Pemateri rachmahwahyu
Rabu, 1 Juli 2020
Personal branding adalah sebuah proses untuk menjadikan diri kalian menjadi label dari suatu produk. Jadi membuat orang tertarik pada kita terlebih dahulu sebelum membuat orang itu tertarik untuk membeli apa yang kita jual. Personal branding sangat penting di era revolusi industri 4.0 ini. Para eksekutif global mengaitkan 45% reputasi perusahaan mereka dengan reputasi CEO dari perusahaan mereka. Reputasi CEO diyakini sebesar 77% memainkan peranan penting dalam menarik karyawan baru untuk berkontribusi ke perusahaan mereka, dan juga diyakini sebesar 70% memengaruhi motivasi karyawan untuk tetap loyal pada perusahaan. Sebut saja Steve Jobs, Mark Zuckerberg, Bill Gates, dan lain-lain. Jadi si CEO ini berkaitan erat dengan kesuksesan brand perusahaannya.
Penulis juga sangat memerlukan personal branding. Kasarannya begini, jika seorang penulis seperti Tereliye menerbitkan bukunya, kita bahkan tidak perlu tahu itu buku seperti apa isinya, tapi kita yakin bahwa buku itu pasti bagus dan kita pasti ingin membeli, meminjam atau membacanya.
Bagaimana caranya agar menjadi penulis yang seperti itu?
Di era milenial ini, orang-orang yang viral akan memperoleh banyak keuntungan. Menurutku, promosi yang paling baik adalah dari mulut ke mulut. Jika kita punya 5 orang saja yang suka dengan cerita kita, mereka masing-masing akan membawa lima orang lagi sehingga pembaca kita menjadi 31 orang. Jika 31 orang ini masing-masing membawa 5 orang lagi maka akan menjadi 186. Itulah yang menyebabkan bisnis MLM tidak pernah mati. Jika kita punya banyak followers, kita tidak perlu susah-susah promosi naskah agar banyak dibaca. Merekalah yang akan bekerja. Lalu bagaimana caranya supaya kita punya banyak followers? Dalam teori kepemimpian, seseorang yang menjadi pemimpin pasti memiliki potensi yang membuat orang-orang tertarik pada ide dan pemikirannya. Power adalah potensi tersebut.
Tujuh Jenis Power (Kekuatan)
1. Coersive Power
Coersive power adalah kekuatan yang bersifat paksaan. Misalnya, kamu dipalak sama preman, karena kamu takut untuk melindungi nyawamu kamu pasti akan menyerahkan harta dan bendamu.
2. Legitimate power
Legitimate power adalah kekuatan yang diperoleh karena memiliki legitimasi. Di dunia wattpad mungkin bisa kita contohkan ambassador wattpad. Seseorang yang menjadi ambassador wattpad tentu akan lebih disegani. Beberapa orang akan tertarik untuk mengikutinya. Namun power seperti ini hanya bersifat sementara. Setelah orang itu tidak lagi memiliki legitimasi, maka bisa jadi orang-orang akan meninggalkannya.
3. Reward Power
Reward power adalah kekuatan yang diperoleh dengan memberikan hadiah kepada orang-orang supaya mereka tertarik mengikutinya. Di wattpad hal ini juga bisa terjadi. Kamu juga bisa mendapatkan followers dengan cara ini. Caranya adalah dengan mengadakan give away. Hadiah pulsa 20.000 saja sudah cukup menarik. Kamu bisa memberikan syarat pada mereka untuk memberikan komen dan votes pada naskahmu.
4. Informational power
Kenapa Lambe Turah punya banyak followers? Karena akun itu memiliki sumber informasi yang akurat. Kalau ada berita apapun, dia pasti tahu duluan. Jika kamu ingin memiliki kekuatan ini, buatlah sebuah work yang memberikan banyak informasi kepada para warga wattpad.
5. Reference power
Berteman dengan pedagang parfum akan ketularan wanginya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Seminar Kepenulisan bersama 300 Days Challenge
Non-FictionBerbagi ilmu pengetahuan tentang kepenulisan dan dunianya.