SEMESTER 6 - Menjadi Badut Akademik

233 8 2
                                    

Semester enam itu ibarat kata-kata pembuka di Youtube Nessie Judge.

Stop senyum-senyum, 'cause shit's about to go down!

Ga juga sih. Boleh kok senyum. Karena terlalu banyak hal yang perlu disenyumin aja.

Semester 6 masih seperti semester online lainnya yang tidak luput dari ketiduran, lupa absen, hilang sinyal, dan capek menatap layar. Semester 6 kemaren gue ambil 22 sks, terdiri dari 16 sks wajib dan 6 sks matkul pilihan (matkulpil). Jujur ini agak nekat (ambil 2 matkulpil) namun akhirnya berani ambil juga dengan alasan mumpung online kuliahnya.

Tentang Matkulpil

Dan satu yang agak disesali sebenarnya adalah tergoda memilih suatu matkul pilihan hanya karena review kakak tingkat yang mengatakan matkul itu bagus. Sedikit tips, kawan, bacalah katalog matkulpil sekritis mungkin karena bisa jadi yang dibilang insighful itu ternyata stressful. Tips lainnya yaitu ketika mau mengambil mata kuliah dari Manajemen Rekayasa (MR) pastikan lagi bahwa matkul itu akan relate dengan lo sebagai anak TI. 

Dua buah matkulpil yang gue ambil ternyata cukup membebani kehidupan yang sudah berbeban berat di semester 6. Kenapa? Karena lumayan banyak tugas kelompok, terus ujiannya itu pasti sangat amat nguli dan harus eksplor banyak hal yang belum pernah dipelajari, dan ada tugas besar juga di akhir semester.

Tentang Hasil dan Belajar

Ini gue jujur tidak paham gimana cara menjelaskannya. Dari segi hasil yang tercetak di transkrip nilai, gue sangat amat bersyukur akhirnya IP bisa naik lagi semester ini, dan cukup signifikan. 

Kek gerobak kuproy

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Kek gerobak kuproy.

Matkul-matkul semester ini itu sangat TI dan sangat banyak yang gak jelas. Bagi gue matkul yang agak jelas di semester ini hanya 2, yaitu Sistem Produksi (Sisprod) dan Simulasi Komputer (Simkom). Sisanya gak jelas. Gak jelas di sini tuh dalam arti kita mempelajari sesuatu hal yang jawabannya tuh gak pasti. 

Ambil contoh matkul Psikologi Industri. Gue inget banget di ujian tuh ditanya kayak sebutkan hal-hal yang kurang dari penyelenggaraan pembelajaran online yang Anda jalani saat ini atau sekitaran itulah. Terus kayak Organisasi & Manajemen Perusahaan Industri yang bikin kita jadi konsultan-konsultanan yang harus meninjau struktur organisasi suatu perusahaan yang sudah kokoh berdiri tapi harus kita kritisi sesuai dengan ilmu yang kita pelajari di kelas. Ya semacam itulah. Tapi jujur matkul semester ini tuh memang mempersiapkan diri jadi sarjana Teknik Industri banget sih.

Ah, masa.

Dan syukurnya atas berkat rahmat Yang Kuasa, gue di semester ini tidak disuruh merasakan pelitnya nilai yang dikasih dosen (kecuali buat matkul PPST) sehingga IP gue bisa naik.

Tapi jujur di sini gue gak bangga tapi justru khawatir karena banyaknya matkul yang tidak jelas itu membuat gue ragu apa sebenernya gue udah paham belum tentang matkul ini? Apa cuman lulus dan dapet indeks bagus doang?

Hal ini diperparah dengan kisah Kerja Praktik gue yang akan gue ceritakan belakangan.

Metode belajar gue masih samalah sama semester lalu. Kayak cukup nyatet di Word (karena kalo nulis di kertas malah lama dan buang waktu), latihan soal, nyicil belajar dan nyiapin template Excel (buat Sisprod dan Simkom), dan gak buang-buang waktu buat persiapan ujian open book karena pas ujiannya pasti ngarang indah aja, karena pasti yang ditanya tuh pandangan, pendapat, dan implementasi.

Tentang Kondisi Mental

Gila. Semester 6 ini tuh rasanya sudah menguras energi yang harusnya cukup untuk satu semester, tapi nyatanya sudah habis di setengah semester pertama. Kewarasan rasanya udah abis buat kerja kelompok, mikirin matkul-matkul yang harus eksplor abis, ngurusin temen sekelompok yang kelakuannya kayak malaikat, kegiatan asisten, nyari-nyari tempat kerja praktek yang gak satupun merespon, desakan orangtua yang takut anaknya gak dapet tempat kerja praktek terus nanti telat lulus tapi gak ngebantuin anaknya yang udah stres nyari tempat kerja praktek gak dapet-dapet, dan kegilaan dan kesereman tingkah dosen. Akhirnya setengah semester di belakang itu rasanya udah kayak mayat hidup.

Mau tidur, gak tenang. Gak tidur, takut mati muda. Mau nangis juga udah gak ada energinya.

Tugas numpuk banget. Pilihannya cuman dua, jadi beban kelompok atau harus meng-carry beban kelompok. Di akhir semester apa lagi, udah capek banget abis diterpa ujian, masih harus nyelesaiin dua tugas besar. Mau libur lebaran aja rasanya kayak dikejar-kejar Satpol PP. Alhasil cuman bisa ngerjain tubes sambil nguat-nguatin diri yang udah enek banget sama akademik. Sampe. Tanggal. 31. Mei.

Udah gitu baru napas satu minggu, langsung mulai kerja praktek.

Liburannya mana ini teh?

Silakan interpretasikan sendiri kondisi mental saya dan teman-teman saya selama semester ini. Bersyukur Tuhan baik jadi gak tipes dan Tuhan masih kasih gue temen buat berkeluh kesah.

Tentang Kangen jadi Maba

Kalau udah mulai stres gini biasanya mulai gue tiba-tiba merenungkan suatu fase di dalam kehidupan gue. Dramatis banget.

Kangen banget rasanya waktu tingkat satu beneran hidup jadi mahasiswa begitu indahnya. Setelah terlepas dari SMA yang toxic, gue bisa dapet banyak pengalaman dan lingkungan baru di kampus.

Kehidupan tingkat satu yang banyak banget haha-hihinya. Ikut kader unit, wawancara, tugas unit, ikut forum sampe malem. Ngerjain tugas dan ikut tutor dari kakak tingkat sampe perpustakaan tutup. Numpang makan dan ngerjain tugas di kosan temen. Semuanya kalo dipikir-pikir adalah fase yang indah untuk dikenang.

WEY INI KORONA KAPAN BERES!

Kadang kangen aja jadi waktu gue jadi maba. Belum harus mikirin kerja nanti gimana, nyari kerja itu susah, ngeliatin temen yang udah magang di tempat A, B, C, D. Apakah ilmu gue udah cukup untuk nanti cari kerja? Dulu kalo ngumpul bareng temen itu haha-hihi. Sekarang harus mikirin tentang kehidupan, pilihan hidup, mikirin masa depan yang tinggal beberapa langkah lagi.


Yak, itulah pengantar bahasan di semester 6 ini. Selanjutnya bakal bahas matkul, pencarian kerja praktek, dan kisah kerja praktek gue. JANGAN LUPA VOTE WEY BIAR GUE TERKENAL!!!

ITB (Ini Tips Bertahan)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang