7. Kasihan

3.8K 545 22
                                    

Tempo hari rasanya Nana mendengar dari Felix kalau UKM olahraga di kampusnya bakal mengadakan lomba. Nah, entah bagaimana ceritanya, para panitia lomba mau rapat di rumahnya. Iya, rumah Nana sama Mark.

Mark memang sih pernah ikut UKM olahraga, tapi cuma aktif sampai semester 4. Tapi karena itu juga sih Mark jadi banyak kenalan di sana.

"Tau sendiri lah, Na. Kan sohib sehati sejiwa kakak alias Lucas itu senioran di sana. Rumah yang lain pada gak bisa soalnya susah, takut ganggu karna ada orang tuanya. Trus di kampus lagi susah nyari ruang kosong karna banyak di pakai organisasi lain, sekre kesempitan, trus kalau ruang terbuka takut ujan, truss.."

Nana membolakan matanya, "ih, alesan aja mah kak Mark. Bilang aja mau bakar-bakar di belakang rumah kan?"

Jadi, di belakang rumah mereka memang bisa buat bakar-bakar gitu lah. Biasanya di pakai kalau ada acara keluarga kalau mama papa mereka udah balik ke Indonesia. Gak perlu takut kehujanan juga pas bakar-bakarnya, soalnya ada atapnya.

Mungkin di rumah yang lain juga bisa lah ya kalau masalah bakar-bakaran doang. Cuma kalau di rumah Mark agak bisa lebih ribut dan gak papa kalau sampe malam, soalnya rumahnya gak terlalu mepet sama orang dan komplek mereka banyak orang sibuknya alias jarang pulang. Jadi gak bakal ngeganggu tetangga.

"Kok tau?"

Mark menatap Nana yang lagi buka-buka YouTube buat dengerin lagu mbak LiSa. Bukan Lisa Blackpink, tapi Lisa yang penyanyi Jepang.

"Iyalah, Chandra ngasih tau Nana. Kan Chandra juga diajakin kak Lucas. Habis rapat katanya ada barbeque-an."

Nana cemberut melihat Mark yang cengar-cengir sambil rebahan di kasurnya. "Boleh kan, Na?"

Apa boleh buat, sih. Kan Nana sayang sama kakak satu-satunya ini. Mana kan Mark juga bukan kakak yang sering bikin gara-gara sama dia.

"Iya, gak papa. Tapi Nana mau ke rumah Chandra aja ya nanti sama Koko. Siapa tau mamanya Chandra mau masak-masak apa gitu." Sekarang giliran Nana yang cengengesan. Kalau ke rumah Chandra, di jamin deh gak kelaparan.

***

"Tante mau bikin sup?"

Tante Ayu, alias mamanya Chandra tersenyum lihat Nana yang lagi bersihin wortel di wastafel. Sedangkan di sampingnya ada Koko yang bersihin telur pelan-pelan, takut cangkangnya pecah.

"Bukan. Tante mau bikin carrot cake."

Dua anak gadis di sana mengernyit, "emang enak?"

"Iya dong. Mana pernah tante bikin yang gak enak."

Nana ngangguk-ngangguk. Bener juga.

"Aku pernah liat sih di youtube orang makan kue wortel. Trus katanya enak," ucap Koko.

"Tumben nontonin youtube. Biasanya juga drakor terus kalau gak ya baca novel."

Koko beralih ke meja di mana tante Ayu sudah mempersiapkan bahan-bahan. "Akhir-akhir ini aku ketularan Nana, doyan makan. Jadi nontonnya juga yang kontennya makan-makan."

Mereka nunggu kuenya jadi sambil duduk-duduk di ruang tv rumah Echan dan nyemilin keripik. Tante Ayu semangat banget liatin tv yang lagi nayangin sinetron yang Koko ataupun Nana gak pernah tonton.

Drama banget sih dari judulnya. Pas pertama tayang tadi rasanya ditampilin judulnya. Kalau gak salah 'Aku Si Wanita Penghasil Anak'

Dan habis liat judulnya tadi, Nana dan Koko bertukar pandang sambil membulatkan matanya masing-masing.

"Om Edrick mana tante?"

Tante Ayu natap nana yang liat tv sambil gigitin sedotan pop ice yang sempat dia beli di warung milik tetangga sebelah sehabis bantu-bantu ngolesin mentega di loyang.

"Biasa, lah. Lagi touring sama komunitas motor gede, kadang-kadang tante ngerasa gak punya suami" ucap Tante Ayu sambil dan menghela napasnya pelan ngebuat Koko ketawa kecil karena ibu satu anak itu mengucapkannya dengan nada mendramatisir. Efek nonton sinetron mah gini.

Sedangkan Nana bersyukur dalam hati, mendingan punya suami yang ikut komunitas motor gede sih, ketimbang komunitas gay kayak Jerry. 

Untungnya Jerry belum ada istri.

***

"Yah Nana datangnya telat. Kita udahan dong mabarnya," ucap Felix begitu melihat Nana masuk rumah sambil jalan dengan mata mengantuk.

"Ih, siapa juga mau mabar, ngantuk nih mau bobo. Eh tapi masih begah."

"Hooh enak ya Na makan teross kalau di rumah gue mah."

"Iyalah!"

Nana melewati Chandra, Felix, Mark, Lucas dan Jerry. Udah jam 11 padahal tapi empat orang tamunya belum balik juga, Nana aja pulangnya di anter sama Koko, ya soalnya berangkat pun nebeng Koko walau jarak rumah Nana sama Chandra hanya perlu 1 menit jalan kaki alias dekat sekali.

"Katanya begah, malah makan lagi."

"Dagingnya doang juga, gapake nasi."

Nana yang keluar dari dapur langsung ikut bergabung sama cowok-cowok tadi. Gak jadi ngantuk dia, trus perutnya rasanya masih muat buat nampung daging sama sosis yang udah disisain Mark dkk buat Nana.

"Di antara kalian cuma gue deh yang belum bisa ngasilin duit," ucap Felix. Beberapa saat setelah main game tadi mereka memang mutusin buat bincang-bincang yang agak faedah. Termasuk kayak saat ini. Nana hanya nyimak sambil sesekali ikut nyeletuk. Daging sama sosis panggangnya lebih berharga.

"Ya emang lo mau ngapain?"

"Mau rebahan aja sambil nge-wibu." Felix menanggapi pertanyaan Jerry sambil ketawa nyebelin.

"Tapi ya tapi ya tapi ya, gue gak sadar dah kalau subscribernya Chandra udah mau 500K aja. Udah dari lama ada centangnya pula!" Lucas bikin matanya yang sudah besar itu makin besar, mana ngomongnya heboh betul.

"Kan gue rutin upload video-nya sejak 2 tahun yang lalu bang. Paling minimal ya sebulan sekali. Kalau bisa sih seminggu sekali paling stabil tuh."

"Widih, pantes ya lo makin ganteng. Udah ada duitnya." Kini Mark yang bicara. Habisnya waktu kecil, Chandra paling suka main bola pas lagi panas-panasnya di lapangan.

"Gue mah ganteng dari sananya," ucap Lucas. Nana memutar matanya, sudah sering liat kakak tingkatnya itu memuji diri sendiri.

"Jangan pede dulu bro, samping lo ada model, noh."

Mereka semua natap Jerry, hampir lupa mereka. Padahal biasanya setiap Jerry pemotretan, fotonya udah langsung kesebar aja ke akun ig Univ dan like sama komennya jebol banget. Kebanyakan dari mereka khususnya cewek ngerasa bangga aja, kapan lagi se-Univ sama cowok ganteng, hot, trus ramah begitu.

"Model majalah doang, kok, bang," respon Jerry.

Felix ngeledek , "Halah, lo aja sok jual mahal, padahal udah banyak tawaran buat jadi model profesional, trus banyak deh yang lainnya. Habisnya kan Jerry udah dari kecil ngadepin kamera terus."

"Widih mantap jiwa, Jer!"

Jerry senyum aja, "Susah kalau udah banyak orang yang kenal."

Nana menatap Jerry yang sekilas juga menatapnya, kemudian cewek itu mengangguk-angguk kecil dan memakan potongan besar daging terakir di piring.

Iya, kalau banyak yang kenal, makin banyak yang mau tahu kita termasuk ke hal yang privasi, dan Nana tahu betul kalau ada satu hal yang akan bahaya kalau orang lain tahu dari cowo itu.

Duh, Nana jadi kasihan sama Jerry.

***

Next bakal banyak moment Nomin, soalnya di sini kurang beud dah.

Ganteng Tapi Belok | Nomin GS ✓Where stories live. Discover now