Warning! Violence.
---
Setelah mengantarkan semua pulang, kini tersisa Off dan Arm di samping Tay. Keheningan melanda tiga sahabat di sana, sebelum akhirnya suara radio mobil mencairkan keheningan.
"Menurut lo, punya rasa pemaaf penting nggak, sih?" Suara salah satu penyiar di sana terdengar.
"Penting—walau gue sendiri masih sudah buat maafin orang."
"Gimana? Bisa tolong jelasin lebih detail nggak apa yang lo maksud dengan 'pemaaf itu penting tapi gue masih susah buat ngelakuin' di sini?"
"I mean, gue bukan orang yang naif. Gue kalo disakitin sama orang, apalagi menyangkut kehidupan gua dan keluarga, bakal susah banget buat maafin. Tapi, balik lagi ke diri lo sendiri, mau terus terlena sama rasa marah dan dendam, apa coba ikhlas—karena jujur, jadi orang pendendam tuh capek banget. Capek banget, serasa lo tuh belom bisa damai sama diri lo sendiri, sama masa lalu lo sendiri."
"Oh, paham."
"Iya, lagi wajar, kok. It's a normal thing buat manusia ngebenci apapun yang udah nyakitin dia. Penting juga buat jadi pemaaf, tapi menurut gua, semua orang nggak wajib buat jadi orang yang pemaaf. Kuncinya ya tadi, gimana elo, gimana hati lo, gimana tubuh lo—karena walaupun lo coba sekuat mungkin benci sama orang, dendam sama orang, bakal ada rasa lelah ketika lo sampe di titik tertentu—"
"—dan ketika saatnya tiba, rasa marah itu yang bakal ngehancurin diri lo sendiri." Narasumber yang Tay tidak ketahui namanya itu akhirnya selesai dengan pandangan akan kata 'pemaaf' dalam kamus kehidupannya.
"Berarti, pada akhirnya kita semua harus maafin orang itu kan?" Kali ini suara sang penyiar terdengar lagi, sejujurnya agak mengherankan karena umumnya radio tidak akan menampilkan topik yang seserius ini untuk dibahas.
"Nope. Tadi sempet gua singgung juga, manusia nggak wajib buat jadi orang pemaaf, karena mereka punya perasaannya masing-masing. Orang nih ya, mau maafin manusia yang udah nyakitin hatinya atau enggak pun, gue yakin mereka punya alasan tersendiri untuk itu. Lo nggak perlu repot-repot mikirin alasan buat maafin orang lain, kalo detik ini lo punya alasan buat nggak maafin dia—"
"—menurut gue, ini semua pada dasarnya menyangkut apa yang lo percayai dan nggak dipercayai dalam diri. Dari dua pilihan itu, pilih deh satu yang buat perasaan lo nyaman. Lagian perasaan nggak bakal sama terus, kalo hari ini lo mutusin buat nggak maafin orang tersebut, oke, dan satu dua hari bahkan setahun dari sekarang akhirnya lo mutusin buat maafin orang itu juga oke. Lebih ke sesuain sama kondisi lo sekarang aja, jangan dipaksain—"
"—Walaupun benefitnya bakal lebih banyak kalo lo dalam waktu deket maafin orang itu, lo bisa keliatan lebih bijak, hati lo bakal lebih nyaman juga, bahkan mungkin bisa ngehindarin kejadian-kejadian yang nggak lo pengen, tapi inget, pikirin perasaan lo lebih dulu."
"Ah, I see, dan menurut lo ya, karena tadi udah jelasin panjang lebar juga, gimana sih cara maafin dan nerima kesalahan besar yang udah orang lakuin ke kita?"
"Duh susah ya, karena pas awal gua juga udah bilang kalo gua masih susah maafin orang. Tapi menurut gua, kuncinya itu ada di rela, sih, ikhlas gitu."
"Kenapa, tuh?"
"Nggak ada pilihan lain lagi sih bagi gua selain relain. Kalo lo mau bener-bener maafin orang, ya lo harus relain kesalahan yang udah lalu itu. Beda sama ngelupain, ya. Orang-orang tuh sampe maksain banget buat ngilangin ingatan paling nyakitin dari luka yang mereka punya, tapi percaya deh, semakin pengen lo lupain, hati lo semakin inget sama rasa sakitnya, dan itu yang nyebabin sulit buat maafin. Jadi, relain. Udah. Damai sama diri sendiri. That's enough kalo menurut gua."
KAMU SEDANG MEMBACA
Right From The Start ✓
RomansaYou already being the winner of my heart right from the start, Te. Sekarang, janji buat bahagia, ya? A Taynew's fic by Polcarizm.