Happy Reading ❤
***
Kening Galah mengernyit tatkala mendapati sahabatnya tengah duduk di sofa ruang tamu sembari tangannya membawa kaca. Tak lupa juga dengan Andra yang terus-terusan tersenyum memegangi keningnya yang dibalut plaster. "Sehat lo, Dra?" tanyanya.
Masih dengan senyum manisnya Andra beralih menatap Galah. "Eh, elo, Gal. Abis sholat tahajud ya?"
Memang, Galah adalah seorang yang taat agama. Ia tidak pernah lupa menjalankan perintah agamanya baik yang wajib maupun sunnah. Sholat tahajud misalnya. Andra sering kali memergoki Galah bangun malam-malam untuk melaksanakan sholat tahajud.
"Lo nggak lihat? Gue baru aja dari kamar mandi wudlu, Dra. Yakali gue sholat nggak punya wudlu," ujar Galah sambil berjalan duduk di samping Andra.
"Eh, katanya mau sholat, kenapa jadi ikutan duduk?" tanya Andra.
"Bentar napasih. Biar air wudlunya meresap dulu, baru gue sholat. Kata pak ustadz kalo habis wudlu itu alangkah baiknya tidak dihanduki. Jadi gue tunggu sampe kulit gue kering dulu baru sholat."
Andra mengangguk mendengar penjelasan Galah. Hampir setahun tinggal dengan cowok itu membuatnya sedikit-sedikit mengerti tentang Islam lantaran Galah sering sekali bercerita mengenai agamanya.
Andra menyikut lengan Galah. "Eh, kat, tongkat! Gue mau tanya.”
Tongkat adalah panggilan dari Andra untuk Galah. Selain namanya yang memiliki maksud tongkat, badan Galah juga tidak ada bedanya dengan tongkat. Kurus tapi tinggi.
“Apa?”
“Emangnya sholat tahajud itu wajib ya kok lo nggak pernah ninggalin tuh sholat?"
"Enggak, Dra. Tahajud tuh sunnah."
"Terus kalo sunnah kenapa tiap hari lo lakuin? Bukannya lo pernah bilang ya kalo sunnah tuh nggak papa nggak dilakuin? Napa jadi lo lakuin tiap hari?"
Galah menghela napas. "Pahala sholat tahajud itu nggak main-main, Dra. Dalam Al-Qur'an juga sudah di sebutkan anjuran untuk sholat tahajud di surat Al-Isra' ayat 79 yang berbunyi;
وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا
Dan pada sebagian malam hari bertahajud lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.
Jadi itu alasan kenapa gue selalu pengen ngerjain sholat tahajud, Dra."
Lagi-lagi Andra mengangguk-angguk mendengengar penjelasan Galah. "Oh, gitu, kat."
KAMU SEDANG MEMBACA
Cahaya Untuk Alandra
Novela JuvenilKata orang, ketaatan suatu hamba akan terlihat ketika dia diuji antara harus memilih Sang Pencipta atau ciptaan-Nya. Aku tidak pernah mengelabuhkan cinta, karena aku tahu, cinta adalah luka. Lalu sebuah cahaya datang. Dia membawa sinar terang bender...