Anak ITB susah diterima kerja praktek?

284 10 4
                                    

Baiklah kembali lagi bersama gue di story Wattpad tercinta ini. Kali ini gue bakal bahas soal satu fase yang akan dihadapi oleh seorang mahasiswa TI semester 6 dan 7. Kerja praktek. Kerja praktik sih, kalo di KBBI.

Jadi di semester 7 tuh bakal harus ambil mata kuliah yang namanya Seminar dan Kerja Praktek (KP). Dan di saat mengambil SKS matkul itu tuh kita bakal ngerjain laporan dan bimbingan sama dosen pembimbing KP masing-masing. Makanya, disarankan banget untuk bisa mengambil kerja praktek di suatu perusahaan pas liburan dari semester 6 ke semester 7. Makanya, dari semester 6 itu harus udah mulai nyari-nyari perusahaan tempat KP sampe dapet.

Nah, kestresan dimulai dari sini, chingu.

Dengan beban akademik yang cukup parah di semester 6 dan kondisi dunia yang masih ber-Covid-ria, lengkaplah sudah perjuangan mendapatkan tempat kerja praktek.

Berikut adalah daftar-daftar perusahaan yang gue daftar untuk kerja praktek ini. Nama perusahaannya disamarkan, karena takutnya gue kelepasan julid terus nanti dituntut, kan bahaya. Sekarang lagi jaman intel dalam wujud tukang bakso soalnya. Itu juga gak semuanya PT sih, tapi ya biar enak aja nanti nyebutinnya. Biasanya gue dapet lowongan magang itu dari Instagram (thanks to magangupdate and friends), Twitter, LinkedIn, jarkoman di grup, dan dari web masing-masing perusahaan.

 Biasanya gue dapet lowongan magang itu dari Instagram (thanks to magangupdate and friends), Twitter, LinkedIn, jarkoman di grup, dan dari web masing-masing perusahaan

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Sedikit cerita dulu tentang tabel di atas ya. Jadi yang merah itu (nomor 1, 3, 8, 9) bener-bener ditolak abis isi form pendaftaran, tapi si pihak perusahaannya ngabarin ke gue kalo gue ditolak. Nomer 2 itu ditolak setelah tes. Sedih banget udah magang unpaid tapi pake dites terus gak lolos. 

Yang kuning itu (nomor 5), adalah keajaiban dunia. Setelah di-ghosting 5 bulan eh tiba-tiba dikontak lagi. Kemarin udah wawancara dan tinggal nunggu pengumuman. DAN pas nulis ini ternyata diterima!!! Gak untuk matkul KP, sih. Untuk magang aja, sekalian menuhin LinkedIn biar kayak orang-orang. Abis itu magangnya paid, jadi tidak usah babibu, langsung gas aja.

Yang ungu itu (itu ungu gak sih? yang nomer 17 pokoknya) itu gue dikontak lolos pendaftaran dan harus ikut tes (tahap setelah pendaftaran/berkas) pas gue udah keterima magang di nomer 15 dan 19 makanya terpaksa ditolak

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Yang ungu itu (itu ungu gak sih? yang nomer 17 pokoknya) itu gue dikontak lolos pendaftaran dan harus ikut tes (tahap setelah pendaftaran/berkas) pas gue udah keterima magang di nomer 15 dan 19 makanya terpaksa ditolak. Keos, bro. Dan juga magangnya unpaid jadi ya, wasalam.

Sisanya...

Ya Tuhan, gue gak paham kenapa sih perusahaan-perusahaan yang warna putih (alias mayoritas) itu sama sekali gak ngabarin apakah gue diterima/engganya. Ya udah aja diem-diem. Apa sih susahnya bikin email kalo "mohon maaf Anda tidak diterima"? Maaf julid tapi ya gitu. Butuh kepastian. Malah cenderungnya perusahaan yang besarlah yang lebih rajin ngabarin diterima/engganya. Maaf julid. Pengen meng-hadeh aja.

Udah lumayan tergambar kan gimana susahnya nyari tempat kerja praktek tanpa orang dalem? Awalnya gue masih PD-lah. Pasti dapet. Optimis. Dari sejak Februari gitu temen-temen gue udah mulai daftar sana sini sementara gue masih santai. Mulai masuk bulan Maret gue mulai daftar 1/2 eh di-ghosting, atau ga malah ditolak. Mulai akhir Maretlah mulai panik tuh gak dapet-dapet tempat KP. Gak punya orang dalem lagi. Daftar juga di-ghosting mulu.

Nangis.

Ada apa dengan cinta? Eh, salah. Ada apa dengan ITB?

Ternyata moms, punya embel-embel ITB tidak juga semenjual itu. Atau bahkan kayaknya ketika perusahaan ini tau gue dari ITB, gue langsung di-black list dah. Curiga.

Hanya Tuhan yang tau.

Tapi memang Tuhan baik banget emang. Akhirnya PT R (nomor 15) menerima gue. Tadinya mau KP di situ tapi berakhir cuma magang biasa aja, dalam artian gue gak daftarin perusahaan ini untuk memenuhi SKS KP. Cukup senang magang di PT R walaupun unpaid tapi karena perusahaannya baru anget-anget alias baru berdiri jadi banyak banget eksplor hal baru. Magang di divisi Sosial Media ya kerjaannya jadi admin sosial media, bantu bikin konten, nge-post konten, dan bikin laporan analisis engagement-nya gitu.

Dan untuk kerja praktek seriusnya, gue melaksanakannya di PT C (nomer 19). Di sana langsung fokus untuk nyelesaiin satu topik permasalahan perusahaan. Kebetulan dapet topik untuk perencanaan tenaga kerjanya gitu, supaya output produksinya mencapai target. Tiap hari bolak-balik ke pabriknya untuk input data. Akhirnya bisa ngerjain sesuatu yang TI banget, walaupun pusing karena nyatanya teori di kelas sangat amat tidak cukup untuk menyelesaikan real problems.

Sekian untuk part ini karena panjang banget. Lanjut di next chapter mau spill CV (CV gue yang sebenernya gak bagus-bagus amat juga, tapi lumayan tembus 5/19 perusahaan :'') dan tips magang lainnya! Jangan lupa like chapter ini!!!

 Lanjut di next chapter mau spill CV (CV gue yang sebenernya gak bagus-bagus amat juga, tapi lumayan tembus 5/19 perusahaan :'') dan tips magang lainnya! Jangan lupa like chapter ini!!!

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
ITB (Ini Tips Bertahan)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang