak. Rasanya muak banget denger nama Jamie yang keluar dari mulut Jae.
"Ayah bukan cuma satu-satunya orang yang bisa nolongin Jamie. Hari ini Ayah nunjukkin satu hal ke Bunda. Tau apa?" Wendy senyum. Senyum sinis sebelum akhirnya ngelanjutin kata-katanya. "Ayah lebih milih Jamie dibanding Jisung, anak Ayah sendiri. Anak kita."
"Bukan kaya gitu. Harus berapa kali sih Ayah bilang kalau Ayah cuma mau nolongin Jamie?!" jawab Jae udah bingung mau jelasin kaya gimana lagi ke Wendy, udah mulai emosi denger Wendy bilang kaya gitu.
"Ck, percuma Bunda ngomong sampe berbusa juga. Ayah masih nggak ngerti dimana letak kesalahannya. Udahlah, Bunda udah capek!"
Setelahnya Wendy langsung pergi. Udah beneran capek ngadepin Jae. Pun nggak mau ngomong lebih jauh lagi karena bisa-bisa emosinya nggak akan ke kontrol dan mereka malah berantem.
Lagipula masih ada Jisung yang udah tidur dan Wendy nggak mau Jisung sampe kebangun dan denger apa yang lagi dibicarain kedua orang tuanya.
"Ck!"
Dan Jae? Cuma ngacak rambutnya frustasi.
🌸🌸🌸
02 Juni 2020
KAMU SEDANG MEMBACA
10 Years Later ✔️
FanfictionPark Jaehyung, gitaris Enam Hari udah menetapkan Son Wendy sebagai musuh terbesarnya. Yang ada di kamus Jae buat Wendy itu cuma kata HATE! HATE! HATE! Tapi gimana jadinya kalau begitu Jae membuka mata, Jae berada di tahun 2030 dengan Son Wendy seb...