Lanjut, ya, ga usah bridging, capek.
Eh, gak deng mau bridging ah.
Jadi puncak kegilaan di semester ini jatuh kepada masa-masa saat UTS 1.
Begini point of view-nya.
Jadi hari Sabtu itu ada dua ujian. Satu, ujian Ekonomi Teknik (Ektek), siang gitu. Dua, sorenya ujian Rekayasa Sistem Kerja (RSK). Tapi kondisinya adalah hari Jumat jam 6 sore kita dikasih soal ujian Pemodelan Sistem (Pemsis) yang ujiannya take home. Sebenernya semuanya take home, sih, kan dikerjainya di rumah juga. Maksudnya tuh ujiannya soalnya banyak gitu dan dikerjain selama 24 jam, yang berarti deadline-nya hari Sabtu jam 6 sore.
Panik ga? Panik ga? Paniklah masa engga.
Terus di situ kondisinya belum beres belajar Ektek dan belum mulai sama sekali belajar RSK tapi harus ngerjain soal Pemsis yang deadlinenya 1 jam setelah beres ujian RSK pas hari Sabtu.
Alhasil begadang ngerjain Pemsis dari jam 8 malem sampe 3 pagi. Tidur bentar. Jam 6 pagi bangun buat ngejar belajar Ektek dan RSK.
Udah kayak zombie, dah, asli.
Oke, sekian bridging, saatnya lanjut.
3. Otomasi Industri (Otin)
Matkul ini ngebahas soal perangkat-perangkat yang sering dipake di industri buat memanfaatkan fungsi otomatisnya itu. Nanti akan belajar programmable logic control (PLC), computer numerical control (CNC), sistem manufaktur fleksibel, hingga diakhiri belajar Industri 4.0 dan sedikit bahasan artificial intelligent (AI). Awal-awal matkul ini emang mirip Elektronika Industri/Elkin (gue trauma), masih ngerangkai-rangkai listrik dan logika-logikanya gitu deh. Terus juga sama dengan Elkin, matkul ini ada 2 kali praktikum. Praktikum pertama masih kayak Elkin, ngerangkai-rangkai gitu tapi aplikasinya beda. Praktikum kedua sejujurnya keren gitu guys, kita belajar perangkat IoT sederhana gitu. Kayak bikin rangkaiannya di komputer/laptop tapi nge-on/off-innya pake hape. Yoi keren kan bre.
Jangan di-close, karena ini bukan iklan. Cuman mau nunjukin, kemarin praktikumnya pake aplikasi itu. Namanya Blynk. Bukan Blink yang ini ya. Makasi.
Bukan Blink-nya Blekping juga.
Terus apa lagi ya. Oh, belajar cara baca G code gitu. Dulu kan pernah belajar di PPST I cara buatnya, sekarang cara mengartikannya gitu.
Ujiannya kayak Elkin juga. Ada suruh buat rangkaian, ada teori juga. Intinya belajar aja dari ppt, kalo sempat baru dari buku pegangannya. Kalo ga salah kemarin tuh ada yang gak ada di ppt, adanya di buku. Tapi ya rejeki anak soleh, sempet baca jadi bisa jawab deh. Tapi dendam dari Elkin masih terbawa nih, bund. Curiga deh sama seorang dosen, yang kalo kalian inget gue pernah ngejulidin dia. Yang bilang nilai gue ... sigma di bawah rata-rata itu. Nah, bapak ini juga megang matkul Otin kan dan... ya nilai yang keluar jujur masih tergolong pelit sih. Padahal gue kek merasa udah agak jauh lebih cerdas gitu pas Otin, tapi nilainya segitu-segitu aja. Miris.
4. Rekayasa Sistem Kerja (RSK)
RSK ini ngebahasnya intinya kayak ergonomi gitu si. Gimana caranya supaya lingkungan kerja orang tuh nyaman. Di matkul ini belajar peta-peta operasi kayak operation process chart, peta tangan kanan tangan kiri, dan teman-temannya. Belajar juga studi gerakan, Therblig, studi waktu, waktu standar, Toyota way (7 waste dan teman-temannya), rating kinerja, kelonggaran, metode sampling kerja, dan sebagai-bagainya.
Jujur gue ga suka matkul ini karena... apa ya... tidak memperoleh situasi belajar yang menyenangkan aja. Kemarin tuh dari 3 dosen yang ngajar di kelas, jujur cuman 1 yang enak ngajarnya. Yang 1 lagi dosen senior gitu jadi suka nunjuk-nunjuk kalo di kelas dan dia ga pernah puas gitu sama jawaban mahasiswanya. Yang 1 lagi kayak kurang suka ngejelasin gitu deh orangnya.
Udah gitu sebenernya kalo ujian kan gue udah baca buku gitu tapi tetep ga bisa ngerjain ujian karena kayak setiap ngeliat soal tuh "lah, gue emangnya belajar ginian ya?". Sumpeh entah dari mana itu soal, gue sampe bingung gitu selama ini gue belajar apa. Terus waktu UAS sih yang parah, banyak banget itungan tapi entah gimana gue udah ngitung tapi gaada jawabannya. Kalo engga tuh kayak gue punya rumusnya tapi ga tau digunain buat apa. Kalkulator gue keknya kalo bisa ngomong udah ngehina gue.
Abis UAS RSK ini gue inget banget gue nangis dong HAHAHA melankolis banget. Tapi karena ada masalah lain juga sih waktu itu, tapi lupa karena apa.
Tipsnya apa ya, maaf kayaknya ga bisa ngasih tips. Kayaknya harus rajin-rajin baca buku dan literatur deh, sama cobain soal-soal, terutama yang itung-itungan. Soalnya indeks gue juga pas-pasan. Terus kayaknya efek gak aktif di kelas juga sih. Tapi gue gak aktif di kelas karena selain minder sama temen sekelas, gue juga ga paham materinya jadi gimana mau berdiskusi dengan dosennya di kelas ;(.
5. Ekonomi Teknik (Ektek)
Apa kalian menebak ini adalah matkul ekonomi, tapi buat anak teknik? Jawabannya adalah bisa jadi-bisa jadi. Udah kek ikut acara Family 100.
Iyak pokoknya di matkul ini belajar tentang nilai uang gitu sih. Kayak duit 10 rebu sekarang tuh sama dengan berapa di masa depan, dengan tingkat inflasi sekian. Di matkul ini diajarin buat cash flow diagram, yang ada panahnya naik turun gitu, sesuai duitnya itu pemasukan apa pengeluaran.
Bismillah, kerja di Bank Indonesia.
Belajar juga ngitung-ngitung depresiasi, pajak, inflasi, dan teman-teman sejenisnya. Emang gak sedetail anak akuntansi, tapi yang penting anak TI tau konsepnya gitulah.
Pola pikir.
Di matkul ini jujur harus sering ngulik dan ngerjain soal sendiri gituloh, supaya kebayang pas dikasih soal tuh mesti ngapain. Bukunya cukup bagus buat belajar dan juga banyak latihan soalnya. Latihan soalnya juga banyak kunci jawabannya di internet jadi sangat amat membantu.
Dulu parah banget sih pas UTS (coba baca curhatan di awal chapter ini). Gue kayak bener-bener nge-blank gitu di satu jam pertama ujian, gak tau mesti ngerjain apa. Bahkan gue gak ngerti soalnya minta apa, boro-boro mikirin cara ngerjainnya. Ini efek halu kurang tidur sih parah banget. Tapi kebodohan pas UTS berhasil gue tebus di UAS. UAS puji Tuhan bisa gue kerjakan dengan lancar karena LATIHAN SOAL GES KUNCINYA. Jadi jangan cuma kerjain soal dari slide dosennya aja, tapi ulik soal dari buku juga. Niscaya cerah deh.
Oke karena udah nyampe 1000 lagi, lanjut di chapter berikutnya ya... Di chapter selanjutnya akan ada air mata yang terjatuh lagi WKWKWKWK.
KAMU SEDANG MEMBACA
ITB (Ini Tips Bertahan)
De Todo(#1 in #itb, 30/12/23) Kisah seorang mahasiswa FTI ITB, jurusan Teknik Industri. Semoga bermanfaat bagi peminat kampus gajah logo. Amin.