BAB 8 SIAPA ITU REX?

118 22 0
                                    

"Rapat dibuka," kata Jupiter Jones sambil mengetuk-ngetuk meja. Seketika itu juga ketiga remaja lainnya yang juga ada dalam ruang markas yang sempit itu berhenti bercakap-cakap. Saat itu satu hari setelah kejadian usaha perampasan jam weker oleh Mr. Jeeters. Kini para remaja itu mengadakan rapat, untuk melihat kemajuan apa saja yang tercapai sementara itu. Itu pun kalau ada yang dicapai!

Paginya Jupiter menelepon Harry Smith di rumahnya. Pemuda itu baru saja memperoleh SIM beberapa waktu yang lalu. Karenanya ia datang mengendarai mobil tua milik ayahnya.

"Sampaikan laporanmu dulu, Bob," kata Jupiter. Di antara mereka berempat Bob yang paling sibuk selama itu. Paginya ia ikut ke Los Angeles dengan ayahnya, yang bekerja sebagai penulis untuk suatu surat kabar beroplag besar di kota itu. Ayahnya memperkenalkan Bob pada orang yang mengelola ruang tempat penyimpanan data. Dalam ruangan luas itu terdapat beratus-ratus lemari khusus berisi guntingan koran yang disusun berdasarkan pokok persoalan serta nama orang yang terlibat di dalamnya.

Tugas Bob pertama-tama mencari semua informasi yang bisa diperoleh mengenai ayah Harry, Ralph Smith, mengenai persidangan perkaranya, lalu mengenai diri A. Clock atau Mr. Hadley, dan setelah itu mengenai pencurian lukisan-lukisan berharga pada umumnya.

Bob membawa seberkas catatan. Banyak informasi yang disampaikan olehnya, tapi ia melakukannya seringkas mungkin.

Mengenai jalannya persidangan pengadilan terhadap Ralph Smith, tidak banyak informasi baru. Bukti-bukti yang diajukan semua bersifat tidak langsung, tapi cukup kuat untuk meyakinkan polisi tentang kesalahan orang yang mereka tahan. Polisi berusaha mendesak Ralph Smith, agar mengaku bahwa ialah pencuri benda-benda seni yang selama sepuluh tahun terakhir beraksi di daerah sekitar Hollywood dan Los Angeles.

Tapi ayah Harry berkeras menyatakan bahwa ia tidak bersalah. "Beberapa kasus pencurian itu kan terjadi ketika kalian masih bertempat tinggal di San Francisco, Harry?" tanya Bob.

"Ya, betul - baru enam tahun yang lalu kami pindah ke Hollywood," jawab Harry. "Jadi ternyata ayahku tidak mungkin bersalah. Mustahil ia bisa terlibat dalam kasus-kasus pencurian yang lebih dulu terjadi."

"Memang tidak mungkin, jika semuanya merupakan hasil kerja komplotan yang itu-itu juga," sela Jupiter. "Coba kauceritakan sekarang mengenai rangkaian pencurian benda-benda seni di kota ini, Bob."

Menurut keterangan yang berhasil dikumpulkan oleh Bob, selama sepuluh tahun terakhir paling sedikit telah terjadi sekitar selusin aksi pencurian lukisan berharga. Jadi pukul rata sekali setahun. Seperti dikatakan oleh Mr. Hitchcock banyak aktor, produser, dan sutradara kaya di Hollywood yang gemar mengumpulkan benda-benda seni dan menyimpan lukisan-lukisan yang sangat tinggi nilainya di rumah mereka. Lukisan-lukisan itu dengan sendirinya tidak dijaga seketat penjagaan benda-benda seni di museum. Dalam kasus-kasus pencurian yang terjadi, para pencuri masuk ke rumah lewat jendela atau dengan jalan mencongkel kunci pintu, merobek lukisan dari bingkainya, lalu menghilang tanpa meninggalkan jejak sama sekali.

"Polisi menduga bahwa lukisan-lukisan yang dicuri itu kemudian dijual pada hartawan-hartawan penggemar seni di Amerika Selatan yang akan menyimpan lukisan-lukisan itu untuk dinikmati sendiri." kata Bob. "Lukisan-lukisan bernilai tinggi sangat terkenal di kalangan kesenian, dan karena itu tidak mungkin bisa dijual secara terang-terangan melainkan harus ditawarkan pada orang-orang tertentu saja yang tidak akan pernah memamerkan pada umum."

"Lukisan-lukisan yang lenyap itu kemudian tidak ada yang berhasil ditemukan kembali?" tanya Jupiter.

"Tidak ada - kecuali tiga yang ditemukan dalam rumah Harry," jawab Bob. Ia meneruskan laporannya dengan kasus pencurian terbesar yang terjadi dua tahun sebelum itu. Sejumlah besar lukisan langka dipinjamkan pada suatu balai seni yang hendak mengadakan pameran khusus. Tapi sebelum pameran sempat dilangsungkan, komplotan pencuri berhasil masuk dan mencuri lima lukisan yang nilai keseluruhannya setengah juta dollar.

(10) TRIO DETECTIF : MISTERI JAM MENJERITTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang