1. See You, Megan (Throwback)

418 33 2
                                    

SO, pertemuan ini bisa dibilang perjodohan Tuhan by next door. Ia tetangga yang rumahnya pas di samping kanan rumah gua, dan dia punya dua adik yang semuanya cantik-cantik pake banget, tapi lebih cantik kakaknya sih, hehe. Terakhir, gua sekelas sama Ia di bangku SD kelas empat, sebelum dia pindah ke pesantren di Yogyakarta, Jawa Tengah. Ya, nothing special lah, saat itu gua masih nganggap dia tetangga gua yang berusaha jaga rahangnya biar nggak kegeletak pas ngomong, sakin pendiamnya.

Setelah gua lulus SD, gua sempat ngeliat dia balik Jakarta lagi di lebaran pertama gua duduk di bangku SMP. Yang namanya anak-anak, tiap lebaran kan kita suka ngunjungin rumah tetangga yang lagi open house tuh, kebetulan rumah Om Akib-Abi mertua sekarang-lagi open house ngundang anak yatim waktu itu. Di situ gua sempat ketemu dia lagi, cuman opini gua udah makin parno ngeliat dia. Bayangin, si anak bisu itu tiba-tiba muncul dengan penampilan yang beda banget dari bocah pada umumnya! Long dress, jilbab sehasta, dan penutup muka yang cuman nunjukin mata sama kening doang a.k.a dia cadaran coy! Gua udah sumpah-sumpah deh, sampai kapan pun, itu kali terakhir gua bakal ngeliat dia.

Naik di SMA, alamat baik gua tiba-tiba kejatuhan berkah, ibarat kata gua ketiban durian segede gaban dari kebon Atok Dalang yang harusnya jadi cemilannya si Opet. Gua ikut pertukaran pelajaran ke Amerika, yang intinya ini bukan asal keberuntungan doang, ini pakai usaha cuy! Pokoknya nyokap bokap gua dukung banget. So, di kelas dua SMA gua akhirnya hidup sebagai bule baru yang dunianya malah ikutan liar saat itu. Susah banget ternyata hidup di sana, boro-boro gua shalat, ada malah gua yang keseret pergaulan mereka. Ikutan ngerokok, clubbing sekalipun cuman sekali sepekan, bahkan gua yang ngerasa pernah liar di Indonesia dengan berhasil macarin sepuluh cewek dalam setahun, malah nggak ada apa-apanya di sana, keliatan cupu banget, bayangin nonton film biru aja gua muntah!

Sampai Papa tahu kelakuan gua ngapain aja di sana, bisa dicoret gua jadi anak sulung mereka, dan si Ken sialan itu otomatis bakalan dimerdekakan. Makanya, sebelum gua lulus gua berusaha untuk nggak sampai ketergantungan rokok lagi.

Di Amerika gua juga ketemu sama Megan. Maybe dia satu-satunya temen gua yang hampir waras di sana, dia yang bantu proses gua berhenti ngapit puntung-puntung isi bungkusan mild. Kalau nggak sama dia, gua pasti ada apa-apa lagi, entah gua yang berakhir tergeletak di depan kamar atau besoknya gua diomelin Miss karena ketiduran dan macem-macem lagi. Untung Megan baik, tiap ada apa-apa di sekolah dia bakal ngabarin gua, belajar bareng, plus ngemodusin gua.

Yap, cewek juga bisa modus, jago banget malah.

"Io, after pass, what's your next plan?" lirih nada Megan memberanikan diri bertanya tatkala seharusnya dia fokus mengerjakan tugas terbaru dari Miss Elena.

Penanya diputar di antara jemarinya menampakkan dia sosok yang suka berkutik dengan pena sampai bisa selincah itu. Jangan tanya gua ya, gua bisanya nyolong pulpen dia doang, habis tuh gua koleksi. Hehe, dia tahu gua suka nyempilin pulpennya, jadi kalau ilang dia nggak akan nuduh lagi, paling nyengir doang habis itu ngomong, "aku rela ..." wkwk.

Sumpah, malu-maluin banget gua di kampung orang.

"I don't know. Lemme see your answers, i've difficulty at seven ..." ucap gua mengalihkan pembahasan dengan melirik hasil pekerjaan algoritma dia. Kita emang sengaja belajar bareng, berhubung besok masih ada meeting sebelum persiapan ujian akhir.

"How about if you just stay here?" tanyanya lagi menyungkan, gua bales tatapan dia yang udah berkaca-kaca hampir nangis. Wajah putih alaminya ditambah bintik-bintik di sekitaran pipi dan hidungnya nampak memerah sekarang. Dia hampir nangis dan gua nggak punya cara apa-apa lagi buat tenangin dia selain dielus lembut dalam pelukan.

IA & IOTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang