Yunho sama temen-temennya lagi ngecek PPT buat bahan presentasi, bentar lagi dosennya bakal masuk soalnya. Hasil begadang semaleman nih, emang dasar mereka demen banget nugas mepet deadline padahal udah diumumin dari dua minggu lalu.
Tapi gitu-gitu Yunho bersyukur karena temen kelompoknya pada bisa diajak kerja semua, nggak kayak temen kelompok kalian yang cuma numpang nama doang:)
Udah masuk tuh dosen, ya biasalah salam-salam pembukaan dulu. Terus barulah nentuin kelompok siapa yang bakal maju duluan. Pertama buat basa-basi, ya ditawarin dulu, siapa tau ada yang bersedia jadi yang pertama presentasi.
"Pak, kelompok saya siap maju sekarang."
Yeri melototin Yunho nggak nyantai, temen kelompoknya yang lain juga sama. Nggak ada kesepakatan ya bakal milih maju duluan, lah kok tiba-tiba Yunho ngajuin diri. Kesambet kali ya ni anak.
"Udah buruan, gue harus cepet-cepet balik nih, keluarga gue ada yang meninggal."
Mau nolak nggak tega, mau maju juga nggak siap. Tapi ya.. modal nekat ajalah:(
*****
Dapet kabar duka pagi tadi, Hongjoong yang udah siap-siap ngantor akhirnya nggak jadi berangkat. Anak-anak yang udah pada peke seragam juga pada milih kirim surat ijin aja, kecuali Wooyoung sama San nih yang masih nggak ngerti kenapa mereka nggak dibolehin sekolah, padahal kan hari ini ada tebak-tebakan berhadiah kata Bu Guru:(
"Ma, aku nggak usah ikut ya?"
Yeosang tiba-tiba nyamperin Seonghwa yang lagi makein sepatu Jongho.
Seonghwa ngehela napas, satu lagi yang nolak diajak ke rumah duka. Tadinya Mingi juga nggak mau ikut dengan alasan males liat muka judes omanya, tapi setelah dikasih wejangan sama Hongjoong akhirnya anak itu mau juga. Seonghwa juga nggak ngerti suaminya ngomong apaan, tapi kok ya bisa manjur gitu, langsung nurut Mingi nya.
"Yeosang.. "
"Aku nggak mau Oma marah-marah di hari kepergian Opa."
Hongjoong ada di belakang mereka, dia denger semua yang diutarain Yeosang.
"Yeosang, kita ke sana buat ngasih penghormatan terakhir untuk opa, nggak usah mikirin yang lain ya. Tenang aja, Papa nggak akan biarin oma bikin ulah. Seenggaknya oma harus bisa nahan diri di hari kepergian suaminya," kata Hongjoong sambil nepuk-nepuk pelan bahu kanannya Yeosang.
Setelah denger kata-kata Hongjoong, Yeosang merenung sebentar.
Yeosang cuma beberapa kali ketemu sama Opa nya, mungkin bisa dihitung dengan jari. Tapi dari pertemuan singkat itu, Yeosang bisa tahu kalau Opa nggak seperti Oma nya. Opa nggak pernah nyalahin siapapun atas kepergian anaknya, malah justru terkesan nyalahin diri sendiri karena penyesalan di masa lalu.
Kalau Yeosang nggak datang, rasanya dia bakalan nyesel.
"Gimana Sayang, ikut atau enggak?" Seonghwa nanyain setelah beberapa saat.
"Euhm, aku mau ikut deh Ma," putus Yeosang.
*****
Udah ada beberapa pelayat di rumah duka. Sebagian dari saudara jauh dan sebagian lagi orang-orang yang dikirim Hongjoong buat ngurus acara.
Tubuh kaku Opa udah siap dimasukin peti. Tadi Seonghwa ikut bantu makein baju dan atribut lainnya. Kok Oma nggak protes Seonghwa ikut campur? Ya enggak lah, orang Oma sendiri aja cuma duduk diem kayak orang linglung. Semua persiapan ibadah pemberangkatan dan pemakaman yang ngurus orangnya Hongjoong dan Seonghwa.
"Joong, ini Oma ikut ke makam nggak?"
"Enggak, Hwa. Tadi aku suruh suster bawa Oma ke kamar biar istirahat, kayaknya Oma nggak bakalan kuat di makam nanti."
KAMU SEDANG MEMBACA
Job | joonghwa
FanficTentang Seonghwa yang punya 3 pekerjaan sekaligus dengan satu bos yang sama. Warning! bxb non baku joonghwa/seongjoong started : 08/10/2021 finish :