"Nadine sini om gendong," Doni senyum gemes liat Nadine nyengir nunjukkin gigi susunya. "Nadine mam apa?"
"Mam ati." Jae muncul dari balik punggung Doni.
Ale beberapa kali benerin ransel besar yang dibawanya sambil sambat tiap detik, "masih jauh?"
Sungjin menelaah rute melalui lembaran yang dikasih Ryujin. Brian melongok ikutan ngeliat sesekali ngelirik Sky yang sedang tertidur pulas dalam gendongannya.
"Ck," Sungjin mendecak kesal "gue kagak yakin Ryujin ngasih rute yang bener," jadi nyalahin ponakannya yang sekarang lagi keselek nggak abis-abis daritadi diomongin.
"Maklum juga sih soalnya nih pantai jarang didatangin orang, jadi mobil kagak bisa masuk." Brian merenung teringat mobilnya harus dititipkan ke salah satu rumah warga.
"Ini siapa sih yang nyuruh bawa barang banyak,"
"Bini gue, ngape lu?" sahut Jae. Ale langsung kicep males nyaut. Capek.
"Eh btw Bob lu lagi deket sama adeknya Ayu?"
Sungjin ngangguk doang seraya ngecek sinyal yang ikutan kosong kayak hatinya.
"Wiiih, bau bau zuppa soup gratis" seru Doni diikuti kekehan Ale.
"Deket doang yakali-"
"Yaiyalah saingannya brondong, susah bos" Sungjin masih mangap, Brian udah kebiasaan main serobot. Jae ngakak sambil buka kotak jus Nadine yang sebelumnya sempat ia seruput, dikit.
Ale menepuk-nepuk pundak Sungjin, "Gapapa bang, yang lebih matang lebih menggoda."
"Tapi yang masih asem juga enak kalo dibikin rujak," sahut Doni. Ale senyum segaris geregetan.
"Perumpamaannya jangan buah dong, pake nasi aja. Masa lu mau makan nasi setengah mateng ha,"
Brian terdiam. "Etapi kalo brondong kan staminanya lebih full,"
"Pantesan tiap malem nginep, hm. Lama-lama nih Nadine punya temen baru," Jae mendengus tak terima. Project bareng bininya keduluan anak kemaren sore.
Sungjin nyimak doang, salahnya sendiri juga sih tadi diiyain. Padahal ketemu Aya aja cuma dua kali, itupun ada sangkut pautnya sama Ayu.
"Bang, denger suara sesuatu nggak?" tanya Doni noel pundak Sungjin,
Spontan mereka terdiam hening.
"Wih udah deket nih kayaknya," seru Ale yang pertama ngeh denger suara deburan ombak.
Jae nyusul dengan lari-lari kecilnya. Nggak kecil sih, soalnya kaki aja kayak tiang listrik.
"Buruan gue dah cap- eh loh udah bangun? jalan sendiri atau gendong ayah?"
Sky kedip-kedip nyesuain cahaya yang masuk ke matanya, "gendong…"
Brian senyum memaklumi padahal pundak berasa mau copot, gapapa. Nyenengin anak. "Yaudah pegangan ya, ayah mo lari wusss"
Sky terkekeh geli berasa balapan sama Nadine yang berada di gendongan Doni, tinggal Sungjin di belakang berasa renta banget.
****
"Ce Wendy masak banyak banget buset,"
"Takut anaknya kagak gue kasih makan." Sahut Jae disela kunyahannya.
Nadine sama Sky bikin istana pasir. Bapak-bapak mantau di bawah pohon, aman lah. Masih dalam pantauan.
Sungjin lahap ngabisin satu kotak potongan buah. Nggak ada yang protes, orang dia yang bawa sendiri.
"Kira-kira Wendy pulang jam berapa ya?"
Brian nyomot kerupuk di tangan Ale yang baru juga mau dimakan, "kalo sama bini gue sih, palingan jam 5."
"5 sore kan?" tanya Doni.
"Paling cepet, kalo paling lama yaa 5 pagi," jawab Brian sambil nyengir tak berdosa. "Mumpung nggak jagain anak bro, biarin dah seneng-seneng."
"Tapi bini gue masih jagain krucil dua wey, yakali diajak clubbing." Ale nyerocos.
Sungjin mendecih gemes pengen nyamber, "bilang aja lu lagi males jagain biar dikira masih bujang."
"Weh mana ada, gue suami yang berbakti bang."
"Iyain aja udeh," sahut mereka berempat kompak. Bikin ale dongkol.
Ini acara dadakan banget, soalnya para istri –kecuali istri Sungjin yang belum keliatan posisinya– pada mau hangout bareng makanya nih bapak-bapak disuruh jagain anak, daripada cuma bengong di rumah rebutan antara maen ps atau nonton gumball. Mending kesini. Hasil survey Ryujin yang bulan kemaren kesini juga. Bagus. Sepi. Cocok buat honeymoon, tapi nggak bagusnya pulang-pulang ketempelan.
"Bentar-bentar,"
"Apaan?" sahut Sungjin liat ekspresi Jae tak mengenakkan.
"Gue lupa sesuatu tapi apa ya,"
Brian jadi kepikiran juga daritadi ada yang ngeganjel sih dipikiran tapi dibiarin aja. Ale sama Doni ikutan mikir sambil tetep ngunyah.
Jae menelisik Nadine yang sekarang dikuncir dua, hmm.
"Mampus"
Keempatnya langsung fokus ke Jae.
"Gue lupa makein sunblok Nadine anjirr," Jae panik ngobrak-ngabrik isi tas nyari sunblok yang dipercayakan Wendy tadi sebelum berangkat. "Mampus mampus bakalan kena tegor ntar pulang"
Brian juga langsung sadar ikutan nyari. Ketemu. Langsung tuh lari nyamperin Sky. Gosok-gosok. Bodo amat udah terlambat yang penting nggak gosong-gosong amat entar.
Wah sia-sia dia makan tauge dua bulan kalo seminggu kedepan nggak dapat jatah, batin Brian sedih.
KAMU SEDANG MEMBACA
om sungjin | fanfiction
Fanfiction"Terus kamu maunya gimana, hmm?" ©aayaflu, 2019