Home asem home

29 5 0
                                    


Selesei mandi dan berpakaian. Aku turun ke dapur. Lihat jam di dapur udah menunjukkan pukul dua siang. Aku lihat mama dan kak Al udah duduk di kursi makan. Mereka makan duluan. Nggak liat aku. Aku juga nggak langsung gabung sama mereka. Tapi nyamperin Bi Lusi, asisten rumah tangga aku. Menepuk pundak dia, sontak Bi Lusi yang lagi ngupas buah berbalik.

"Ya, Non. Ada apa? Aduh kenapa jidatnya, Non? Sini-sini biar Bibi obatin."

Nggak perlu waktu lama Bi Lusi lihat luka di jidat aku yang perbannya udah basah. Kami berdua udah sampe ke ruang keluarga. Aku nggak ngomong apa-apa saat Bi Lusi duduki aku ke sofa dan Bi Lusi permisi sebentar ngambil P3K yang entah di mana. Sebenernya aku bukan nggak mau ngomong. Cuma aku takut aja nanti jidatnya keluar darah lagi(lebay, cuma ngomong jidatnya bisa berdarah). Aku tadi lupa kalau jidat aku di perban pas mandi. Lagian aku emang jarang luka begini. Untung nggak sepat nyabunin muka. Bukan, bukan nggak cuci muka. Cuma nggak dikucek kayak biasa. Nanti lukanya bakalan lansung berdarah dan perih. Aku belum lihat seberapa besar gorensannya. Cuma ranting tadi emang ada cabang yang tajam. Presentase lebar lukanya pasti gedhe. Cowok itu aja panik beliin aku perban. Dia aja sampai lupa untuk beli kapasnya dan relain saputangannya dipakek buat ngelap darah di luka aku.

Hah, ngomong-ngomong sapu tangan itu. Aku udah jemur dia di beranda kamar. Pakek gantunan jemurannya kak Al yang tadi aku ambil. Kak Al palingan juga cuek nanti tau ngambil barang dia tanpa ngomong.

"Sini lagi Non."

Bi Lusi yang udah bawa P3K duduk di depan aku. Orangtua tunggal dari tiga anak di usia dia yang berkepala empat ini emang yang paling ngerti aku yang takut darah. Aku tutup mata pas dia hati-hati banget ngobatin luka aku.

"Besar nggak, Bik?"

"Enggak, Non."

"Dalem? Perlu dijait?"

"Nggak dalem juga cuma karena di kepala banyak saraf tuh yang merah-merah keluarnya."

Tuh yang merah-merah artinya darah yah bray. Bukan jus tomat.

"Duh."

"Sakit, Non?"

"Pedih sikit, tapi nggak papa."

"Iya, ini juga sebentar lagi siap." oles-oles, dingin amat nih alkohol.

Bener aja, nggak ada lima belas menit perban baru udah ditempelin di jidat aku. Aku bisa rasainnya.

"Udah siap."

Aku buka mata dan lihat muka Bibi Lusi.

"Makasih ya Bi?"

Bi Lusi bangkit dari duduk, beresin bekas perban yang udah dipotong dan mau beranjak pergi.

"Non, saya mau lanjutin potong buahnya. Non langsung makan, yah?"

"Hn."

Dengan itu bibi pergi lagi. Aku juga berangkat ke ruang makan. Udah laper, kesiangan sih. Aku duduk di samping Kak Al yang lagi minum. Kakak Al udah siap mau berangkat lagi kesekolah. Mama udah mau habis nasinya.

"Kenapa kepala kamu, Dek?"

Aku ngambil nasi saat mama nanya aku ini. Aku, anak mama jujur mau cerita kenapa aku punya luka ini di jidat aku. Cuma takut aja dia tahu cabut dari kelas.

"Tadi Adek temenin Dhandi balikin sapu ke gudang. Adek kejedot sama rak bola basket."

Aku dapet ide ini dari pakaian basket kak Al. Kak Al memang ikut basket. Walau sekolah cuma ngizinin satu siswa cuma boleh ikut satu eskul dan boleh aja ganti asal nggak ganda. Kak Al pengecualian, dia ikut dua eskul. Atau tepatnya dibolehin. Dan posisi dia bukan pemain buat pertandingan tapi dia asisten pelatih. Dalam artian kakak aku yang baru kelas dua ini sangking pinternya main basket-padahal kutu buku-diajak pelatih basket buat training anak baru. Itulah kenapa dia anak emasnya mama.

Cewek Jelek (Nyol)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang