Akademik Semester 2

817 64 1
                                    

Bagi gue, semester dua di ITB selalu bilang, “Hohoho, tidak semudah itu fergusso!”. Gue emang agak terlena karena kejeniusan gue di semester satu. Menurut gue, ITB tidaklah sesulit itu.

KALA ITU.

INGAT.

KALA ITU!

Gue inget banget sudah menukar waktu gue yang seharusnya bisa dipakai untuk efektif belajar selama dua sampai tiga jam setelah jam istirahat makan siang dengan bermain Hago di salah satu sekre unit gue. Gue juga menghabiskan waktu-waktu kosong gue untuk menjaga stand penjualan tiket salah satu unit gue waktu itu. Gue juga menghabiskan waktu gue sampe malem di kampus buat rapat, kajian, hearing calon ketua salah satu organisasi yang gue ikuti, musyawarah pemilihan ketua, dan masih banyak lagi.

Tapi harus gue akui, jadi panitia pemilu di organisasi itu serame itu, seasik itu. Ditambah lagi, gue makin kenal sama temen-temen satu organisasi gue yang seru dan keren abis. Tapi, ya gitu. Kadang gue malah make waktu di kelas bukan buat ngedengerin ilmunya, eh, malah asik bikin poster buat publikasi kegiatan pemilu. PARAH, DEH, PARAH! Gue kecewa bet sama diri gue yang waktu ini.

Hal ini baru kerasa saat gue dapet nilai UTS fisika 57 dari 100. Di situ gue kecewa parah, sih. Padahal gue udah berusaha belajar, ikut tutor tiga kali, bahkan gue udah bantu ngajar-ngajarin temen gue yang belum paham. Gue malu sendiri. Di kelas gue nilainya pada bagus-bagus dan gue akui soalnya gak sesusah itu, gue harusnya bisa dapet lebih bagus.

Tapi gue ngaku dosa, sih, kalau gue memang kurang banget latian soal, gue terlalu sibuk belajar konsep sana-sini. Terus gue juga khawatir kalo nilai fisika gue jelek, gue gak bisa daftar jadi asisten praktikum fisika, karena nilai minimumnya harus B.

Begitu juga kekacauan terjadi pada nilai Kimia gue. Gue dapet nilai 45 di UTS. Ini sebenernya gue gak sedih-sedih amat soalnya UTS kali ini emang susah. Waktu itu rata-rata UTS di fakultas FTI aja cuma 50, sementara di fakultas lain rata-ratanya cuma 30-an.

Kekacauan apa lagi, WOY?!

Kekacauan terjadi pada nilai Kalkulus gue. For your information, Kalkulus di FTI selalu kuis setiap minggunya dan dengan kesibukan gue, gue akhirnya gak bisa belajar secara maksimal. Gue inget banget kuis gue cuma dapet 3 dari 20 poin, alias 15 dari 100 poin. ASTOGEH NGERJAIN APAAN, YA, GUE SAAT ITU! Dan itu bisa dibilang kejadian selama 5-6 kuis. Gue bener-bener gak kebayang, mau dapet berapa nantinya UTS gue.

INI SAATNYA BERUBAH!

Gue mengambil dua buah buku tulis. Satunya gue kasih tulisan UTS 2 FIS 95 dan satunya gue kasih tulisan KALKULUS 35/45.

Buku ini gue pake selama belajar, baik itu nulisin materi, rangkuman dari buku, dan terutama latian-latian soal

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Buku ini gue pake selama belajar, baik itu nulisin materi, rangkuman dari buku, dan terutama latian-latian soal. Setiap belajar gue pasti liat sampul buku yang bertuliskan target nilai ini. Hal ini cukup efektif, sih, untuk memacu gue dalam belajar. Gue berlomba-lomba ngerjain soal dan belajar sebanyak hal mungkin hingga akhirnya di H-1 UTS 2 tiba, buku 40 halaman udah abis dan penuh dengan hasil gue ngerjain soal.

Lagi-lagi, hasil tidak mengkhianati usahanya :’)). Gue bisa dapet 93 di UTS 2 Fisika gue, yang berarti jika dirata-rata dengan nilai UTS 1 gue (yang 57 itu), gue berhasil meraih nilai 75 yang berarti indeks fisika gue A~~~

Selain itu, hal magic selanjutnya terjadi pada nilai Kalkulus gue. Gue yang udah pesimis dengan nilai kuis-kuis gue yang cuma doremi berhasil dapet nilai 38 dari 45 poin. YUHUUU SEKALI BUKAN GUYYSSS!!!

Yak, sekian dari segi akademik gue di semester 2.

O, ya, maaf, ya, kalau kalian nanya-nanya dan gue balesnya super telat abis. Yu know lah kesibukan aing :)). Namanya juga kuliah di itebeh. Sok sibuk lu maemunah :V.

---------------------------------------

Pesan terakhir ditujukan untuk lu, IYA LU! Anak fisika yang dengan kebetulan tau identitas asli gue. Woy jangan baca doang, vote napa, biar gue terkenal.

Next gue akan bahas tentang amanat kehidupan yang gue dapet di semester 2.

ITB (Ini Tips Bertahan)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang