34. Menanti Lailatul Qodar

8 3 0
                                    

"Seperti penantianmu terhadap Lailatul Qodar,Bisakah engkau menantiku?"

_Zidan_

🍁🍁🍁

"Jadi,Santri wa santriat yang insyaallah dimulyakan oleh Allah, Lailatulqadar atau Lailat Al-Qadar adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Al-Qur'an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Deskripsi tentang keistimewaan malam ini dapat dijumpai pada Surah Al-Qadar, surat ke-97 dalam Al Qur'an."

"Dan menurut para ulama mazhab Syafi'i, lailatul qadar disebut jatuh pada 21 dan 23 Ramadan. Sementara sebagian ulama lain berpendapat, malam tersebut akan jatuh pada 27 Ramadan." Tutur Ustadz Abdullah petang ini.

Sangat mengagumkan sekali.Semua santri dan santriat begitu bahagia mendengar penuturan dari ustadz Abdullah,pasalnya hari ini bertepatan tanggal 20 Ramadan, Dimana mungkin tiga hari kedepan malam Lailatul Qadar itu akan tiba.

Tak terasa sudah 20 hari umat muslim menunaikan ibadah puasa,Tak terkecuali untuk Nadya. Gadis itu baru kali pertama menunaikan ibadah Puasa Ramadan di lingkungan pondok pesantren.

Bahagia.hanya bahagia yang ia rasakan.Sungguh.Tak ada hal paling indah untuk itu.

"Santri wa santriat,Jika ada yang ingin ditanyakan boleh ya, masih ada waktu 20 menit menjelang berbuka puasa ."Kata Ustadz Abdullah kepada seluruh santri dan santriat.

Mereka semua terlihat antusias dan segera menanyakan banyak hal kepada ustadz Abdullah seputar tentang Lailatul Qodar.Ada yang bertanya bagaimana cara mendapatkan malam Lailatul Qadar dan beginilah jawaban dari ustadz Abdullah ."Mempersiapkan diri. Salah satu cara mendapatkan malam lailatul qadar adalah dengan mempersiapkan diri.Meningkatkan kualitas puasa. Untuk mendapatkan keutamaan malam lailatul qadar setiap muslim juga harus meningkatkan kualitas puasa.
Meningkatkan ibadah di luar puasa."

Lalu ada juga yang bertanya mengenai keistimewaan malam Lailatul Qadar, beginilah jawaban yang dibeberkan oleh ustadz Abdullah "Selain turunnya wahyu berupa ayat Al Quran, malam Lailatul Qadar juga dapat dimaknai sebagai waktu dimana para malaikat turun ke bumi dan membawa kesejahteraan hingga terbit fajar. Pada malam turunnya malaikat tersebut dipercaya suasa alam akan berbeda dari biasanya, suasanya akan lebih hangat dan sejuk.Malam Lailatul Qadar diyakini memiliki keistimewaan dibandingkan malam-malam lainnya, yakni lebih baik baik daripada seribu bulan. Pada waktu-waktu Malam Lailatul Qadar, umat Muslim banyak mengisinya dengan itikaf (berdiam) di dalam masjid yang diisi dengan beribadah dan berdoa."

"Nadyaaa,masyaallah sekali malam Lailatul Qadar itu."Kata Rahma begitu antusias mendengarkan kajian ustadz Abdullah.

"Bener tuh Rahh.Aku jugaa seneng banget denger cerita ini."Silfa menimpali ucapan dari Rahma.

Aku hanya tersenyum mendengar penuturan dari para sahabat ku ini. Aku pun sama hal nya dengan mereka.Kagum senang dan bahagia.

"Pak ustadz,boleh saya menambahkan pertanyaannya."

Suara itu benar-benar membuatku damai.Aku menjadi penasaran di buat nya.Apa yang hendak di tanyakan ya?.
Entahlah,Yang jelas.ini sangat membuatku penasaran.

"Taffadhol ,Zidan." Kata Ustadz Abdullah,Tak lupa senyum dari beliau sangatlah menentramkan jiwa kala melihat nya.

"Syukron ya Syaikhona."

[SAA 1] IKHLASTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang