Sebelumnya gue tidak menyangka gitu banyak yang excited baca cerita ini (cerita penderitaan, eh maksud gue lika liku kehidupan gue di ITB). Makasih loh.
Oke mari kita bahas semester 4. Di semester 4 ini sesungguhnya gue sudah bertekad untuk berubah ke arah yang lebih baik. Gue mulai nyatet materi dosen di kelas, gue minum kopi tiap pagi biar seengganya menolong gue untuk lebih tidak ngantuk di kelas, kalau mau ujian gue udah banyakin latian soal, gue banyak tanya ke temen, gue tanya-tamya ke kating gimana cara hadepin dosen ini-itu, gue udah kurangin kegiatan gue di luar akademik.
Tapi nyatanya, kalau cuma dari penglihatan, hasil belum tentu tidak pernah mengkhianati prosesnya. Hasil bisa kok mengkhianati prosesnya. Bisa. Bisa banget. Inilah yang terjadi pada gue di semester 4 ini. IP gue lagi-lagi turun, walaupun cuma turun kurang dari 0,05 sih. Ibaratnya gue udah ningkatin usaha 70%, eh hasilnya bukannya meningkat, malah turun.
Di satu sisi gue seneng, gue udah ngerahin seluruh tenaga gue, gak nyesel kayak semester kemaren. Di sisi lain, gue sadar. Seluruh semesta di TI, baik dosen, ujian, maupun sistem penilaian seakan-akan ga mau sedikitpun bekerja sama sama gue.
Peperangan terbesar di ITB sesungguhnya bukan hanya menghadapi tugas dan ujian, melainkan melawan rasa insecure dalam diri. Dan terima kasih kepada lo, iya lo, semester empat tercinta, sudah menempatkan rasa insecure dalam diri gue satu level lebih tinggi lagi dari sebelumnya.
Gue menemukan beberapa matkul di TI itu menerapkan sistem indeks berdasarkan mayoritas nilai yang dicapai mahasiswanya. Jadi gini. Misal mayoritas siswa nilainya antara 70 - 95. Terus, ya udah. Gambarannya gini, kalo nilai lo 87-95, lo dapet A. Kalo nilai lo 77-86, lo dapet AB, dan kalo nilai lo 70-77, lo dapet B. Di bawah itu, ya BC, C, D, E...
Jadi nilai tuh ga selalu patokannya 80 ke atas dapet A, 75 ke atas dapet AB, ya interval nilai bergantung pada mayoritas nilai yang dicapai mahasiswa.
Sayangnya, gue bukan termasuk yang mayoritas itu. Gue mau protes pun rasanya udah ga layak ya. Gue jujur down. Dengan materi yang sama, dosen yang sama, metode penyampaian yang sama dengan temen-temen gue yang mayoritas, kok bisa ya mereka dapet nilai bagus. Kok gue dapet C. Kok mereka bisa. Kok gue engga.
Apa gue salah jurusan ya? Apa tempat gue gak di TI? Sebodoh itukah gue? Dan di titik ini, gue berpikir kalo penguasaan materi gue sangat rendah, ini semua gak akan jadi bekal buat gue kerja nanti. Gue kerja nanti jadi apa coba? Gimana kalo nanti...
*melow*
*overthinking*
*insert sad song lyrics here*
Gue cuma pengen minta maaf ke gue yang dulu belajar SBMPTN mati-matian. Sorry kalo gue banyak ngeluh. Sorry gue ga bisa. Tapi tenang. Gue rasa gue masih punya kekuatan buat bertahan.
***
Mon maaf lagi, part ini jadinya part curhat HUHU. Next chapter bahas matkul, cara belajar, sama ujian. Gue janji.
KAMU SEDANG MEMBACA
ITB (Ini Tips Bertahan)
Diversos(#1 in #itb, 30/12/23) Kisah seorang mahasiswa FTI ITB, jurusan Teknik Industri. Semoga bermanfaat bagi peminat kampus gajah logo. Amin.