"Om, yang ngaterin ke rumah pak Rt biar aku aja" tawar Ryujin.
Pagi ini disuruh teh Rosa bagiin oleh-oleh suaminya yang abis pulang dinas luar kota. Syukur ada rejeki banyak bisa bagi-bagi ke tetangga, walaupun nggak seberapa yang penting rata.
"Tumben, nggak takut diledekin Lino?" ejek Sungjin.
Ryujin memutar bola mata jengah, "Nggak tuh, soalnya kan ada mbak Ayu" sambil tangannya masukin barang ke keranjang depan sepeda mininya.
"Loh Ayu pulang?" tanya Sungjin sambil bantuin mompa ban belakang sepeda. Ryujin ngeliatin omnya, "iya malah katanya mau bikin rumah disini, om mikir nggak sih kompleks sini aja udah padet banget nggak ada lahan kosong."
"Iya. Om aja kewalahan pas ronda keliling, capek."
"Itu mah om aja yang letoy, aku aja rajin jogging ngintarin kompleks. Semangat." ujar Ryujin langsung ditoyor Sungjin.
"Kamu itu semangatnya pas ada Sunwoo doang kan? coba tuh bangun pagi terus nyapu halaman depan." Ryujin udah nyiapin telinga waktu omnya udah ambil pembukaan kultum pagi ini. "Yang rapi gitu loh Jin, entar ditolak perjaka loh."
"Nunggu dudanya Sunwoo juga gapapa,"
"Heh..." Sungjin spontan menjitak ubun-ubun Ryujin sampai sang empunya kepala meringis.
Teh Rosa tiba-tiba muncul dari balik pintu depan, "buruan berangkat. Ngapain pake berantem segala hah? diliatin tetangga itu loh,"
Sungjin celingak-celinguk nyariin mata tetangga yang ngintipin mereka, tapi nyatanya nggak ketemu juga. Kelihatan bohong banget nih.
"Om sungjin mah, masa ubun-ubunku mau digerus." Sambat Ryujin
"Mana ada, om cuma bantuin nyopot paku itu loh. Biar kamu nggak sengklek-sengklek lagi,"
Tanpa sungkan-sungkan Ryujin nabok lengan Sungjin, sebel disamain sama kuntilanak.
"Sana berangakat cepet," utus teh Rosa. Tapi sebelum Sungjin beranjak mengambil sepeda kakak iparnya, teh Rosa ngingetin. "Jangan pulang telat, nggak lupa 'kan kalo ada janji hari ini."
"Inggih siap ndoro," sahut Sungjin seraya menuntun pelan sepedanya keluar gerbang. Ryujin udah goes duluan tapi sempet ngomong entar omnya kalau udah kelar disuruh nungguin di pos ronda.
Sampai hampir siang.
Udah jam sepuluh, Sungjin juga udah capek nungguin Ryujin nggak nongol-nongol. Pusing ngeliatin motor seliweran depan matanya, mana tadi malah iseng ngitungin motor warna merah yang lewat. Tambah pusing.
Baru juga ada niatan rebahan di lantai lagi, tiba-tiba keinget kalo Ayu ada di rumah sini. Hafal banget Sungjin watak ponakannya kalau sekali nempel sama orang kagak bisa dipisah.
Langsung tuh Sungjin mengayuh pedal sepedanya ke rumah pak Rt.
Nyampe halaman depan, seger banget. Soalnya rumah pak Rt halaman luasnya dijadiin kebun buah. Mana sekarang lagi musimnya mangga. Kan tuh lihat, Sungjin sampe melongo ngeliat segerombol mangga matang nggak ada yang metik.
Abis muasin mata liat yang seger-seger, matanya menangkap siluet cewek sedang ngobrol asik sama ponakannya.
"Om ngapain kesini sih?"
"Lah kamu juga ngapain masih disini, nggak tau apa om kepanasan nungguin kamu." Sembur Sungjin terus langsung senyum maklum ke arah Ayu.
"Kapan pulang Yu? sama suami?"
"Kemaren Bob, iya anak sama suami ngikut juga. Gimana kabarnya? udah nikahkan?"
Sungjin hehe hehe dulu. Ryujin udah ngeliatin omnya sambil senyum ngeledek.
"Mbak Ayu nih ada-ada aja deh pertanyaannya, om Sungjin dari dulu kan pemilih."
"Milih yang terbaik tepatnya," serobot Sungjin sebelum ada salah paham. Ayu langsung ketawa geli.
Tiba-tiba ada bocah laki-laki lari dari arah depan, "Mah beli bakso ya? mamang nya udah aku suruh berhenti depan rumah tuh," pinta si bocah yang udah dipastikan anak Ayu.
Ayu ngeliatin kedua tamunya, "kalian masih lama kan disini? sekalian makan disini aja ya, jarang banget loh kita ketemu" tawar Ayu langsung disambut gelengan cepat sama Sungjin. Padahal Ryujin baru mau bilang iya.
"Nggak usah repot-repot Yu, ini mau balik cepet kok. Soalnya ada janji," Sungjin geret ponakannya biar berdiri "pamit dulu ya Yu, salam buat pak Rt."
"Walah iya iya makasih juga ya bingkisannya," sahut Ayu seraya memandang dua manusia yang sekarang sudah berlalu pergi dari hadapannya.
"siapa mah?" tanya Bimo.
Ayu melemparkan senyumnya, "guru les gitarmu itu,"
Dilain sisi, Ryujin lagi ngedumel nggak berhenti waktu tau ternyata Bimo anaknya mbak Ayu yang bakalan janjian sama omnya.
"Tau gitu tadi disana terus aja, biar dapet bakso gratis" gerutu Ryujin. Telinga Sungjin udah pengang daritadi denger keluhan ponakannya.
Teh Rosa nyahut dari balik dinding dapur, "Mana tau ibuk kalo si Ayu udah nyampe dari kemaren."
KAMU SEDANG MEMBACA
om sungjin | fanfiction
Fanfikce"Terus kamu maunya gimana, hmm?" ©aayaflu, 2019