Teknik Industri ITB Semester 6 Part 2

256 5 4
                                    

5. Organisasi dan Manajemen Perusahaan Industri (OMPI)

Di OMPI kita belajar menjadi konsultan. Main konsultan-konsultananlah. Bener.

Sisca Kohl mainnya kesultanan, anak TI mainnya konsultanan.

Apa sih ga jelas ni author gue timpuk lo ya.

Jadi selama satu semester akan berkutat mantengin suatu usaha/perusahaan yang menjadi objek kelompok kita. Berkutat ngeliatin struktur organisasinya, fase usahanya, ciri-cirinya, sampe ngusulin usulan ke perusahaannya sesuai dengan materi yang dibahas di kelas.

Jujur entah gimana ini matkul ya. Bingung gitu kadang nyocokin teori yang dipelajari sama yang ada di kenyataan perusahaannya. Di sini juga belajar cara wawancara dan caranya mendapat informasi dari narasumber (pihak perusahaan) untuk ngebantu kita bikin tugas. 

Tipsnya apaan yak. Bingung juga. Buat kalian yang suka ikut lomba bisnis-bisnis itu kayaknya bakal suka banget sama matkul ini. Tapi gue gak suka. Belajarnya cukup dari buku dan slide dosen tapi entah pas UTS soalnya ajaib, dan pas UAS soalnya studi kasus jadi ngarang aja. Ini tergantung kelas dan tergantung dosennya juga.

6. Simulasi Komputer (Simkom)

Vibes matkul ini mirip vibes matkul OR I dan II-lah. Keabstrakan yang harus kita hitungnya sama. Waktu itu dapet kelas yang harus belajar pake software Arena, buat ngeliat dan ngebuat simulasinya. Seperti namanya, di sini akan belajar banyak soal simulasi. Apa aja? Kebanyakan belajar tentang antrian gitu. Kayak misal membuat simulasi antrian kasir di supermarket yang terdiri dari satu/banyak kasir, kira-kira berapa menit dia nganggur, berapa customer yang bisa dilayani dalam periode tertentu. Begitulah. Belajar juga tentang bilangan random dan variat random.

Ujiannya sama kayak OR I dan II cuman lebih banyak pake Excel. Penting buat banyak latihan soal supaya nanti pas UTS/UAS kalo soalnya mirip-mirip setidaknya terbantulah. Kemarin dapet dosen yang suka banyak ngasih PR latihan soal juga jadi terbantulah walau stres banyak tugas dan tertekan di kelas karena materinya ajaib.

7. Praktikum Perancangan Sistem Terintegrasi III (PPST III)

Ini nih. Cobaan tak berkesudahan anak TI. 

Ya seperti biasa kembali lagi bersama matkul yang 2 sks, ya kalo ditambah praktikum jadi 4 sks tapi beban kerjanya 24 sks.

Di PPST III bakal berkutat soal pengendalian kualitas di modul 1. Jadi harus inget-inget lagi matkul PPM-lah pokoknya. Abis itu modul 2 kembali ke kehidupan kerja rodi di PPST II yaitu bikin dokumen produk dan proses. Bakal ketemu lagi sama MLT, BOM, OPC, dkk. yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Modul 3 juga kembali lagi ke PPM, tentang sampling. Modul 4 OMPI banget, perancangan mulai dari visi misi sampe proses bisnis gitu sampe dapet struktur organisasi. Modul 5-6-7 akan buat sistem informasi gitu, mulai dari pemodelan proses, pemodelan data, dan akhirnya bikin prototype, 11-12 sama APSI dan tubes APSI.

Meninggoy.

Inilah drama kedua dari semester 6. Di modul 1 itu masih bersama kelompok tercinta dari PPST II, yang ternyata belum berubah tabiatnya, masih suka mepet-mepet ngerjainnya dan jadi beban teman. Mulai modul 2 sampai PPST IV itu kelompoknya boleh pilih sendiri, tapi cuman 3 orang.

Ah, elah, ini udah kayak ngebunuh secara perlahan. Satu kelompok 4 orang aja udah limit menuju tipes, gimana 3 orang dengan beban pengerjaan yang lebih besar.

Ada satu makhluk hidup di kelompok gue yang membuat drama di hidup ini semakin kentara rasanya. Salah satu temen kelompok gue ini ternyata sama sekali gak ada niatan untuk menaruh effort lebih pada tugas kelompok PPST yang tercinta ini. Alhasil kinerjanya hanya memancing julid dari gue dan temen gue yang satunya.

Padahal kelompoknya milih sendiri. Tapi salah pilih.

Kadang kerjaannya lama banget gak beres-beres. Kadang kerjaannya seadanya. Kadang gak ada rapi-rapinya sama sekali.

Dahlah.

Udah gitu tes awal PPST ini ternyata masih menjadi musuh terbesar dan pelaku dari ngenesnya nilai PPST yang dihasilkan, apalagi jika menimbang effort, tenaga, dan waktu yang sudah dikorbankan.

Gak ada lagilah obatnya matkul ini. Emang beban semesta.

YAK SEKIAN pembahasan mengenai matkul. Besok akan dilanjutkan dengan pembahasan tentang kerja praktek yang tidak kalah seru dramanya! Jangan lupa di-like!!!

ITB (Ini Tips Bertahan)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang