Masih bersama gue, author tidak jelas di platform tulis-menulis bernuansa jingga ini.
Seperti yang kalian ketahui, gue puji Tuhan sudah berhasil melewati cobaan selama 7 semester di kampus gajah idaman banyak orang ini. Dan khususnya, sudah berhasil melewati cobaan selama semester 7 kemarin.
Kena mental, bangkit. Kena mental, bangkit. Walau sambil merangkak, dua tiga pulau terlampaui. Azek.
Jadi inget deh pas kemarin ketemu temen untuk ngerjain tugas akhir bareng kita sempet cerita-cerita tentang kelelahan semester 7 kemarin.
"Sekarang mah kalo nyeritain bisa sambil ketawa-ketawa ya, waktu kemaren ngelewatinnya sambil nangis plus merangkak."
TUHAN BAIK BANGET.
Ketika gue nulis ini, gue sebenernya sudah bulan keempat di semester 8 yang merupakan semester terakhir gue jadi mahasiswa di TI ITB. AMIN BANGET YA TUHAN INILAH DOA DAN PERMOHONAN GUE. KETEMU JODOHNYA NTAR AJA GAPAPA, INI GUE MAU BANGET CEPET LULUS.
Dan sepanjang gue kuliah di sini, banyak banget ya kenangannya. Walaupun mostly kenangan lawak, banyak juga kenangan sedih, kesel, marah, dan patah hati. Aw.
Karena di semester 8 ini kerjaan gue sebenernya CUMA kuliah satu matkul pilihan dan ngerjain tugas akhir, sebenernya banyak waktu yang bisa dipake buat merenung. HAHAH. Kayak ngeliatin foto-foto jaman dulu alias sebelum Corona. Berkegiatan di unit, foto-foto sama temen-temen pas lagi jalan-jalan ke mana lah. Baik yang impulsif maupun engga.
Dan gue sadar sebentar lagi ini semua akan berakhir gitu. Sebentar lagi gue dan temen-temen gue akan menempuh jenjang hidup selanjutnya yang udah beda aja gitu. Harus merasakan dunia kerja, nyari jodoh (bagian favorit sobat gue), dan pokoknya beneran menghadapi kehidupan nyata dah.
Rasanya kayak... yah, mau diapain lagi yak. Cuman mau bilang aja makasi ITB atas kenangannya selama ini. Tuhan banyak bentuk dan ajarin gue sesuatu yang sangat berharga di sini. Dan sekarang tinggal tahap akhir banget, semoga gue dan temen-temen semua yang lagi struggle skripsi/tugas akhir kuat menyelesaikannya.
Sebaik-baiknya penelitian adalah penelitian yang selesai.
Sebaik-baiknya skripsi adalah skripsi yang selesai.
Sebaik-baiknya tugas akhir adalah tugas akhir yang selesai.
Dan sekarang tuh (sebenernya dari dulu juga sih) kalau buka LinkedIn/Instagram masih suka insecure sama pencapaian orang-orang. Lulus cepet. IISMA awardee. Kuliah di negara impian. Amerika. Jepang. Korea. Menang banyak lomba. Cumlaude. Magang di perusahaan besar. Gaji besar. Punya pacar (apa ini?!?).
Tapi gue yang masih suka insecure ini ditegur Tuhan banget si. Tuhan ingetin lagi kayak gini.
Oke kamu mau apa? Menang lomba? Magang gaji gede? Kayak mereka? Siap gak kamu nuker itu semua sama yang kamu punya sekarang? Mungkin dengan kamu kayak mereka, kamu harus ngorbanin banyak hal yang kamu suka sekarang. Dan mungkin juga saat kamu kayak mereka, kamu belum tentu ngerasa seneng, ngerasa puas seperti mereka.
Jalan kamu berbeda dari jalan mereka.
Terus gue mikir. Hal-hal yang gue syukuri selama ini. Punya banyak waktu bareng adek, bisa ketawa-ketiwi bareng. Baca novel ini itu. Nulis Wattpad ini. Nyobain resep-resep masakan. Nonton penelusuran horor di Youtube. Semua kesenangan kecil ini mungkin gak akan gue dapetin kalo gue memaksakan ingin berjalan di jalan orang lain.
Dan lagi-lagi, Dia adalah Allah yang adil dan murah hati. Masa kita mau marah sama keadilan dan kemurahan hatinya Tuhan?
Yak udah segitu dulu perenungan kali ini. Hehe. Doain gue dan semua orang yang sedang di tingkat akhir dan lagi berjuang menyelesaikan penelitian, skripsi, dan tugas akhirnya. Yuk berjuang! Buat bangga diri kamu yang dulu seneng banget keterima di kampus impian!
Bye semua! Sampai jumpa di chapter selanjutnya yang sangat diharapkan akan menjadi chapter-chapter terakhir di story ini, yang harapannya bisa ditutup dengan bahagia :D
KAMU SEDANG MEMBACA
ITB (Ini Tips Bertahan)
Random(#1 in #itb, 30/12/23) Kisah seorang mahasiswa FTI ITB, jurusan Teknik Industri. Semoga bermanfaat bagi peminat kampus gajah logo. Amin.