1. Alkisah

1.7K 398 132
                                    

"Alkisah pada zaman dahulu, di sebuah kerajaan. Hiduplah baginda raja, ibunda ratu, dan pangeran. Setiap harinya, ibunda ratu berperan untuk mengurus dua lelaki yang selalu sibuk dengan urusannya masing-masing. Sang raja yang sibuk memimpin kerajaan, dan si pangeran yang cuek dan hanya menyukai dinosaurus peliharaannya. Mereka juga tidak pernah membantu ratu mengurus istana. Semuanya dilakukan oleh sang ratu seorang diri. Membuat sarapan, makan siang dan malam, menyiapkan jubah untuk si raja dan pangeran, merapihkan kamar tidur mereka, membersihkan kotoran dinosaurus peliharaan pangeran, dan masih banyak lagi."

"-di suatu pagi, ibunda ratu bercerita kepada para dino yang sedang membantunya mengambil buah kesukaan pangeran dan baginda raja. Bahwa ia menghadapi suami dan anak yang selalu saja menyusahkan dirinya. Tidak pernah memperlakukan ratu sebagaimana mestinya. Karena kasihan, akhirnya salah satu dinosaurus bernama Gallimimus mengajak sang ratu ke dalam hutan untuk berjalan-jalan. Sang ratu tentu senang, ia dibawa ke tempat yang indah di mana dinosaurus yang lain biasa bermain. Menjamunya dengan makanan enak, membawanya mandi ke sungai, bahkan ratu diminta agar menginap di sarang yang mereka buat khusus untuk sang ibunda ratu. Dan ratu setuju."

"Lalu karena tak kunjung pulang bahkan saat hari telah petang, si pangeran mulai mencari ibundanya. Memanggil namanya ke seluruh penjuru istana. 'Bundaaa...bundaa...di mana? Pangeran lapar, pangeran belum makan'. Baginda raja juga sama, mungkin sudah pingsan karena seharian menunggui ratu kembali. Pada akhirnya, sang baginda dan pangeran pergi ke dapur untuk memasak makanan. Mereka tidak tahu menu apapun, karena setiap harinya mereka selalu dibuatkan oleh sang ratu. Pangeran menangis lagi, karena masakan mereka sama sekali tidak enak."

"Baginda raja pun menyadari, bagaimana lelahnya ibunda ratu yang setiap hari bekerja keras membuatkan makanan untuk mereka. Dan sampai besoknya pun ratu belum juga kembali, istana kacau balau sebab baginda dan pangeran tidak tahu bersih-bersih. Pangeran yang selalu meninggalkan mainannya jika sudah bosan dan menyuruh ratu untuk membersihkannya. Dan raja yang juga selalu meminta ratu untuk menyiapkannya pakaian...kamu tahu? Lelahnya ibunda ratu melakukan hal itu terus setiap harinya?"

"Terus? Bagaimana dengan ibunda ratu?"

"Ibunda ratu sih, senang-senang saja karena terbebas dari suruhan baginda raja dan pangeran. Para dino memperlakukannya dengan sangaaaat baik. Tetapi ketika sore tiba, ratu teringat pangeran dan baginda raja yang sejak kemarin menunggunya untuk mengurus keperluan mereka. Akhirnya ibunda ratu meminta tolong kepada dinosaurus untuk mengantarnya kembali ke istana. 'tapi baginda dan pangeran tidak memperlakukan ratu dengan baik!'. Kata Gallimimus kepada ratu. Namun ratu tetap bersikukuh ingin kembali. Coba tebak kenapa?"

"Karena baginda raja dan pangeran tidak bisa memasak dan bersih-bersih tanpa ibunda ratu?"

"Betul! Tapi yang terpenting adalah, karena ibunda ratu sangat menyayangi baginda dan pangeran. Meski mereka selalu saja mengandalkan ibunda untuk segala hal, namun ibunda ratu senang. Sebab keduanya akan selalu melindungi dan menghibur ratu jika sedang bersedih atau sakit. Keesokan harinya, ratu akhirnya kembali bersama para dinosaurus. Pangeran yang sedang menangis karena merindukan sang ratu lalu berlari memanggil baginda yang sedang asik bermain PS."

"PS? Memangnya di kerajaan ada PS ya, Bunda?"

"Pedang Sakti, sayang." Koreksinya. " 'Raja! Ibunda sudah pulang!' teriak pangeran, raja akhirnya membuang pedangnya yang berharga dan lekas menemui istrinya yang sedang berterima kasih kepada para dinosaurus. Ibunda ratu lalu dipeluk oleh pangeran yang kembali menangis. 'Bunda...maafkan pangeran, pangeran janji tidak akan menyusahkan bunda. Pangeran akan belajar membersihkan kandang dinosaurus dan merapihkan mainan pangeran...'."

"Baguslah. Kata ibunda."

"Terus baginda raja?"

"Baginda raja juga sama, ia berjanji akan memperlakukan ratu dengan baik. Karena ratu sempat bilang kalau ia lebih senang bersama para dinosaurus. Akhirnya, baginda selalu membuatkan makanan untuk ibunda dan pangeran jadi rajin membersihkan istana. Sebab para dinosaurus mengancam akan menculik ibunda ratu ke dalam hutan dan tidak mengembalikannya jika baginda raja dan pangeran ketahuan menyusahkan sang ratu lagi."

until we're grey and old [✔]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang