*Di jalan,,,*
"ehh iya, kamu gabawa baju ganti?" kataku.
"iya nih gabawa. disekitar sini ada toko baju ngga la?" kata azmi.
"insyaallah ada mi, kenapa? mau cari baju dulu?" kataku.
"iya nihh,, baju Azmi udah bau asem," kata azmi.
"yaudah kita cari dulu aja." kataku.
"yaudah yuk," kata azmi.
"kamu keluarin dulu mobilnya." kataku.
"ehhh kan kuncinya sama kamu." kata azmi.
"ehh iya lupa.(mengambil kunci di tasku) nihh kuncinya." kataku.
"okeyyy." kata azmi.
*Azmi pun mengeluarkan mobil dan kami pun menuju ke bravo, kebetulan jaraknya lumayan Deket.*
"kita ke bravo aja kali yah,," kataku.
"iyaudahhh yang penting dapet bajunya." kata azmi.
'''SRTELAH SAMPAI DI BRAVO,,kami pun memarkir mobil dan segera turun karena waktu sudah agak mepet.,'''
"yaudah langsung aja, Jan lupa masker kamu." kataku.
"iya iya." kata azmi.
*kami pun langsung menuju ke tempat pakaian.*
"ehh mi,, ini nih baju Koko nya bagus,, warna navy." kataku.
"bentar la,, tadi di mobil kamu bawa baju warna apa?" kata azmi.
"warna putih, kombinasi sama navy,, kenapa?" kataku.
"yaudah samaan aja yuk," kata azmi.
"samaan gimana?" kataku.
"ya samaan warnanya,," kata azmi.
"emang gapapa?" kataku.
" siapa emang yang ga ngebolehin?" kata azmi.
"yaudah kalo itu mau kamu." kataku.
"cariin yang putih kombinasi sama navy." kata azmi.
"iya ini putih kombinasi nabi azmiiii." kataku.
"yaudah itu aja,, sama tolong sarung warna hitam." kata azmi.
"udah,,, kalo sarung Lala mah ada di mobil, tenang aja sarung masih baru." kataku.
"warna hitam kan tapi?" kata azmi.
"iyaa.,," kataku.
"yaudah, langsung ke kasir aja, mumpung agak sepi." kata azmi.
"bentar mii." kataku sambil memelas.
"kenapa lagi cantikk." kata azmi.
"stok makanan ringan di kamar Lala udah mau habis,, Lala mau beli sekalian biar ngga bolak balik." kataku.
"coba kamu liat sekarang jam berapa." kata azmi.
"ini masih setengah 3 miii,," kataku.
"kan belum mandinya, sholatnya, kamu dandannya." kata azmi.
"aaa Lala ngga bisa make up kalii." kataku.
"udah,, nanti aja, biar ngga terlambat acara di pondok." kata azmi.
"mmmmmm" kataku sambil memelas.
"sabar ya cantik,, nanti dehh Azmi janji sehabis acara di pondok langsung kesini lagi." kata azmi.
"beneran ya." kataku.
"iyaa bawel. yaudah buruan mumpung kasirnya yang itu sepi." kata azmi.
"okeelahh." kataku.
*kami pun membayar baju Azmi dan kemudian menuju ruma uma yang tadi. setelah sampai dirumah,,,*
"Azmi,Lala turun disini aja, kamu nyebrang dulu, Lala mau beli sendal buat wudhu nanti." kataku.
"baiklah la,, hati² ya." kata azmi.
"siapp pakboss." kataku.
*Azmi pun membukakan pintu untukku dengan senyuman yang manis.*
"silahkan,," kata azmi.
"ihhh apaan sih kamu tuh. yaudah tungguin dirumah,, kalo kamu mau mandi, mandi aja sekalian tapi nanti kalo giliran Lala mandi,, tungguin," kataku.
"baiklah la,yaudah Azmi pulang dulu yaa,, assalamualaikum.," kata azmi.?
"waalaikumussalam." kataku.
*setelah aku mendapat sendalnya,, aku pun hendak menyeberang, tapi ada seseorang yang sen ke kanan tapi dia tidak belok,, jadinya aku terserempet olehnya.*
"brakk."
"ehhh dek,, kamu gapapa?" kata penjaga toko."
"iya buk,, ini gapapa." kataku.
*Azmi yang mendengar suara gaduh pun langsung berlari menghampiri Lala.*
"astaghfirullah Lala,, kamu kenapa?, hati hati lah kalo nyebrang, kan saya sudah bilang, hati hati,toleh kanan kiri, udah ayo pulang, obatin itu lukanya. makasih ya pak, buk. kami permisi dulu, assalamualaikum." kata azmi.
"waalaikumussalam, sama² dek.
"nggaa ini gapapa tadi tuh ada orang sen ke kanan, jadinya yaudah aku nyebrang, eh ternyata orangnya lurus, kan bukan salah Lala sii, ko kamu marah² sama Lala." kataku.
"udah udah, buruan nanti infeksi luka nya, buruan ke rumah." kata azmi khawatir.
"iya iya." kataku sambil agak kesakitan.
'''kami pun pergi ke gazebo depan rumah uma. setelah sampai disana,,,'''
"ehh mi, di depan aja, itu di gazebo,ntar kalo masuk malah orang mikirnya aneh²." kataku.
"iya tau lah la, yaudah saya ambilkan kotak P3K dulu, dimana tempatnya?" tanya Azmi.
"itu di kamar depan ada,." kataku.
"yaudah tunggu dulu." kata azmi.
"okelah." kataku.
*Azmi pun pergi kedalam untuk mengambil kotak P3K. setelah itu,,*
"ini kotak P3K nya,bersihin dulu luka nya itu.," kata azmi.
"yahh mii, ini kapasnya tinggal dikit,, tolong ambilin di mobil, tepatnya di tas makeup Lala." kataku.
"yaudah,, tungguin." kata azmi.
"iya iya." kataku sambil membersihkan luka di punggung tangan dengan kapas yang sedikit.
*setelah 2 menit azmi mengambil kapas di mobil,,*
"ini kapasnya,, buruan bersihin, nanti infeksi lohh." kata azmi khawatir.
"iya iya Azmiii." kataku.
"yaudah kamu tinggal aja mandi duluan sana nanti gantian lala, Lala mau ngerawat lukanini dulu." kataku.
"kamu gapapa sendirian?" kata azmi.
"halahhh udah gapapa, buruan nanti keburu acara. di pondok mulai." kataku.
"iya deh iya, Azmi masuk dulu yah." kata azmi.
" iyaa,, " kataku sambil membalut luka ku dengan kasa dan plester.
'''setelah beberapa menit,,'''
"assalamualaikum laaa,ini Azmi udah selesai mandinya, gantian kamu sana gih buruan.," kata azmi.
"waalaikumussalam, iya mi,, kamu tunggu disini aja, Jan masuk," kataku.
"iya iyaa. ehh iya Azmi ga bawa hp, kan tadi tas Azmi, Azmi titipin sama umi,, pinjem hp kamu lah laa,, boleh ngga.?" kata azmi.
"iyaa iyaa, itu ambil aja di tas." kataku.
"ambilin lahh laa,,nanti dikira lancang kalo geledah tas kamu." kata azmi.
"nggaa, udah ambil aja,,, yaudah Lala masuk dulu mandi." kataku.
"okelah laa,," kata azmi.
*setelah beberapa menit aku mandi dan Azmi melihat hpku,,,*
"assalamualaikum mi,, udah yuk buruan balik ke pondok, udah mau adzan." kataku.
"waalaikumussalam,iya tuh la, yuk lah buruan." kata azmi.
*kami pun berjalan menuju pondok dengan berjalan jarak agak jauhan karena kami sudah mengambil wudhu terlebih dahulu. setelah sampai di pondok,,,*
"assalamualaikum umi, Uma,adek²." kataku sambil menyalami umi, dan Uma.
"assalamualaikum." kata azmi.
"waalaikumussalam, ehhh lalaa, kenapa tangan kamu tuh, yang kemaren kena pisau belum sembuh sekarang udah ada luka lagi." kata uma.
"gapapa Uma, ini tadi ada sedikit kecelakaan ringan aja." kataku.
"astaghfirullah nak,, tapi gapapa kan kamu?." kata umi Layla.
"alhamdulilah gapapa umi. yaudah sholat yuk." kataku.
"hayukk mbakk,." kata dek Rara dan dek naina.
"kamu udah ambil wudhu kan la?" kata uma.
"alhamdulilah udah Uma." kataku.
"yaudah yuk ke masjid." kata umi Layla.
'''kami pun pergi ke masjid bersama sama. aku beriringan dan bergandengan dengan dek Rara dan dek naina. setelah beberapa menit kami menunaikan ibadah sholat ashar,,,'''
"ayukk,, diberesin dulu mukenahnya ya dek,, dilipet yang rapi.." kataku kepada dek Rara dan dek naina.
"baik mbakk,," kata dek Rara.
"okeyy kak." kata dek naina.
"pandai ya mbakk, si Lala ndidik adek² nya." kata umi Layla kepada Uma.
"iya mbak, di rumah aja kalo si naina ngga segera sholat Lala yang nasehatin." kata uma.
"subhanallah." kata umi Layla.
"udah selesai kak,," kata dek naina.
"udah mbak." kata dek Rara.
"Masya Allah, alhamdulillah, pinter banget dek naina, dek Rara. sebagai hadiahnya, nanti pas buka kalian akan saya kasih sesuatu." kataku.
"yeyyy,, apa tuh kak?." kata dek naina.
"horeyyy,, apaan tuh mbak hadiahnya?" kata dek Rara.
"hehehee rahasia dongg." kataku.
"baiklah kami tunggu." kata mereka.
"yaudah yuk kembali ke kantor pusat,, umi, umaa, kembali ke kantor pusat yuk." ajakku.
"ayokk la,," kata uma.
*kami pun kembali ke kantor pusat,disana, sudah ada azmi,Abi Ahmad dan Abah. paman pun datang dan memanggilku dengan Azmi.*
"assalamualaikum, nak, Lala, Azmi ikut paman yuk." kata paman.
"kemana paman?" kataku."
"udah ikut aja,," kata paman.
"yaudah umi, Uma, Abah, Abi Azmi sama Lala ikut paman dulu yahh,, assalamualaikum." kata azmi.
"Lala ikut paman dulu yah umi, Uma, Abi,Abah,, assalamualaikum." kataku.
"waalaikumussalam." kata mereka.
*aku dan Azmi pun ikut paman menuju kantor guru, disana,,,*
"azmii,sama lala bersedia nggak kalo kalian yang mandu acara?" kata paman.
"lohh paman,,," kataku.
"iyaa, kan ini nanti sambutan sambutan, kemudian pembacaan ayat suci Al-Quran, dilanjut ke acara selanjutnya kan,, tenang aja udah ada susunan acaranya kok." kata paman.
"baca ayat suci Al-Qur'an aja deh paman,, nanti Azmi ayatnya, lala artinya, apa sekalian hadrahnya juga,?? kalo mandu acara, Lala kurang pandai.." kataku.
"tapi team hadrahnya udah ada, pembaca ayat suci nya juga." kata paman.
"udah la gapapa, ada Azmi kok,, in shaa allah Azmi bisa." kata azmi.
"tuhh ada Azmi,,dia bisa juga lagian." kata paman.
"baiklah paman." kataku.
*aku dan azmi pun pergi ke aula untuk gladi bersih,, sesampainya di aula, banyak sorakan dari santri² lain. kemudian,,,*
"huuuuuuuu,,," sorakan dari mereka.
"udah mi, Jan diladenin. ngikut paman aja." kataku.
"iya deh la,," kata azmi.
"ehhh Lala, Azmi tukar profesi aja, kalian pembaca ayat sucinya,." kata paman.
"alhamdulilah,,baiklah paman," kataku.
"iya paman." kata azmi.
"iyaa maaf ya,, soalnya ini pembaca ayat sucinya ada halangan. nanti tunggu aja naratornya bilang pembacaan ayat suci Al-Quran,, gitu ya nak." kata paman.
"nggih paman." kata azmi.
*setelah beberapa menit sambutan-sambutan dari beberapa kyai, pembacaan ayat suci Al-Quran pun dimulai.*
"pembacaan ayat suci Al-Quran,," kata naratornya.
*aku dan Azmi pun langsung naik dan duduk agak berjauhan,, kami pun membaca ayat Alquran dan mengartikannya.,, setelah selesai,, kami pun turun dengan tepuk tangan dan sorakan yang bergemuruh.*
"alhamdulilah udah selesai,,, ke tempat umi yuk la,," ajak Azmi.
"emang kamu tau tempatnya? pondok ini tuh luas banget." kataku.
"buat apa hp sama wa kalo gak dimanfaatin?." kata azmi.
"ehhh iya yah." kataku.
"astaghfirullah Lala,,," kata azmi.
"hehehee, yaudah buruan kamu chat umi." kataku.
*Azmi pun chat ke wa umi Layla dan ternyata umi Layla,Uma,dek Rara dan dek naina ada di Utara sedangkan, Abah,abi ahmad dan dek nofal ada di sebelah selatan.*
"ini umi Layla sama Uma kamu ada di utara nih laa, sedangkan Abi sama Abah di selatan. kamu mau saya anterin dulu? yaudah anterin aja, nanti malah kenapa-napa lagi." kata azmi.
"udahlah mi,, gapapa, Lala sendiri aja, kamu kesana, ke Abi sama Abah. nanti malah kamu dilirik sama santri² lain lohh." kataku.
"cieee cemburu." kata azmi.
"e-ehh nggakk,, udah Lala mau ke umi sama Uma dulu,, assalamualaikum." kataku.
"iya deh iyaa ,, waalaikumussalam." kata azmi.
*kami pun berpisah, dan setelah acara berjalan beberapa jam,, acara pun usai, jam menunjukkan pukul setengah 6 sore, dan setelah kita menuju ke kantor pusat, adzan Maghrib pun berkumandang.,*
"alhamdulilah, adzan Maghrib." kata umi dan Uma.
"yeyyy udah waktunya buka puasa,," kata dek Rara dan dek naina.
"yaudah kita ke dapur yuk,, makan bersama, nanti ada ruangan terpisah dari santri² lain." kata paman.
"yeyyy makan,," kata dek Rara dan dek naina.
*kami pun menuju dapur sebelum santri lain ke dapur. kami ke dapur untuk mengambil minum dan kurma, setelah itu kami sholat.,, setelah beberapa menit kami sholat,,,,*
"yuk kembali ke dapur,," kata uma.
*kami semua pun menuju dapur untuk makan malam. setelah itu,,*
"mbakk,,, katanya mbak punya hadiah buat rara sama naina,," kata dek Rara.
"iya iyaa, mbak inget kok,, udah,, ini dihabisin dulu makannya." kataku.
"yeyyy" kata mereka.
*umi Layla,uma,abi ahmad,abah,azmi dan paman pun tersenyum. setelah selesai makan,,aku pun membereskan piring² kotor. dan Azmi pun membantuku. kemudian aku pun mencuci piring² kotor itu.*
"ehh itu tangan kamu gapapa buat cuci piring?" kata azmi khawatir.
,"udahh,, gapapa mi,," kataku.
"ohhh ya,, tadi di meja makan kamu sama dek Rara dan dek naina ngomongin hadiah,, emang hadiah apa?" kata azmi kepo.
"ihhh kamu tuh, kepo yahh," kataku.
"ayolah laa,," kata azmi.
"iya deh iya,, kan tadi mereka ngelipet mukenahnya rapi banget tuh habis sholat, Lala rencana mau beliin mereka jajanan di santrimart di sebelah pondok, dan kalo mereka masih kurang puas ke indomart,, kenapa? azmi mau ikut?" kataku.
"ya iya lahh, azmi harus ikut lahh,,." kata azmi.
"yaudah iyaa,, ini juga udah selesai. kamu panggil sana mereka. Jan lupa sama dek nofal sekalian yah." kataku.
"baiklah tuan putri." kata azmi.
"dihhh apaan sih mii," kataku.
*Azmi pun memanggil dek Rara,dek naina dan dek nofal dan menungguku di taman pondok. di tempat cucian piring,,,*
"ehhh mbakk,, sini Lian bantuin ya mbak,," kata Lian yang tiba-tiba muncul dibelakangku.
"e-ehh dekk Lian, ngagetin aja,, udahhh gapapa udah hampir selesai kok." kataku.
"ohh ya mbak,, mbak udah dari kapan Deket sama kak Azmi?" kata Lian.
"ya udah agak lama sihh dek. ngga Deket kok,, cuma niat njalin tali persaudaraan aja,," kataku.
"tau nggak mbak,," kata Lian.
"apa dek?" kataku.
"pas mbak Deket sama Kak Azmi tuhh temen-temen Lian banyak yang gak terima, tapi juga ada yang ngedukung soalnya mbak tuh baik, rajin,pandai,sopan pokok segalanya dehh, tapi banyak juga yang gak suka. bilang ke Lian temen-temen tuhh," kata lian.
"oh ya dek?" kataku.
"iya mbakk,, apalagi tuh kakel yang namanya Dina,, yang santri baru tuh mbakk," kata Lian.
"oalahh, Dina.." kataku.
"iya mbak,, dia sempet bilang gini,, 'orang Azmi udah dijodohin sama aku, ngapain takut diambil sama si lala.' gitu mbakk." kata Lian.
"udah dekk, gapapa. lagian Azmi sama mbak gaada apa² kok, kamu bilangin aja sama dina, jangan takut Azmi tak ambil." kataku.
"baiklah mbak." kata Lian.
"ehhh iya dek, mbak mau ke santrimart kamu mau ikut?" kataku.
"ngga deh mbakk, mbak sama kak Azmi aja hehehe." kata Lian.
"ihhh apaan sih kamu dek,," kataku.
"gapapa mbakk, lebih baikan mbak kalii daripada si Dina itu. Lian dukung mbak Lala sama kak Azmi,, semangat ngedapetin cinta mbak yaa,," kata Lian sambil berjalan menjauhiku.
"apaan sih dekk," kataku sambil senyum.
*aku pun mencuci tangan dan pergi menuju ke taman. pas di pintu dapur,,,*
"ehhh dek Rara,dek naina,,." kataku.
"assalamualaikum." kata dek Rara dan dek naina.
"Masya Allah,, waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh anak cantikk." kataku.
"hayuuu mbakk,, mana hadiahnya?" kata dek Rara.
"iya nihh kak,, mana hadiahnya?" kata dek naina.
"iya iyaaa ini kakak mau berangkat nyusulin kalian, tapi kalian udah keburu kesini." kataku.
"yaudah mbakk ayooo." kata dek Rara.
"iya kakkk,, ayoo." kata dek naina sambil menarik tanganku.
"e-ehh iya iyaa." kataku.
*dijalan, kami bertemu umi dan Uma.*
"assalamualaikum,,, ehhh dekk,, ini kenapa tangannya mbak Lala kok ditarik-tarik gitu,, kan kasian mbak Lala, sakit." kata umi Layla.
"waalaikumussalam umi,,ehhh iyaa,, kami minta maaf ya mbak,," kata dek Rara dan dek naina.
"iya dekk, gapapa." kataku.
"yaudah ayuu mbakkk,," kata mereka.
"iya iyaa.." kataku.
"emang mau kemana la,?" kata uma.
"ke santrimart Uma, Uma sama umi mau nitip?" kataku.
"oalahh, kamu beli ice food aja nak buat sahur besok." kata uma.
"baik Uma. yaudah kami permisi dulu ya,, assalamualaikum." kataku.
"waalaikumussalam nak," kata umi Layla dan uma.
*kami pun menyusul Azmi di taman dan berangkat menuju santrimart. sesampainya disana,,*
"ehhh itu kan gus azmi,,, kok bisa disini yahh,, itu sama cewe lagi,, jangan jangan itu tunangannya." kata salah satu fans Azmi.
"ehhh kak Azmi,, boleh minta foto?" kata fans lainnya.
"yaudah mi,, kami kedalam dulu yahh,, kamu nitip apa?" kataku.
"udah habisini Azmi nyusulin kalian." kata azmi.
"okelah.." kataku.
"ehhh kak, itu tadi yang pake cadar tunangannya yah?" kata salah satu dari fans azmi.
"ehhh ngga kok, yaudah saya mau masuk dulu, assalamualaikum." kata azmi cuek dan meninggalkan mereka.
*Azmi pun masuk ke santrimart.*
"assalamualaikum la, udah selesai?" kata azmi.
"belum, ini nanti ke indomart sekalian,, soalnya disini gaada ice food." kataku.
"mereka mau beli apaan la?" kata azmi.
"gatau,, biarin mereka milih²." kataku.
*dek Rara,dek naina dan dek nofal pun sudah selesai memilih, mereka membeli beberapa snack dan susu.*
"udah dek? itu aja?" kataku.
"iya kak,," kata dek Rara,dek naina dan dek nofal.
"yaudah ke kasir yuk,, bayar dulu." kataku.
*kami pun menuju kasir dan membayar. belanjaan pertama satu kantong plastik sedang pun selesai.*
"yaudah kita cari ice food di indomart yukk,, mau nambah jajan lagi kan?" kataku.
"ya mau lah kak." kata dek naina.
ya mau dong mbakk,," kata dek Rara.
"nofal mah ngikut aja hehee.." kata dek nofal.
"yaudah mi kita ke indomart yukk." kataku.
*kami pun pergi ke indomart. sesampainya disana,,,*
"alhamdulilah la, gaada yang ngenalin Azmi," kata azmi.
"yaudah masuk yuk." kataku.
"baiklah." kata azmi sambil membukakan pintu untukku.
" makasihh mii,," kataku.
"sama²." kata azmi.
"yaudah kalian ambil yang kalian mau gih,, nanti langsung kesini yahh,," kataku.
"baik kak,," kata dek naina.
*aku dan Azmi pun mengambil ice food dan beberapa minuman dingin.*
"kok kaya kesusahan nihh bawanya,, Azmi ambilin keranjang belanja dulu yah,," kata azmi.
"iya deh,, makasih yaa." kataku.
"iyaaa sama-sama." kata azmi.
*setelah azmi mengambil keranjang belanja,,*
KAMU SEDANG MEMBACA
perkenalan berujung perjodohan
Fanfictioncuman cerita fiksi yah kalau dalam kenyataan yah alhamdulillah bersyukur bangett hehe aamiin