Oke gua tahu banget kalau hubungan Azka dan Kevin lagi enggak bagus, tapi bukan berarti gua juga dicuekin juga. Gua salah apa, hey? Kenapa juga gua harus berada di tengah-tengah percintaan segitiga ini. Kenapa, sih, orang-orang suka banget sama yang namanya 'cinta'? Emang apa bagusnya, sih? Gara-gara masalah cinta aja bisa bikin orang jadi berubah.
Seharian ini muka Azka sama Kevin enggak ada yang enak buat diliat. Waktu istirahat Kevin langsung mengkudeta markas kami bertiga. Jadilah gua dan Azka terpaksa nongkrong di kantin yang banyak orang itu. Siapa emang Kevin itu? Markas itu gua yang nemuin, gua yang minta ijin ke guru buat gua pake. Tadinya itu cuman gudang yang enggak ada isinya dan debu doang. Bahkan gua yang susah payah bersihin itu tempat sampe diserang pilek dan batuk.
Gua sebenernya udah dari lama tahu kalau Kevin itu naksir Aci. Dari SMP perlakuan dia ke Aci udah beda banget. Kevin bahkan beberapa kali kasih kode ke Aci, macem-macem, deh, kodenya dari yang pelan sampe kode keras banget. Gua rasa Aci juga tahu kalau Kevin suka sama dia, makanya dia berusaha jaga jarak ke Kevin. Tapi gua enggak tahu kalau Aci ternyata malah suka sama Azka. Udah kaya lirik lagu yang gua denger aja kemarin di toktik.
Aku suka sama kamu
Kamu suka sama dia
Dia suka sama temanmu
Temanmu suka sama aku
Yah, walau enggak seekstrim lagu itu yang isinya cinta bujur sangkar. Udahlah enggak paham, gua enggak paham cinta-cintaan. Gua sekarang harus nyamperin Juan yang lagi ekskul taekwondo. Gua bawain dia makanan buat dimakan waktu istirahat. Bener aja pas gua sampe tempat latihannya ternyata lagi isitirahat. Langsung aja gua masuk dan ngehampirin Juan yang lagi duduk sambil nyender dinding.
"Nih, makanan buat lu," gua menyerahkan sebuah plastik yang berisi nasi goreng, tadi gua beli di kantin sekolah. Kenapa gua sampe repot-repot bawain dia makanan, jawabannya karena gua tahu akhir-akhir ini dia enggak pernah ke kantin dan milih buat belajar di perpus saat istirahat.
"Enggak usah sampe begitu kali." Di mulut menolak tapi tangan menerima. Emang Juan ini gengsinya gede.
"Abisin. Gua cabut dulu. Nanti lu dijemput supir lu sendiri." Setelah mendapat anggukan dari Juan, gua langsung bergegas pulang.
Sampai lobby gua melihat Azka yang malah bengong di sana.
"Heh, lu enggak balik?" pertanyaan gua mengagetkannya.
"Enggak ada yang jemput. Aku mau ke halte depan dulu aja."
Buru-buru gua menarik lengannya. "Eh, enggak, bareng gua aja."
"Gitu, dong, daritadi." Si Azka ini makin ke sini semakin kurang ajar tingkahnya. Beda banget sama Azka yang dulu malu-malu dan nyanyi lagu Indonesia Raya di depan gua dan Kevin.
Gua masuk duluan ke mobil lalu disusul Azka. Kami diam beberapa menit sampai akhirnya gua enggak tahan untuk bahas topik yang lagi hot ini.
"Gimana lu sama Kevin, mau diapain, nih, jadinya? Jangan berantem mulu, ah. Gua yang repot jadinya."
"Aku juga enggak mau berantem sama Kevin. Aku mana tahu kalau Kevin suka sama Aci. Aku tadi udah ngajak Kevin ngobrol tapi jawabannya malah ambigu gitu."
"Ambigu gimana?"
"Aku minta maaf sama Kevin tapi Kevin malah jawab kalau aku enggak usah minta maaf sama dia karena Aci juga bukan siapa-siapanya. Kalau emang begitu kenapa tadi pagi marah-marah ke aku dan ngehindarin aku seharin ini? Ngeselin." Azka meremas-remas tasnya kesal.
"Emang itu anak kalau jatuh cinta malah jadi jamet. Entar, deh, gua bantu ngomong ke Kevin. Untuk saat ini biarin aja si Kevin ngambek dulu."
"Tapi aku jadi bingung harus bersikap gimana ke Aci. Sebenernya aku udah tahu kalau Aci mulai suka sama aku dari beberapa waktu lalu. Aku berusaha ngabain semuanya. Dengan aku yang biasa-biasa aja aku harap Aci juga bakalan lupa sama perasaannya. Aku enggak nyangka kalau Aci sampai nembak aku tadi pagi." Jadi begitu ceritanya.
"Asal lu tahu aja, Ka. Aci itu beda sama cewek-cewek kebanyakan pada umumnya. Dia punya sifat yang tegas dan apa adanya. Kalau suka dia bilang suka, kalau enggak dia bilang juga enggak. Makanya itu yang buat dia jadi wakil OSIS dari SMP sampe sekarang. Sifat Aci ini juga yang ngebuat Kevin suka. Kevin suka cewek yang mandiri," cerita gua.
"Oh, begitu. Kelihatan, sih, dari pembawaan Aci kalau lagi rapat sama anggota OSIS-nya."
Gua menghadap ke arah Azka yang ada di samping gua. "Sekarang gua mau nanya serius sama lu, lu suka sama Aci apa enggak?"
"Suka--"
"Terus kenapa lu nolak Aci?!" tanya gua kaget.
Azka menggelengkan kepalanya. "Dengerin aku dulu. Aku suka sama Aci sebagai teman, Aci itu teman yang baik, dia juga pernah nolongin aku waktu Mama aku dateng ke sekolah. Cuman sebatas teman doang intinya. Enggak lebih. Beda sama perasaan sukanya Kevin ke Aci."
Gua mengangguk-angguk paham. "Ya udah kalau gitu gua coba jelasin ke Kevin. Semoga dia bisa paham. Lu juga terus usaha biar Kevin enggak cemburu monyet begitu lagi."
"Kalau itu udah pasti. Aku udah sampe. Makasih tumpangannya Je. Makasih juga Mang Iip."
---
Sekarang gua sedang menonton televisi di ruang tengah sambil menunggu Juan pulang. Sekarang sudah pukul 8 malam, Juan sebentar lagi sampai. Seusai latihan taekwondo, Juan ada jadwal les privat dulu.
Aku mendengar pintu utama terbuka. Lalu muncul Juan di sana yang terlihat lelah. Dia menghampiri gua dan duduk di sebelah gua.
"Mandi sana. Abis itu makan. Bu Asih tadi masak, sisanya masih banyak."
Juan memejamkan mata sejenak lalu berdiri. "Arghh"
Gua terkejut saat Juan merintih kesakitan dan kembali jatuh terduduk. "Kenapa? Apa yang sakit?" tanya gua panik sambil melihat Juan yang terlihat memegang pergelangan kaki kanannya. Gua langsung berlutut di hadapannya lalu melepaskan kaus kakinya dan bisa melihat lebam keunguan di mata kakinya.
"Arghhh, jangan dipencet," erang Juan saat gua sedang memegang lebamnya untuk melihat lebih jelas.
"Ini kenapa?" tanya gua sambil meneliti mata Juan.
"Tadi keseleo waktu latihan taekwondo," ucapnya masih sambil meringis. Sepertinya sakit banget itu.
"Enggak diobatin? Bukannya di tim itu biasanya ada bagian medis, yah?"
"Udah dikasih semprotan pereda nyeri sama dipijet tadi, tapi sakit lagi."
"Mau ke rumah sakit?" Gua ngeri sendiri melihat lebam ungu itu.
Juan menggeleng ribut. "Enggak usah. Udah biasa, kok."
"Ya udah lu di sini dulu. Gua ambilin es batu buat ngompres."
Juan ini memang ada aja kelakuannya yang bikin gua panik. Kalau dalam beberapa hari lebamnya belum hilang dan makin parah, gua harus seret dia untuk periksa. Cedera pada atlet itu suatu hal yang tidak bisa dianggap enteng.
---
Jakarta, 8 Oktober 2022
KAMU SEDANG MEMBACA
(2) Jemari Je (Selesai)
FanfictionJe yang selalu sendirian. Kesunyian selalu memeluknya. Kehampaan adalah hal yang selalu mengisi ruang hatinya. Kekosongan adalah rumah untuknya. Semuanya selalu seperti itu sejak awal. Kosong, sunyi, dan kosong adalah tiga hal yang selalu mengelili...