25 - Maaf

7.3K 962 172
                                    

Pagi ini Seonghwa bangun kesiangan, nggak kayak biasanya. Mungkin karena terlalu capek, badan dan pikiran. Hongjoong nggak ada di sebelahnya, pasti udah bangun duluan.

Masih di atas kasur, Seonghwa belum ada niatan turun. Cuma setengah duduk dengan tatapan kosong. Wajahnya sembab banget, semaleman dia nangis di pelukan Hongjoong sambil suaminya itu ngebisikan kata-kata penenang.

Seonghwa ngusap wajahnya, terus nyibak selimut. "Aku harus bikinin anak-anak sarapan."

Ngebuka pintu kamar, Seonghwa kaget karena ada Mingi tepat di depannya. Anak itu masih nunduk, belum berani natap mamanya.

"Igii?" Seonghwa mulai ngebuka suara, tapi pake nada pelan.

"M—ma, maafin Igi. Papa udah jelasin semuanya tadi."

Iya bener. Hongjoong bangun pagi-pagi terus nyamperin adeknya itu ke kamar. Ngeritain semua yang terjadi kemarin sejelas-jelasnya dari awal sampe akhir. Dan Mingi nangis, nyesel banget udah marah-marah, ngebentak Seonghwa.

Hongjoong bilang nggakpapa, dia paham kenapa Mingi bersikap kayak gitu.

Mingi ngangkat kepalanya, natap Seonghwa sambil ngomong nyesel, "Maaf Ma. Maafin Igi udah bentak-bentak Mama. Maaf karena nggak dengerin Mama dulu. Maaf udah bikin Mama sedih."

Seonghwa nangis:(

Tubuhnya Mingi direngkuh ke pelukan. "Nggakpapa Sayang. Makasih ya udah maafin mama. Mama juga janji nggak akan bikin kalian khawatir lagi."

Pelukan di lepas, sebelumnya Seonghwa sempet ngasih kecupan singkat di puncuk kepalanya Mingi.

"Sekarang mama udah boleh nemuin Kak Yeosang?"

Mingi ngangguk. Mereka jalan bareng ke kamar Yeosang, tapi akhirnya yang masuk Seonghwa doang karena katanya Mingi nggak mau ganggu.

Di kamar Yeosang udah ada Hongjoong. Lagi duduk ngadep Yeosang sambil megang segelas air putih.

"Eh Yeosang udah sarapan? Kok diminumin obat??" Panik Seonghwa ngelihat Hongjoong yang naruh tablet di mulutnya Yeosang.

"Ini bisa diminum sebelum makan kok, Hwa," bales Hongjoong.

Yeosang udah nelen obatnya. Seonghwa jalan ngedeket, ikut duduk di tepi kasur. Ngelihatin Yeosang khawatir, anaknya nunduk terus soalnya.

"Yeosang kenapa, kamu sakit?" Seonghwa nanya, lembut banget suaranya hampir nggak kedengeran.

Yeosang diem.

"Dijawab mamanya."

Matanya Seonghwa langsung ngebulat denger kata-kata suaminya. Mereka udah sepakat loh nggak akan maksa Yeosang nganggep mereka sebagai orang tua, termasuk manggil dengan sebutan Mama Papa.

"Joong??"

Yeosang ngangkat kepalanya, natap Seonghwa pake senyum. Lain sama Seonghwa yang malah kayak orang bingung. Kalau Hongjoong cuma nontonin sambil senyum tipis tapi penuh arti.

"Aku nggakpapa kok, Ma."

Tunggu, tunggu.. apa?

Ma?

"Kamu panggil...?"

"Boleh kan aku manggil Mama juga?"

Seonghwa masih nggak percaya, kayak mimpi. Dia ngelirik suaminya dulu, mastiin kalau Hongjoong juga denger hal yang sama. Dan Hongjoong bales ngangguk sambil senyum.

Hongjoong juga sebenernya nggak percaya, tapi nyatanya Yeosang beneran izin gitu tadi pas selesai dengerin ceritanya Hongjoong.

Yeosang sadar kalau dia sesayang itu sama Seonghwa, sekhawatir itu waktu ditinggal Seonghwa, sama kayak rasa sayangnya Yeosang ke mamanya yang udah meninggal.

Job | joonghwaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang