Pertama-tama mau bersyukur dulu karena gue bisa hidup setelah melalui semester 5 kemaren. Semester yang katanya sangat keos dan menjadi buah bibir banyak orang. Dan bersyukurnya lagi gue kek bisa menghadapinya lebih kuat jika dibandingkan dengan semester 4 kemaren. Di semester 4 tuh keknya hampir tiap hari gue nangis. Bukan karena gue ngiris bawang tiap hari atau nontonin iklan Thailand, tapi karena diri gue yang belum bisa menerima keadaan.
Di semester 4 kemaren tuh rasanya masalah numpuk banget. Mulai dari gue yang dari awal melangkah ke semester 4 tuh emang udah takut duluan karena nilai gue yang sangat turun di semester 3 (jika dibandingin sama semester 1 dan 2). Terus tiba-tiba pandemi dateng, terpaksa harus kuliah di rumah, dengan diri gue dan segala dinamika perkuliahan yang sama-sama baru banget adaptasi.
Gak ada lagi ketemu temen tiap hari. Gak ada kegiatan-kegiatan di kampus yang harus didatengin. Gak ada lagi namanya lari-larian dan jalan cepet di daerah kampus buat ngejar waktu mulai kegiatan kuliah ataupun kegiatan yang lain. Gak ada lagi waktu-waktu buat sekedar julid dan bercandaan receh sama temen-temen secara langsung. Dan gue sadari, selama ini, hal-hal inilah yang membuat gue bisa bertahan di ITB. Support system gue.
Semuanya seakan hilang aja gitu. Kek seolah Thanos jentikin jarinya dan surpise, Anda harus kuliah di rumah! Kondisi diperparah dengan tugas-tugas yang numpuk dan materi yang seakan dipaksa masuk ke dalam otak dalam waktu singkat. Seakan gak puas, kondisi masih diperparah sama keadaan rumah yang bisa gue bilang saat itu gak mendukung sama sekali buat gue bisa kuliah dengan tenang.
Mulai dari papa gue yang harus WFH, otomatis selalu ketemu di rumah. Gue ngerasa gak bebas banget. Harus terkurung di kamar seharian demi bisa fokus kuliah. Keadaan di rumah berisik. Papa yang selalu marahin adek gue karena gak ngerti pelajaran. Papa yang selalu bertengkar sama Mama sepulang kerja karena ada-ada aja bahasannya. Papa yang selalu ngegangguin tiap gue lagi belajar di kamar. Cuma buka pintu kamar dengan segala pertanyaan gak pentingnya, kayak cuman mau mastiin gue masih hidup apa engga.
Orang tua yang selalu ngomongin gue. Gue yang dibilang selalu sibuk, ada aja kesibukannya, sok sibuk, banyak ikut acara ini itu yang gak berguna. Giliran gue belajar dan ngerjain tugas, dibilang lama banget, kok gak beres-beres tugasnya. Giliran gue kunci kamar gue, orang tua selalu mainin pintu, berusaha ngebuka pintunya.
Orang tua yang seakan bisanya cuma demand, demand, dan demand. Harus dapet nilai bagus. Tapi gak boleh keliatan sibuk. Belajar cuman boleh bentar. Harus ready 24/7 untuk ngerjain tugas rumah. Ngapain kegiatan ini itu di kampus? Ngapain ikut rapat sana sini? Gak ada gunanya. Gak ada sama sekali support di rumah ini. Seakan yang gue lakuin selalu salah. Gak ada gunanya sama sekali. Gak ada yang mau ngecilin suara mereka, suara televisi, suara speaker demi gue bisa belajar dengan tenang. Bahkan akhirnya gue yang mereka beliin penutup telinga, supaya gak berisik katanya. Kenapa gak mereka yang ngecilin suara? Sesulit itu ya?
Orang tua gue tuh, taunya yang penting tuh cuman dua. Satu, nilai bagus. Dua, fisik sehat. Gak ada tuh yang merhatiin jiwa sosial anaknya, kondisi mentalnya.
Wahai penghuni rumah, tau ga sih. Gue udah berusaha be the better version of myself. Gue berusaha ngeliminasi setiap keburukan dan kesalahan gue dalam mengerjakan studi gue. Tapi, memperjuangkan akademik gak semudah itu. Tau ga sih. Gue tuh gak sepinter itu. Gak semudah itu buat ngerti mata kuliah.
Wahai penghuni rumah, tau ga sih. Gue pengen ngembangin diri. Gak hanya di akademik aja. Butuh softskill, butuh bangun relasi. Apakah se-ga-penting itu, ya?
Wahai penghuni rumah, tau ga sih. Betapa susahnya ngebangun niat buat ngerjain sesuatu. Tapi ketika lagi niat ngerjain, malah disuruh ngerjain yang lain. Okay, call me anak durhaka atau apalah. Gue rasa, gue punya kok kemampuan buat atur waktu. Dan waktu yang telah gue atur itu, kadang emang gak selalu sesuai sama keinginan kalian.
Ga boleh ya jujur sama diri sendiri? Ga kuat.
Gue pengen banget kabur dari rumah, jujur. Gue pengen banget balik ke rutinitas normal. Gue lebih suka lingkungan gue di kampus, sama temen-temen, bukan sama keluarga gue. Bahkan keluarga yang mungkin cuman tau dan mengerti gue 30%.
WEH JADI EMOSIONAL KALI CHAPTER INI WKWKWK! Tenang guys, gue gak sedih kok, karena itu cerita semester lalu kan ya. Jadi itu kalo di makalah tuh kek latar belakang gitu guys. Oke lanjut ya ceritanya. Soalnya dari tadi belum ada bijak-bijaknya. So, keep reading yaaa...!
KAMU SEDANG MEMBACA
ITB (Ini Tips Bertahan)
Random(#1 in #itb, 30/12/23) Kisah seorang mahasiswa FTI ITB, jurusan Teknik Industri. Semoga bermanfaat bagi peminat kampus gajah logo. Amin.