Happy reading 😁😉.. em.... Sekedar cerita singkat tentang penulis bisa suka dengan literasi.
Assalamualaikum warahmatullah hiwabarakatuh. Perkenalkan namaku Nur Hasan, bisa di panggil ahsan atau hasan. Biasanya sih.. teman-temanku tuh manggil Ahan. Lah kok Ahan katanya ahsan atau hasan kok bisa nyasar ke ahan. Em jadi gini aku cerita sedikit deh. Dulu pas aku masih kecil hingga sampek kelas 6 SD, teman-teman ku tuh manggil Ahan. Awal mulanya sih orang tuaku manggil ahan yaudh kalo aku ditanyain orang-orang, teman, guru nama kamu sapa? Aku jawab Ahan. Entah lambat laun pas pertama masuk sekolah kelas 6, ada guruku manggil, nama kamu sapa nak? Aku jawab nur hasan. Terus di panggil sapa nak? Ahan pak. Lah kok Ahan, nur hasan dipanggil ahan, dari mana coba. Yaudah bapak panggil HASAN. Kan enak ada artinya baik, dari pada Ahan kagak ada artinya. Aku pun coba berpikir, benar apa yang di ucapkan bapak. Aku mengangguk dan menjawab iya pak.
Lantas setelah kejadian itu aku berusul kepada ibu dan bapakku, kalau nama panggilanku di ubah. Dan ibu dan bapakku pun setuju. Nah ketika ada seorang yang bertanya nama panggilan aku jawab hasan, hingga teman' yang dulu manggil Ahan akhirnya juga ikut manggil hasan. Dan untuk ahsan? Untuk ahsan sebenarnya sih nama panggilan tambahan biar lebih oke. wkwkwkw tapi ada artinya juga loh. Ahsan yang di ambil dari segi shorrrofnya yang memikat fiil amar dalam artian PERINTAH yakni "baguslah"
Lanjut ah. Jadi gini.. sebenarnya aku tuh mau cerita awal aku suka membaca dan nulis. Ya walaupun bukan diary seorang motivator, inti niatnya untuk diri sendiri terlebih dahulu.
Membaca dan menulis. Dua pekerjaan ini yang paling aku benci seperti hal matematika gitu susah di tebak dan membosankan. Et benci bukan berati pas sebenci yang kau kira ya. Tapi itu dulu. Pas masih kisaran umuran 15 ke bawah.
Sempat dulu kelas 5 SD, bapak guruku tuh memilih aku tuk ikut lomba IPS. Yaudh aku ikut, pertama aku di beri binjar terus motivasi yang banyak dan bapak guruku tuh pernah bilang gini "kalau kamu ingin bisa, ingin jadi juara kuncinya gini kamu harus hatam membaca buku yang berhubungan dengan IPS" ya kan udah tau kalo aku malas banget membaca kalau olahraga atau yang berbau keringat ayok lah. Ya terpaksa deh aku coba gitu, baca satu bab ya walaupun bacanya palingan 5 menit udah tutup. Tapi bener loh... endinggnya alhamdulillah aku bisa dapet juara ya walupun bukan juar pertama dan kedua, alhamdulillahh bisa juara3nya.
Tapi kamu tau gak.. aku masih belom sadar deh.. lepas lomba yaudh rasa males kambuh lagi. Tapi kalo ada lomba intinya top deh baca terus materinya. Sungguh niat yang tak patut di contoh deh.
Lanjut lagi ah... pas kelas 3 smp ada temanku ngajak ikut seminar. Aku ikut deh. Seminarnya bukan main loh... SEKOLAH JURNALISTK. Fikir pertama ku gini, kalo jurnalistk ini tentang kayak wartawan gitu. Karena penasaran dan pengen tahu aku dan temenku daftar ikut seminar tersebut. Eh setelah mengetahui bener seminar tersebut, aku malah bingung dan bimbang. Soalnya seminar diadakan sampai 4 hari. Yawwo 4 hari coba, enakan rebahan. Ditambah jadwalnya yang ekstra hot.. serba membaca dan menulis. Tapi ya mau gimana lagi udah terlanjur daftar dan gak enak sama teman pula. Aku coba jalanin. Mulai H pertama, jadwalnya sih tentang pengenalan membaca dan menulis. Aku simak dengan penuh kefokusan ya walaupn malas sih. Eh sebelum penyampaian materi, pemateri nya malah nyindir aku, bener sih kalau ingin mendapatkan ilmu itu harus di kejar dan ikat biar gak cepat ilang, ya aku kan gak bawwa catatan cuman bermodal tangan kosang dan telingan. Aku malu dan harus memaklumi gitu. Ya walaupun punya rasa kesal sama pematerinya aku tetep menyimaknya kok. Nah setelah kejadian hal itu, aku bisa sadar dan membuatku lebih ingin mencoba menulis. Ternyata membaca dan menulis sangatlah membuahkan hasil yang sangat memuaskan.
Lajut hari kedua tentang materi cerpen. Aku ikuti dan menyimak dengan betul serta mencatat hal-hal penting dalam menulis cerpen. Eh ketika pas selesai seminarnya pemateri masih ngasih tugas, tugas bukannya main loh... di suruh buat cerpen. Yaelah aku masih baru tau. Tapi aku tidak tinggal diam. Aku coba bertanya kepada pemateri sebulum mengakhirri. Pertanyaan gini. Simple deh. "jika seandainya tidak bisa membuat cerpen, apakah bisa di ganti dengan dairy?" pemateri pun menjawab "ya silahkan kau buat diary gak papa, tapi kalo bisa cerpen ya". Yes aku akan coba ya walaupun pertama aku nulis, intinya nulis.
Terus lanjut aku ke jadwal selanjutnya. Hingga H closing aku ikut dan tak di sangka aku mendapat peserta ter aktif. Nah setelah peristiwa itu aku coba menulis dari yang kecil seperti diary yang kutulis saat ini. Mencoba buat cerpen dan menyetorkan ke buletin terbitan sekolah. Pertama nyetor tidak langsung terbit. Kedua kali nyetor masih. Dan ketiga kalinya alhamdulillah bisa terbit. Dan terus aku menulis dan tak lupa membaca buku-buku sebagai refrensi tulisan. Hingga saat ini dan pernah ikut lomba nulis cerpen alhamdulillah bisa mendapatkan juara 1, tapi di sekolah. Dan terus berlanjut mencoba menulis novel. Mungkin segiulah diary ku.
Selebihnya waalaikumsalam wr wb
BIONARASI
Nur Hasan di panggil HASAN atau AHSAN. Pria berkulit putih, blasteran Jawa Madura, yang hobi 2M&1O (Menulis, Membaca)& (Olahraga) ini berasal dari kota Jember yang sekarang tinggal di sebuah desa kecil bejuta cerita, Pakong yang berada di Pamekasan Madura Jawa Timur. Berkelahiran tanggal 25 april 2004. Masih aktif sebagai siswa IPA MA MAMBAUL ULUM BATA-BATA. Jika ingin akrab anda bisa menyapanya di no wa 085236281802 dan fb\ig san elqhoyry
KAMU SEDANG MEMBACA
SEBUAH INSPIRASI DARI PENULIS (ANTOLOGI CERPEN) [END]
Short StoryBerawal dari penikmat cerpen, Alhamdulillah dengan izin Allah penulis akhirnya bisa menuangkan pikiran lewat tulisan cerpen ini, ya walaupun tak sebagus karya cerpen sastrawan. SEBUAH INSPIRASI DARI PENULIS, merupakan judul yang penulis gadang-gada...