Kalau kalian udah baca chapter sebelumnya mungkin akan ada yangberpikir, “Wadaw ni manusya satu ngabisin waktu dua bulan di kampus kaga menghasilkan apa-apa, ya. Daripada gue ngikutin jejak dia mending gue magang atau cari kerja apaan dah. Lumayan, tuh, dua bulan kalo buat ngasilin duit.”
Oh, tenang wahai pembaca. Saya sebagai mahasiswa juga memiliki otak dan pikiran yang masih condong ke arah ekonomi.
Untuk itu gue melakukan kegiatan-kegiatan di bawah ini untuk menghasilkan duit. Mungkin menurut kalian ga seberapa, tapi lumayanlah buat tambah uang jajan (apalagi kalo libur, kan, mana ada duit jajan :( *nangis*).
1. Panitia Wisuda Juli Terpusat
Jadi, buat yang belum tau, di ITB itu acara wisudaan diadakan sebanyak tiga kali setiap tahunnya (bulan April, Juli, dan Oktober). Setiap mau ngadain perayaan wisuda buat kakak-kakak kita yang berhasil keluar dari ITB dengan selamat, dibukalah open recruitment untuk manusya-manusya yang mau terlibat jadi panitia.
Waktu itu gue ambil divisi sponsorship. Kerjaannya, sih, sebenernya cuma bantu ngontak-ngontakin perusahaan lewat email atau WA. Abis itu ngirimin proposal dan ketemuan kalo misalnya pihak sponsor ada kepentingan lebih lanjut.
Wah, emang dapet duit, kak?
Waktu itu sayangnya sponsor yang gue dapet cuma ngasih dalam bentuk produk dan voucher gitu, jadi gak dapet dalam bentuk fresh money. Tapi gak apa-apa. Gue dapet voucher 50.000 buat membeli produk di perusahaan itu. Lumayanlah, ya.
Abis itu dapet apa lagi?
Jadi kita juga dapet sponsor dari salah satu produsen roti yang cukup terkenal. Lagi-lagi, sayangnya mereka ngasihnya dalam bentuk produk. Jadi kita jual-jualin lagi, lah, itu roti ke seluruh antero kampus.
Kepala divisiku nyuruh jualan roti dan kita harus setor ke dia duit minimal 50.000. Jadi gue jual-jualinlah itu roti. Gue jual dengan harga yang lebih dikit supaya gue juga dapet untung. Alhasil gue dapet untung sekitar 15.000-20.000 waktu itu. Lumayanlah buat makan sekali, karena bagi mahasiswa sekali duit tetaplah duit, LOL!
2. Jualan Spek Osjur dan Diklat
Buat penjelasan osjur itu apa, diklat itu apa, bisa cek tulisan gue sebelumnya, ya!
Fyi, kegiatan kayak osjur, diklat, dikdiv, dan kepanitiaan lapangan terutama itu selalu mewajibkan pesertanya untuk membawa spek-spek tertentu. Biasanya, sih, tidak lain dan tidak bukan yaitu t*lak angin, m*durasa, air 1,5 liter, masker, roti, senter.
Gue sebagai yang selalu taat spek *cie* pasti menyempatkan pergi ke minimarket deket rumah buat beli spek-spek itu. Tadinya satu-dua temen mulai titip ke gue untuk beliin. Lama-lama jadi banyak juga dan akhirnya gue jadi semacam buka PO kecil-kecilan gitu.
Gue naikin harganya biar gue dapet untung. Dan hasilnya sungguh lumayan, percayalah gais. Gue bisa untung 30-40 ribu seharinya. Katakanlah gue buka PO sepuluh kali, itu berarti gue udah untung sekitar 300 ribu plus. Gue merasakan banget, sih, waktu liburan gue jarang banget, malah hampir ga pernah narik duit dari ATM.
3. Jadi Trainer SSDK SMPE
Buat kalian yang belum tau, SSDK SMPE udah gue bahas di chapter MASIH AWAL.
Tapi mungkin kalian jadi bertanya-tanya bahkan akan menghujat gue karena waktu gue masih mahasiswa baru, gue bilang kalo kegiatan SSDK dan SMPE ini terkesan kurang bermanfaat gitu. Eh, sekarang, gue malah jadi trainer-nya alias kakak-kakak yang ngejelasin di depan.
Aneh emang makhluk hidup satu ini.
Tapi setelah gue menyelami dunia trainer SSDK SMPE ini, gue sadar bahwa kenapa terasa gak bermanfaat itu karena metodanya yang terasa membosankan. Setelah jadi trainer gue pun sadar bahwa nyusun metoda yang menarik juga tidak semudah itu fergusso. Tapi kalo boleh tukeran biar gue jadi mahasiswa baru tahun ini dengan metode SSDK SMPE yang tahun ini juga, serius gue pengen. Karena yang tahun ini lembaga penyelenggaranya udah ngembangin metode dan ngelakuin improvement sedemikian rupa sehingga... KEREN!
Oke jadi sebenernya trainer-trainer yang siap menyampaikan materi di hari-H juga tentunya sudah disiapkan dan diberi sejumlah training supaya dari segi materi dan pembawaan juga sudah siap pokoknya.
Selain itu gue juga ngerasain sejak keterima jadi trainer SSDK SMPE, ini tuh kayak ngebuka gerbang-gerbang lainnya juga. Gue sempet ngerasain jadi panitia lapangan talkshow inspiratif (ini bagian dari kegiatan penyambutan mahasiswa baru) yang tentunya dapet snack dan dapet makan siang ulala~
Udah gitu juga berkesempatan ngejaga pretest mahasiswa baru yang dibayar lebih dari 100 ribu untuk dua jam jaga. Juga dapet informasi mengenai jadi pengawas UTS mahasiswa tingkat satu yang dibayar 60 ribu sekali jaga, berikut dapet snack juga. Waw, sejahtera ya kehidupan ini~
Untuk trainer-nya sendiri emang dibayar berapa, Kak? Wah, lumayan bet sih menurut gue. Tapi ga mau spoiler, ah, wkwkwkwk. Yang jelas lebih besar dari keuntungan gue jualan spek selama osjur dan diklat.
Sekian sharing-sharing dari gue, tapi maaf gue ga bisa sharing duitnya, HAHA!
Selanjutnya gue akan kembali membahas kehidupan gue, di mana SEMESTER TIGA datang menyerang.
KAMU SEDANG MEMBACA
ITB (Ini Tips Bertahan)
Casuale(#1 in #itb, 30/12/23) Kisah seorang mahasiswa FTI ITB, jurusan Teknik Industri. Semoga bermanfaat bagi peminat kampus gajah logo. Amin.