"Lu goreng apaan Wen?" celetuk Sungjin saat dirinya baru nyampe udah disuguhi aroma gurih dari arah dapur.
"Singkong nih hasil kebun kemaren,"
"Oh pantesan Jae pake koyo tadi pagi, lu paksa kerja rodi ternyata."
"Kagak anjrit, bokap gue yang nyuruh." Sahut Wendy sembari membolak-balikkan singkongnya biar nggak gosong.
"Sama aja"
"Beda. Itu namanya berbakti kepada orang tua,"
"Orang tua mah minuman"
Wendy spontan menyingsingkan lengan dasternya seraya ancang-ancang melayangkan baskom di dekatnya kearah Sungjin, "lu gue usir juga nih dari rumah gue."
"Nggak papa, tapi Nadine gue bawa" canda Sungjin langsung ngacir ke ruang depan sebelum dia disiram minyak panas sama Wendy.
"Udah lama lu disini?" tanya Jae yang baru muncul dengan kaos oblong plus sarung khas bapak-bapak aroma minyak gpu.
"Baru aja," Sungjin lantas duduk lesehan di teras rumah Jae yang emang di design untuk leha-leha. Mana sore gini abis gerimis jadi tambah syahdu gitu suasananya. Cuma satu yang kurang, jodohnya.
"Tuh tanaman kapan lu potong dah, perasaan baru jum'at kemaren gue kesini. Udah rapi aja sekarang,"
Jae mengikuti arah tunjuk Sungjin yang mengarah ke salah satu bonsai miliknya, "hasil gue ngelembur kemaren tuh. Jum'at abis lu pulang, gue langsung cus ke rumah mertua. Pulang-pulang dibawain beras sama singkong noh, emang anak kesayangan gue nikahin ya gituu"
"Alhamdulillah wey dapat rezeki itu, sawahnya banyak nih pasti"
"Ya lumayan sih, lumayan juga capeknya. Makanya gue semalem minta nomer tukang urut. Soalnya juga kasihan minta pijet sama bini, mana Nadine juga lagi rewel." Keluh kesah bapak anak satu dengan koyo yang terlihat masih menempel di punggungnya.
"Batuk pilek lagi?"
"Kagak, kayaknya emang nggak bisa kena angin malam jadi gitu rada demam tapi udah turun sih sekarang. Kayaknya lu baru nyampe lampu merah Nadine baru aja tidur."
Sungjin angguk-angguk paham pantesan kok nggak kedengeran teriakan bocil. Lantas matanya menatap sekeliling rumah Jae, tetangga rumah cat hijau khususnya, yang terlihat gerbang depannya terbuka dengan mobil hitam yang terparkir rapi di halaman. Udah pasti abis dicuci saat matanya menangkap genangan air di depan rumah.
"Tuh tetangga lu gimana kabarnya?"
"Hah?" sahut Jae cengo, "Oooh ya tetap aja sih, palingan kalau pagi pas lagi nyiram tanaman gitu nyapaa, udah gitu aja"
"Hon, anterin ke tetangga sebelah gih suruh bantuin makan. Niatnya juga ngakrabin gitu biar kagak dikira musuhan sama tetangga sendiri," Wendy nongol seraya menyerahkan sepiring singkong goreng ke depan wajah suaminya.
"Lha punyaku mana?"
"Halah udah ada jatahnya, tuh di belakang ambil sendiri. Ini cepetan ambil, keburu gosong tuh yang diwajan"
Jae otomatis menerima uluran dari Wendy sebelum bininya berlari kecil kembali masuk ke dalam rumah.
"Sini biar gue yang kasih," Sungjin merebut piring di tangan Jae sesaat sebelum kakinya melangkah menuju gerbang depan.
"Lah? kagak papa nih,"
"Udeeeh tenang aja, sekalian survey." Padahal dalam hati juga deg-deg an kalo ketemu neng Aya. Baru inget juga udah sebulan kagak ngeliat batang hidungnya setelah sebelumnya pernah boncengan bareng.
Tangannya mengetuk beberapa kali pintu jati di depannya, namun belum juga muncul sosok penghuni rumah. Mau balik lagi juga nanggung udah berniat uji nyali.
Saat matanya sibuk menelisik kulit renyah singkong yang dibawanya, sepasang kaki lain muncul dari balik pintu di depannya.
"Udah dari tadi ya, sori nggak kedengeran. Soalnya lagi nyuci baju di belakang, btw ada perlu apaan nih?"