9. Traktir

3.2K 548 19
                                    

Keliatan sih kalau Jerry ini anaknya suka keluyuran di luar, habisnya lihai banget nyalip berbagai macam alat transportasi dari becak, motor, taksi kuning, sampai truk. Untungnya ini anak punya tata karma, kalau pas lewatin orang tua dia suka izin dulu walau agak ngegas.

"Pak duluan!"

Ngueeeng!

Nah kayak gitu.

Trus pas ngelewatin orang minta sumbangan buat renovasi tempat ibadah dia melanin motor gedenya trus nengadahin tangannya ke Nana yang ada di boncengannya.

"Na, pinjem duit lima ribu. Gue paling kecil ada lima puluh ribuan aja. Nyumbang gede kalau gak ikhlas gada pahala juga."

Dan dikeluarinlah duit 10 ribuan sama cewek yang natap Jerry malas itu. Ini Nana jadi gak yakin deh kalau Jerry bakal nraktir Nana beneran.

"Terimakasih, semoga dilapangkan rejeki disehatkan badan dan diampuni dosa-dosanya."

Iya, kalau habis nyumbang gitu seneng deh kalau di do'ain. "Sayangnya gak di do'ain biar lurus ya, Jer."

"Diem Nana ogeb."

"Hehe, eh betewe jalan apaan sih ini?"

Mereka lagi kayak di komplek apaan deh Nana gak paham, habisnya dia suka lupa sama jalan, dan jalan ini dia gak pernah lewatin.

"Jalan tembus biar cepet. Nih depan lagi belok kiri udah sampe."

Dan benar aja mereka sampai. Untungnya masih ada space yang kosong. Habis mereka pesen Nana menghela napasnya lega. Jerry beneran neraktir lurr, untung aja.

"Yang deket kipas Jer, panas banget."

Nana mengipas-ngipaskan wajahnya pakai jaket yang udah dia lepas, tenang, dalemnya masih ada kaos kok. Panas banget memang cuacanya, tapi untung lama-kelamaan Nana ngerasain ada angin juga, habisnya ruang makannya bukan di ruang tertutup sepenuhnya. Tapi kayak pendopo gitu lah.

"Lesehan atau di kursi aja?"

Nana ngeliat Jerry menyeka keringatnya dengan wajah memerah. Rupanya respon Jerry sama cuaca panas lebih parah.

"Lesehan deh, tapi yang jauhan sama tv ya, banyak orang di sana, berisik."

"Ih kayak mau mojok aja."

Nana mendorong kepala Jerry, "Mojok ndasmu! Nana mau ngeghibah!"

Iya, ngeghibahin orang yang Nana ajak ngeghibah.

"Kalau mau ngeghibah dengan objek ghibahan lo itu gue sendiri, gue tolak."

Nana nyengir. Kalau mau ngebicarain tentang Jerry memang gak aman sih bicarain di luar begini. Nanti kalau ada yang ngerekam, bisa dikemanain muka Jerry. Masa ya tiba-tiba pas makan Nana nanya gini. "Jer, lo pas nikah nanti sama cowok dong? Harus di luar negeri dulu tuh nikahnya baru boleh."

Auto heboh.

Pas mereka duduk saling bersebrangan, Nana langsung nelungkupin kepalanya ke meja sambil meluk jaketnya. Enak, adem dari kipas angin sama angin yang makin deres karena ada pohon bikin Nana ngantuk.

Di seberangnya, Jerry menyandarkan badan tegapnya ke dinding sambil liatin grup whatsapp buat para anggota yang ikut lomba E-Sport. Ada banyak chat masuk, pas diliat banyak becandaannya aja, banyaknya tentang obrolan khususan para wibu yang Jerry sedikit banyak paham. Walau bukan wibu garis keras kayak Felix, tapi so pasti dia pernah nonton anime.

Jerry yakin kalau banyak cewek yang ikut E-Sport, si Felix bakal banyak berulah, semacam tebar pesona gitu lah. Kalau Jerry sih walaupun terbilang ramah, tapi kalau ada cewek yang mulai modus, dia gak memberi harapan lebih. Takut minta dinikahin, kan berabe nanti.

"Ini kwetiaw kuah samma teh es nya kak."

"Makasih bang," Ucap Jerry.

Nana otomatis ngangkat kepalanya dong. Aroma kwetiaw kuahnya mantap gila. Ada topping telur, irisan ayam dan lain-lain juga bikin Nana gak ngantuk lagi. Tapi panas, biasanya kalau makan yang panas-panas apalagi berkuah, dia makannya lama.

"Masih lama gak baru jam 2?"

Jerry liatin jam di hp-nya, "20 menitan lagi."

"Ih bentar lagi dong." Nana sekarang lagi ngaduk-ngaduk makanan di depannya biar gak panas lagi.

"Kan gak papa kalau telat 15 menit. Gue kan bisa ngebut juga pake motornya"

Nana cemberut, "Nana kalau makan ginian 40 menitan sama minum."

"Itu makan apa mau jawab soal ujian sih?"

"Tau ah."

Nana melihat ke arah mangkok Jerry yang warnanya kelewat merah. Uh, sambelnya gila.

"Pedes gak?"

"Standar aja."

Nana punya selera aneh sama sambel, kalau warnanyaagak oranye gitu dia gak suka, tapi kalau merah agak gelap dia suka. Kayak menggiurkan aja dari warnanya. Tapi kalau makan makanan panas plus pedes Nana bisa makin lambat dong makannya. Eh tapi biarin.

Jerry menghabiskan makannya, matanya melirik seberang ke arah Nana yang masih berjuang menghabiskan setengah mangkok sisanya. Jerry yakin sih kalau anak psikologi ini bakal ketinggalan satu mata kuliahnya hari ini.

"Jerry ngapain?"

"Maen game." Jerry ngejawab tanpa melihat lawan bicara.

"Game apa."

"Lupa namanya, pokoknya yang ngurusin kebon."

Nana mengerutkan alisnya, "Itu game apa film dokumenter ua Nana di kampong ya. Sama-sama ngurus kebon."

"Aduh Na, cepet abisin makan lo. Lamban amat kayak keong."

Nana selesai makan jam 14:08, dan artinya tersisa 7 menit lagi buat dia masuk kelas. Cewek itu udah ketar ketir, bingung mau masuk kelas atau bolos aja yang artinya bakalan jadi bolos terakhir buat dia di matkul ini. Habisnya dia pernah absen tiga kali sebelumnya.

"Cek dulu grup wa di hp lo, sapa tau kan libur."

Nana menyalakan hp-nya saat mereka berjalan ke parkiran, harap-harap cemas si Nana. Biasanya kalau dia berharap malah kecewa sendiri.

"Eh seriusan gak masuuuuk~ bapaknya mau ganti jam ke hari lain dong Jer~"

Jerry memutar matanya malas saat Nana menampilkan wajah akan menangis.

"Trus sekarang lo mau balik atau ke kampus aja?"

Nana berpikir sebentar, "Ke toko kak Mark aja deh."

"Oke."

"Tapi—beliin Nana es campur dulu sama jus semangka buat kak Mark. Eh, tapi kayaknya ada kak Lucas deh jadi es campurnya dua aja."

Jerry tersenyum, kayaknya ikhlas banget diporotin, "Bang Ujin gak sekalian aja, Na?"

"Gak usah, kan dia sibuk."

Senyum Jerry makin lebar, lalu sebelah telapak tangan lebarnya meraup wajah Nana kemudian ia melangkah ke dalam lagi buat mesanin pesanan Nana tadi.

Gak adil banget memang, sebiji pentol dibalas dengan kwetiaw kuah, es teh, 2 es campur sama jus semangka.

***

Rim bilangnya mau hiatus, tapi ternyata tidak. Nyatanya Rim nge-postnya sesuai mood :)

Kalau ada typo maklumi ya, belum sempet ninjau ulang hehe

Ganteng Tapi Belok | Nomin GS ✓Where stories live. Discover now